Anam Warsito, Ketua DPD KNPI Bojonegoro
Tak Lelah Perjuangkan Nasib Pemuda
Kamis, 27 Oktober 2016 18:00:00 Tak Lelah Perjuangkan Nasib Pemuda

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Memontum Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, menjadikan para pemuda bersemangat membangun tanah air, bangsa dan mempertahankan bahasa kesatuan Indonesia, termasuk para pemuda di Kabupaten Bojonegoro. Namun dengan peradaban dan tantangan zaman, membuat pemuda harus kreatif dan cerdas dalam memanfaatkan peluang untuk menjadi bagian dari kemajuan bangsa.

Seperti yang dilakukan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) yang dinahkodai Anam Warsito, masa jabatan tahun 2016 sampai 2019, berupaya menciptakan pengusaha baru dengan membangun kewirausahaan di Kota Ledre. Banyak pengalaman diorganisasi kepemudaan yang pernah digeluti Anam, sehingga organisasi kepemudaan (OKP) tempat berproses pemuda mampu menjawab tantangan zaman.

"Dalam momentum sumpah pemuda ini, seluruh pemuda di Indonesia khususnya di Bojonegoro harus mampu untuk menjadi pelopor pemersatu dan tetap mejaga semangat nasionalis yang tinggi untuk menjaga keutuhan NKRI," kata Anam Warsito.

Banyak hal yang bisa dilakukan pemuda dimanapun berada, termasuk pemuda yang ada di desa, bisa memajukan daerahnya masing-masing. Supaya aksi nyata pemuda dapat menjadi contoh masyarakat di sekitarnya.

"Dengan berkarya, dan menunjukkan prestasi terbaik dalam setiap aspek kehidupan berbagsa dan bernegara," terang suami Nuky Cahyanti Rahayu.

Untuk itu, Anam yang menjabat ketua DPD KNPI Bojonegoro tiga tahun kedepan, sudah merencanakan beberapa program untuk mewadahi dan berproses bersama pemuda di Kota Ledre. Sehingga kedepan, di era yang akan datang para pemuda bisa berwirausaha, menjadi pemimpin dan yang lainnya.

"DPD KNPI Bojonegoro ingin membangun jiwa kewirausahaan pada pemuda Bojonegoro, agar kedepan pemuda Bojonegoro dapat menciptakan usaha baru sesuai potensi yang ada di tempat tinggal masing-masing," ungkap Anam yang juga Ketua DPC Pemuda Tani HKTI Bojonegoro 2014-2019.

Direktur IDFoS Indonesia sejak tahun 2003 sampai 2007 itu menjelaskan, dengan membangun jiwa kewirausahaan pemuda tersebut, paradigma berfikir pada pemuda tidak lagi mencari lowongan kerja atau selalu berfikir sebagai pekerja, namun melompat bagaimana mereka dapat menjadi 'majikan' atau pemilik usaha.

"Dengan begitu, diharapkan KNPI dapat berkontribusi dalam pengurangan angka pengangguran yang masih tinggi di Bojonegoro," jelas pria kelahiran 7 April 1979 kepada blokBojonegoro.com.

Anam yang juga wakil ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro menandaskan pula, KNPI akan aktif untuk melakukan pengawasan kebijakan yang dibuat pemerintah daerah, agar pro poor (peka terhadap rakyat miskin). "Sehingga program pembangunan dapat benar-benar sesuai dengan kebutuhan rakyat yang bermuara pada menurunya anggka kemiskinan di Bojonegoro," terang lulusan Fakultas Hukum Universitas Jember.

Ditambahkan, KNPI akan berusaha bersama elemen kepemudaan yang lain, agar pemberdayaan dan pembinaan pemuda di Bojonegoro dapat dipayungi oleh regulasi kebijakan daerah berupa PERDA tentang Kepemudaan.

Diharapkan, dengan adanya perda tersebut, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro benar-benar menjamin hak-hak pemuda untuk dibina, difasilitasi dan diberdayakan, serta prestasi yang berhasil diraih pemuda mendapat penghargaan yang layak dari pemerintah.

"Dengan adanya PERDA tersebut juga diharapkan perhatian pemerintah untuk memajukan Pemuda Bojonegoro benar-benar serius," harapnya. [zid/mu]

Biodata Diri :

Nama: ANAM WARSITO, SH
Tempat, Tanggal Lahir: Bojonegoro, 7 April 1979
Jenis Kelamin: Laki-Laki
Agama: Islam
Warga Negara: Indonesia
Status: Menikah
Alamat Rumah: Jl. Kolonel Sugiono Gg. Pendowo 99 A Bojonegoro
Kontak Person: 081330088977
Nama Orang Tua Laki-Laki: H. Tamat Suwoto
Nama Orang Tua Perempuan: Hj. Kasriatun
NamaIstri: Nuky Cahyanti Rahayu, SH
Nama Anak :
1. Nirmala Albab Mahira
2. Tanita Tanzilur Rizki
            
Pendidikan:
1. SDN Wotan Lulus Tahun 1991
2. SLTPN 2 Sumberrejo Lulus Tahun 1994
3. SMAN Kedungadem Lulus Tahun 1997
4. Fakultas Hukum Universitas Jember

Pengalaman Kerja:
1. Koordinator Pendamping Program GN-RHL Tahun 2003
2. Koordinator Pendamping GERDUTASKIN Tahun 2004
3. Koordinator Pendamping GERDUTASKIN Desa Model Tahun 2005
4. Pendamping Kabupaten PAM-DKB Tahun 2006
5. Koordinator Pendamping program PISP Tahun 2007
6. Pendamping program JAPES Tahun 2008
7. Menejer Program Asistensi ADD Tahun 2008-2010
8. Pendamping Program JALINKESRA Tahun 2011
9. Penyelia Mitra Tani Program PUAP Tahun 2012

Pengalaman Organisasi:
1. Pengurus PMII Cabang Jember 1999-2000
2. Direktur IDFoS Indonesia 2003-2007
3. Koordinator LAiK Tahun 2008-2009
4. Direktur eLPAMAS Tahun 2009-2011
5. Ketua DPC Pemuda Tani HKTI Bojonegoro 2014-2019
6. Ketua DPD KNPI Bojonegoro 2016-2019
7. Sekretaris DPC Gerindra Kab. Bojonegoro 2011-Skarang.

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...