Di Tangan Arifin, Limbah Koran Jadi Miniatur Kendaraan
Jumat, 28 Oktober 2016 06:00:18 Di Tangan Arifin, Limbah Koran Jadi Miniatur Kendaraan

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Koran bekas atau limbah koran sering dilihat sebagai pembungkus atau bahkan dibakar begitu saja seolah tak berharga. Tapi bagi Arifin (28), warga Desa Payaman RT 12 Kecamatan Ngraho, Bojonegoro, limbah koran bisa diolah menjadi miniatur kendaraan unik.

Dengan terampilnya, Arifin telah menciptakan kerajinan berharga seperti miniatur vespa, motor sport, sepeda angin, motor CB, becak bahkan kapal laut yang berukuran besar. Pria kelahiran Bojonegoro 16 April 1988  ini menceritakan telah lama menekuni pembuatan miniatur aneka kendaraan dari kertas koran betas.

"Pada awalnya saya hobi barang-barang seni, lalu belakangan tertarik mengolah limbah koran menjadi aneka kendaraan," tuturnya.

Arifin mengakui bahwa dia belajar membuat aneka miniatur ini secara otodidak, dari melihat kertas koran yang tak termanfaatkan dirinya tergerak membuat aneka kerajinan. Sebenarnya, dirinya sudah lima tahun yang lalu bisa membuat aneka miniatur, Namun hanya satu atau dua yang memesan. Itupun belum tentu setiap waktu ada yang memesan.

Akhirnya bapak satu putri ini berhenti dan memilih membuat aneka kerajinan dari bambu seperti sangkar burung atau lampu dari bambu. Sepinya permintaan membuat dirinya tak meneruskan usaha membuat sangkar .Tiga bulan lalu dirinya memulai lagi menekuni membuat miniatur aneka kendaraan dari limbah koran ini, inipun berkat dorongan dari salah seorang teman yang mengajak untuk mengenalkan produknya melalui media sosial.

Saat ini dirinya tengah memenuhi permintaan salah satu media belanja online berskala nasional yang memesan 25 miniatur motor CB dan Vespa. Arifin menuturkan kerajinan tangan yang dibuatnya ini harga relatif terjangkau mulai Rp25.000 sampai Rp300.000 tergantung ukuran dan tingkat kerumitan.

Uniknya, setiap miniatur dikerjakan dengan begitu detail dan bisa dikatakan limited edition karena setiap miniatur meski secara umum hampir sama namun berbeda disetiap detailnya. Ke depan, dia berharap banyak pihak yang mau membantu usahanya mulai dari pemasaran ataupun membantu memberi pelatihan sehingga produknya makin meningkat kualitasnya.

Peralatan yang digunakan memang sederhana hanya gunting, lem, lidi dan koran bekas. Namun, dalam pekerjaannya membutuhkan konsentrasi dan ketelitian apalagi yang dibuat adalah miniatur.

Arifin bermimpi akan mengajak pemuda dan anak anak sekolah belajar membuat kerajinan ini. Menjadikan anak-anak usia sekolah ini untuk bergabung adalah harapan sekaligus mimpi sehingga tidak ada anak yang hanya lulus bangku SMP seperti dirinya. Meski sekolah namun tetap bisa menghasilkan sehingga bisa ditabung dan kelak akan membantu biaya pendidikan. [oel/lis]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...