Gelar Stadium General, IAI Sunan Giri MoU dengan UIN Malang
Minggu, 25 Desember 2016 10:00:20 Gelar Stadium General, IAI Sunan Giri MoU dengan UIN Malang

Pengirim: LPM Spektrum

blokBojonegor.com -  Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri menggelar stadium general sekaligus penandatanganan surat kerja sama dengan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Acara bertajuk “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Bahasa” ini diikuti 550 peserta yang terdiri dari para Dosen IAI Sunan Giri dan Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri), tamu undangan dari dinas-dinas Pemkab Bojonegoro, Bank Syariah Mandiri, dan ExxonMobile.

Hadir sebagai Narasumber, Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Mudjia Raharjo, Rektor IAI Sunan Giri Bojonegoro, M. Jauharul Ma’arif. Tak ketinggalan, Bupati Bojonegoro, Suyoto yang menyempatkan diri untuk membuka acara, Sabtu (24/12/2016) di Pendopo Malowopati Bojonegoro.

Dalam sambutannya, Rektor IAI Sunan Giri, Gus Arif, sapaan akrabnya memaparkan dibutuhkannya kerja sama dari berbagai pihak untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan perguruan tinggi.

“Kami berencana untuk mengadakan kerja sama-kerja sama dengan berbagai pihak dalam rangka untuk mendukung pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi oleh IAI Sunan Giri,” jelasnya.

Ia menambahkan, pihak kampus juga ingin turut andil dalam mensukseskan program Pemerintah Bojonegoro. Seperti, program desa sehat, cerdas, produktif, dan bahagia.

“Kami berharap dengan kerja sama ini kami mendapatkan ilmu dan pengalaman-pengalaman yang dimiliki oleh UIN Maulana Malik Ibrahim (Maliki) Malang,” tutur Gus Arif yang juga seorang pengasuh pondok pesantren itu.

Sementara itu, Bupati Bojonegoro, Suyoto menuturkan dalam ceramah ilmiahnya bisnis pendidikan adalah bisnis perubahan. Maka sebuah perguruan tinggi harus berani menjual harapan. Di sela-sela materi stadium generale yang disampaikan Prof Mudjia Raharjo, ia menyebutkan salah satu kekuatan dari pilar kebesaran UIN Maliki adalah pewajiban kepada semua mahasiswa untuk mengikuti Pendidikan Bahasa Arab selama satu tahun pertama.

“Perguruan tinggi adalah sentralnya peradaban manusia. Peradaban besar itu lahir dari tulisan, dari bahasa,” tegas lelaki asal Blitar itu.

Dirinya berharap kelak IAI Sunan Giri mampu menjadi perguruan tinggi besar berkualitas, setidaknya di wilayah Bojonegoro. “Kekuatan yang tak dimiliki orang banyak inilah yang disebut kekayaan. Saya ingin sekali institut ini harus memiliki kekuatan yang tidak dimiliki oleh yang lain,” tambahnya.

Selain itu, ketua panitia pelaksana Syaiful Anwar menjelaskan agenda ini merupakan langkah untuk membangun hubungan kerjasama demi memperkuat kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kami juga telah mengajukan proposal ke KJRI Al Jazair, UINSA Surabaya, dan Universitas Kebangsaan Malaysia untuk menjalin kerja sama,” tutur bapak satu putri saat ditemui di depan ruang dosen setelah acara ramah tamah.

Disinggung mengenai kesuksesan acara, ia mengatakan acara berjalan dengan lancar dan sukses. Ini terlihat dari banyaknya peserta dan yang mengikuti hingga akhir acara. Kemudian nampak pada partisipasi aktif mahasiswa dalam forum diskusi tanya jawab. [lis]
 

Komentar Pembaca
    Nama Anda :
    Email :
    Komentar :
    Masukkan 6 kode keamanan diatas
    Video bB
    Jumat, 10 Juni 2016 17:02:22 Ayo Ikut BPJS Kesehatan
    Manfaat Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) BPJS Kesehatan meliputi : a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama, yaitu pelayanan kesehatan non spesialistik mencakup: 1. Administrasi pelayanan 2. Pelayanan promotif dan preventif 3. Pemeriksaan, pengobatan dan konsultasi medis 4. Tindakan medis non spesialistik, baik operatif maupun non operatif 5. Pelayanan obat dan bahan medis habis pakai 6. Transfusi darah sesuai kebutuhan medis 7. Pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama 8. Rawat inap tingkat pertama sesuai indikasi
    Redaksi
    Sabtu, 17 Desember 2016 21:00:14 blokMedia Group Dominasi Lomba Tingkat Jatim GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia GM bB dan bT: Terima Kasih Blokers yang Sudah Setia
    Lomba karya tulis jurnalistik dan fotografi tahun 2016 se Jawa Timur, menyisakan hasil manis bagi blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com). Sebab, dari enam juara dan enam nominasi harapan, reporter bB dan bT, sapaan akrab dua media online terkemuka di eks karesidenan Bojonegoro, berhasil meraih tiga hadiah.
    Suara Pembaca & Citizen Jurnalism
    Jumat, 13 Januari 2017 08:00:33 Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam Doa Kebangsaan Dalam Haul Manakib Ansor Gayam
    Dalam rangka memperingati haul manakib Syech Abdul Qodir Al Jilani, pengurus Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Gayam mengadakan doa kebangsaan dan pembacaan manaqib di Masjid Ar - Rosyid, Desa Katur, Kecamatan Gayam, Kabupaten Bojonegoro.
    Info Tabloid bB
    Jumat, 31 Juli 2015 13:16:10 Tabloid bB Edisi Juli 2015
    Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering” dikupas secara mendalam mengenai kekeringan yang melanda hampir sebagian wilayah Kabupaten Bojonegoro, terutama yang berada jauh dari aliran sungai bengawan solo. Waduk pacal yang menjadi primadona, sekarang ini ...