Sambut Tahun Kunjungan 2017
Pemkab Gelar Batik Fashion and Culinery 2016
Rabu, 09 November 2016 22:00:27 Pemkab Gelar Batik Fashion and Culinery 2016

Reporter: Joel Joko

blokBojonegoro.com - Kabupaten Bojonegoro pada tahun 2017 akan mencanangkan tahun kunjungan wisata. Dengan berbagai objek wisata yang sedang berkembang saat ini, Bojonegoro dinilai akan mampu untuk meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor pariwisata.

Dengan pencanangan tersebut, sektor pariwisata akan mulai digenjot, termasuk hal-hal pendukung lainnya. Sebab  berkembangnya usaha pariwisata yang ada, secara otomatis akan merembet pada industri lainnya, seperti bisnis produk-produk unggulan yang akan menjadi pelengkap dari industri pariwisata yang ada.

Untuk itu, Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan melakukan kerjasama dengan ADEMOS. Kerjasama itu untuk mengenalkan produk-produk unggulan lokal Bojonegoro, berupa batik, tenun, craft (kerajinan) dan makanan khas Bojonegoro.

Rencananya pada 12 November akan digelar Festival Bojonegoro Batik & Tenun Fashion juga Craft & Culinery 2016. 

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Bojonegoro, Heru Sugiharto mengatakan event ini mengambil tema “From Nature For Future”. Tujuannya diselenggarakan kegiatan ini untuk mencari bakat-bakat modeling di Bojenegoro serta untuk mempresentasikan karya-karya designer independen baik dari Bojonegoro dan designer nasional.

"Desain menggunakan bahan dasar Batik dan Tenun Bojonegoro dalam bentuk Fashion Show. Selain itu, juga akan diadakan Pameran Craft dan Festival Kuliner," jelas Heru.

Kegiatan ini sendiri akan dilaksanakan di Jl. Mas Tumapel, Alun Alun Bojonegoro, mulai pukul 09.00 hingga 23.00 WIB. Kegiatan yang akan ditampilkan yakni pameran craft dan kuliner, lomba fashion dan fashion show batik.

Pameran craft dan kuliner akan diikuti oleh 20 peserta UKM Batik, 16 peserta UKM tenun, 17 peserta pameran craft (kerajinan) dan 28 peserta untuk kuliner. Diharapkan dengan adanya pameran tersebut, akan terjadi pertemuan antara produsen maupun konsumen untuk interaksi secara langsung melalui exhibition sehingga dapat terjadi pergerakan yang signifikan di dalam industri terkait.

Untuk lomba fashion sendiri lebih dititikberatkan sebagai ajang kompetisi penampilan di atas panggung. Lomba Fashion Show terbagi dalam 4 kategori, yakni:

Kategori A : Putra/Putri Usia 6 – 10 Tahun

Kategori B : Putra/Putri Usia 11 – 16 Tahun

Kategori C : Putra/Putri Usia 17 – 22 Tahun

Kategori A : Putra/Putri Satuan Kerja

Sementara itu, untuk Fashion Show Designer sendiri, adalah merupakan wadah Presentasi Designer Independen, Rumah Produksi dan UKM yang berbahan dasar batik & tenun Asli Bojonegoro. Desainer bebas menuangkan ide atau kreatifitasnya dalam berkarya sesuai tema yang telah ditentukan. Yakni busana siap  kerja, busana muslimah maupun busana pesta. 

Fashion Show ini dikemas apik dengan tatanan panggung, sound system serta lighting yang berkualitas. Pemeraga / model adalah model yang profesional.

Dalam acara tersebut juga akan dihadiri oleh bintang tamu, diantaranya Putri Pariwisata Indonesia 2014 Syarifah Fajri Maulidiyah, Face Of beuty Indonesia 2015 Tengku Nizwa, dan Miss Grand Indonesia 2015 Yolanda Remetwa.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan akan menjadi penyemangat bagi seluruh pelaku industri kreatif dan memberikan inspirasi dalam karya nyata untuk mengembangkan kompetensi. Serta membangun citra Bojonegoro dalam kancah industri mode, wisata, kerajinan dan kuliner juga terjadinya investasi di bidang ekonomi kreatif.[oel/fah]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...