Catatan Akhir Tahun-Bagian 9
Faktor Ekonomi Picu Tingginya Angka Cerai
Rabu, 16 Januari 2013 21:00:34 Faktor Ekonomi Picu Tingginya Angka Cerai

Reporter: Desi Sabrina Ekawati

blokBojonegoro.com - Kasus perceraian di Kabupaten Bojonegoro terhitung masih tinggi. Selama tahun 2012 yang lalu, Pengadilan Agama (PA) setempat  mencatat ada 2.579 kasus yang telah ditangani dan diterbitkan akta cerainya.

Wakil Panitera PA Bojonegoro, Chafidz Syafiuddin saat ditemui blokBojonegoro.com di kantornya pada Rabu (15/1/2013) mengatakan, kasus perceraian paling banyak disebabkan faktor ekonomi. Ada pula salah satu pihak telah meninggalkan kewajiban, yakni tidak ada tanggung jawab dari pihak tergugat.

"Jumlah di atas hanya yang bercerai, sedangkan kasus yang diterima oleh Pengadilan Agama selama tahun 2012 ini sekitar 3.250 kasus. Dan yang paling dominan adalah kasus perceraian," kata Chafidz.

Berdasarkan data yang dihimpun blokBojonegoro.com, kasus perceraian yang diputuskan dengan alasan faktor ekonomi ada 940 kasus. Sedangkan perceraian yang sesuai dengan akta cerai yakni karena tidak adanya tanggung jawab ada 799 kasus.

Menurut Chafidz hal ini menunjukkan bahwa kasus perceraian di Kabupaten Bojonegoroakibat meninggalkan kewajiban tetap mendominasi persoalan yang ditangani PA dari tahun ke tahun. Jumlah kasus di setiap bulannya menurutnya hampir merata sekitar 200 kasus. Namun secara persentase, jumlah yang banyak menonjol terjadi di bulan Oktober dan November yakni 264 dan 276 kasus.

"Di samping itu, jumlah perceraian yang dipicu akibat terus menerus berselisih ada 587 kasus. Dengan kasus gangguan pihak ketiga ada 167 kasus dan tidak ada keharmonisan sebesar 420 kasus," ungkapnya.

Sementara itu, dirinya menambahkan akan timbul pandangan dari berbagai persoalan yang terjadi di PA sangat menggambarkan kondisi yang tengah terjadi pada masyarakat, khususnya masyarakat Bojonegoro.

"Memang perceraian masih terjadi di mana-mana, diri sendiri yang dapat mendorong agar kasus perceraian sebisa mungkin ditekan," imbuhnya. [eci/yud]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 22 Agustus 2014 14:29:32 50 Aggota DPRD Bojonegoro Dilantik
    Sebanyak 50 anggota DPRD yang terpilih dalam Pemilu Legislatif 9 April lalu akan dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro, Eko Supriyono di Ruang Paripurna DPRD.
    Redaksi
    Selasa, 31 Maret 2015 14:00:21 Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro Redaksi Kedatangan Tamu dari Poltek Negeri Bojonegoro
    Kantor blokBojonegoro Media di Jalan MT.Haryono Nomor 5A Kelurahan Jetak, Kota Bojonegoro mendadak ramai, selasa (31/03/2015). Pasalnya, redaksi menerima kunjungan dari Akademi Komunitas Politeknik (Poltek) Negeri Bojonegoro.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Selasa, 24 Maret 2015 13:00:15 SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound SD Islam Nabawi Kedungadem Selenggarakan Out Bound
    Untuk mengasah ketangkasan serta mengajak peserta didik untuk lebih dekat mengenal alam, Sekolah Dasar (SD) Islam Nabawi Kedungadem, Bojonegoro menyelenggarakan out bound. Kegiatan dilaksanakan di Pantai Kelapa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Sabtu (21/3/2015).
    Info Tabloid bB
    Kamis, 12 Maret 2015 15:38:32 Tabloid bB Edisi Februari 2015
    Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bojonegoro tahun 2015 telah menembus angka di atas Rp2,9 triliun. Jumlah tersebut lebih banyak didukung dari keberadaan Minyak dan Gas Bumi (Migas). Namun, kegiatan kemasyarakatan yang berbasis pembukaan lapangan kerja cukup minim. Padahal, ribuan mantan tenaga kerja di proyek Blok Cepu akan menganggur. Bahasan tersebut akan disajikan pada ru ...