Buku, blokBojonegoro dan Gerakan Literasi
Sabtu, 29 Oktober 2016 09:00:29 Buku, blokBojonegoro dan Gerakan Literasi

Oleh: Nanang Fahrudin

Tinggal di sebuah daerah yang menggembor-gemborkan industri migas, seperti Bojonegoro, memang harus berusaha tidak terbawa arus. Industri migas harus dipandang bukan milik semua orang, di semua lapisan. Karena faktanya, hanya orang-orang tertentu saja yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dengan industri migas tersebut. Karena begitulah karakter industri migas.

Industri migas Blok Cepu memang tetap harus berjalan sesuai jalan yang dibuatkan oleh undang-undang. Karena itu proyek nasional yang dibutuhkan ketika industri migas nasional mengalami penurunan. Namun, bidang-bidang yang lain harus tetap digarap. Karena Bojonegoro tidak berjalan cuma  oleh industri migas saja. Banyak gerakan-gerakan yang ikut mewarnai perjalanan Bojonegoro.

Misalnya saja gerakan revolusi data yang berbasis digital. Juga gerakan pungut sampah yang terus gencar dilakukan. Geliat industri kreatif di Bojonegoro yang dilakukan anak-anak muda juga patut mendapat apresiasi. Termasuk gerakan literasi yang banyak dilakukan oleh komunitas dan lembaga pendidikan di Bojonegoro. Gerakan-gerakan macam itu tentu dibutuhkan Bojonegoro untuk mengimbangi dominasi industri migas.

Pada ranah inilah, apa yang dilakukan blokBojonegoro (bB) patut diapresiasi. Selain sebagai media yang menyebarkan informasi untuk publik,  bB juga ikut dalam gerakan literasi di Bojonegoro. Yakni dengan penerbitan sejumlah buku hasil peliputan jurnalisnya. Buku pertama yang sudah diterbitkan adalah Masjid Tanpa Kubah, Corak Religi di Bojonegoro(2013). Buku tersebut berisi liputan berita feature yang dilakukan reporter bB bertema agama.

Buku tersebut bukan membincang agama dari sisi ibadahnya, melainkan lebih menitikberatkan pada bagaimana orang Bojonegoro beragama, budaya apa diciptakan dari keberagamaan itu, serta bangunan-bangunan apa yang menjadi ikon sejarah agama tersebut ada di tengah masyarakat. Salah satu contoh adalah cara agama masyarakat Samin di Kecamatan Margomulyo. Hampir semua warga Samin adalah ber KTP Islam, tapi mereka juga memegang teguh ajaran Saminisme.

Satu buku lagi yang baru saja dilaunching adalah Orang-Orang Migas (2016) yang berisi tentang profil-profil orang-orang yang bekerja di dunia migas. Orang-orang migas tersebut berbagi pengalaman tentang dunia kerjanya, sekaligus berbagi kisah perjalanan hidupnya. Tentu dengan harapan kisah tersebut bisa menginspirasi pembaca.  Selain dua buku tersebut, bB juga ikut membidani 10 buku yang diterbitkan oleh GusRis Foundation yang ditulis oleh penulis-penulis Bojonegoro.  

Menerbitkan buku oleh institusi media, memang belum banyak dilakukan oleh media di Bojonegoro.  Padahal, berita di media adalah sejarah hari ini. Artinya, apa yang ditulis di media akan menjadi penting di masa depan. bB telah mengawali langkah gerakan literasi dengan menerbitkan buku. Bahkan, gerakan literasi juga pernah dilakukan dengan cara keliling sekolah tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA. Semua sekolah di Bojonegoro pernah didatangi.

Gerakan-gerakan literasi semacam ini memang sedang dibutuhkan di Bojonegoro. Komunitas Atas Angin yang juga bergerak di dunia literasi juga sedang menyiapkan penerbitan jurnal Atas Angin volume 8. Jurnal Atas Angin boleh dibilang satu-satunya jurnal budaya di Bojonegoro yang masih eksis. Meski dalam perjalanannya membutuhkan energi yang tidak sedikit dari pegiat komunitasnya.

Akhirnya, mari terus mendorong gerakan literasi di Bojonegoro. Dan satu lagi PR bagi media, komunitas, ataupun pemerintah adalah literasi digital. Gerakan literasi digital tak kalah penting, mengingat generasi sekarang adalah generasi millenial.

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...