Gusdurian Bojonegoro
Ajak Bergandeng Tangan, Rutin jagonganGusdurian
Rabu, 23 November 2016 06:00:00 Ajak Bergandeng Tangan, Rutin jagonganGusdurian

Pengirim: Abdul Aziz

blokBojonegoro.com - Jaringan Gusdurian Bojonegoro selalu berupaya untuk menyeru perdamaian dan mengajak semua kalangan bergandeng tangan. Sebab itu selain aktif menebar informasi positif di media sosial, mereka juga menggulirkan pertemuan rutin bulanan. Pertemuan tersebut dikemas dengan tajuk jagonganGusdurian (jG).

Pada forum jG, sapaan akrab jagonganGusdurian, diharap menjadi tempat nyaman untuk berkumpul dan melestarikan 9 nilai perjuangan Presiden ke-4 Republik Indonesia, Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Pertemuan jG pertama diadakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Ubaidillah, Desa Sambiroto Kecamatan Kapas.

"Acara jG perdana bertepatan pada hari toleransi sedunia, 16 November lalu. Jaringan Gusdurian se-Nusantara serempak memperingatinya. Hal ini dirasa perlu untuk menebar nilai kerukunan yang sempat terusik oleh isu demonstrasi besar-besaran kalangan tertentu," terang Koordinator jagonganGusdurian, Hery Puji Santoso.

Pihaknya menambahkan, pertemuan bulanan jG sebelumnya selalu dikoordinasikan dengan berbagai pihak, terutama dengan Koordinator jaringanGusdurian di Bojonegoro, Hasan Bisri. Selain itu juga dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) serta Komite Pemuda Lintas Agama (KP-Lima). Diharapkan dari komunikasi yang terjalin dapat bergandeng tangan menyeru perdamaian.

Pengurus FKUB, Susan Irawati, datang bersama rombongan di acara jG yang perdana. Bagi dia pertemuan-pertemuan seperti itu diperlukan, apalagi Bojonegoro akan dinobatkan sebagai Kabupaten ramah Hak Asasi Manusia (HAM). Dan pada akhir November nanti akan diadakan Festival HAM.

"Kami persilakan jika suatu saat acara jG digelar di tempat kami. Mari rayakan keberagaman. Nikmati indahnya perdamaian. Inilah Indonesia yang sesungguhnya. Mari kita bersama-sama bergandeng tangan menebar kedamaian," tandas perempuan berkulit putih itu antusias.

Perempuan yang termasuk pengurus pembina pemuda Gereja Katolik Santo Paulus itu mengaku sangat mengagumi sosok Gus Dur. Bahkan dirinya juga pernah beberapa kali ziarah ke makamnya di Tebuireng, Jombang. Dia tampak sangat senang dapat hadir di acara jG.

Turut meramaikan jG perdana penampilan musik jungkat/sisir dan lantunan syiir tanpo waton diiringi oleh Hadroh Al-Banjary Santri Mbeling dari Sambiroto. Sebanyak 50-an hadirin memenuhi ruangan yang disediakan. Selain itu hadir pula perwakilan jamaah Maiyah Bojonegoro serta pegiat Gusdurian dari Kabupaten Tuban dan Pare, Kediri. [mu]

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Senin, 06 Februari 2017 14:00:14 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB 6 Crew SAMIN NEWS Magang di bB
    Media internal Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB) Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA), yakni SAMIN NEWS, mengirimkan 6 crew untuk magang di kantor redaksi blokBojonegoro (bB) Media. Mereka, nantinya akan diproyeksikan menjadi tim redaksi dalam media internal.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Sabtu, 11 Februari 2017 10:00:35 Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan Kartar Sumbertlaseh Ngaji Bareng dan Rembug Kegiatan
    Karang Taruna (Karta) Sumber Karya, Desa Sumbertlaseh, Kecamatan Dander menggela Ngaji Bareng sekaligus untuk merembug kegiatan, Jumat (10/2/2017).
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...