20:00 . Menampar Khayalan Jadi Penulis   |   19:00 . TMA Bengawan Solo Terus Menurun   |   18:00 . Targetkan Usia 17 Tahun Punya e-KTP, Disdukcapil Gencarkan Sosialisai   |   16:00 . 7 Titik Jalan Protokol Sering Tergenang Air Saat Hujan   |   15:00 . Era Digital, Anak Perlu Kegiatan Positif dan Penguatan Mental   |   14:00 . Kang Bas Sapa Jemaah di Mayangkawis   |   13:00 . Tim SAR Lakukan Pencarian Warga Kalitidu Tenggelam di Bengawan   |   12:00 . Pelantikan DPK Kosgoro Bojonegoro Berlangsung Semarak   |   11:00 . Petani Desa Growok Kembali Tanam Padi Usai Diterjang Banjir   |   10:00 . Aris Merdeka Sirait Batal Datang ke Acara LPA Bojonegoro   |   09:00 . Agung Laksono Berangkatkan Puluhan Ribu Peserta Jalan Sehat   |   08:00 . Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI   |   07:00 . Waktu yang Tepat untuk Mengganti Program Olahraga   |   23:00 . Bojonegoro Launching Batik Painting   |   22:00 . Api dari Tungku Diduga Picu Kebakaran Oven Tembakau di Jono   |  
Sun, 19 November 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kolom

  • Sunday, 19 November 2017 20:00:48

    Menampar Khayalan Jadi Penulis

    Menampar Khayalan Jadi Penulis RUH-menulis tak akan dimiliki kecuali bagi orang yang rajin menulis. Ukuran rajin itu, seorang penulis bisa menentukan sendiri kapan ia harus menulis, baik terjadwal atau tidak. Karena, menulis akan menjadi habit (kebiasaan) yang meningkat manakala itu dilakukan secara konsisten (ajeg). Dengan konsistensi yang terjaga, Winarno dalam bukunya, ‘Kiat Sukses Menjadi penulis: Menjadi Profesional Berdaya Saing Tinggi’ (2012:39) pun menyebut akan mengantarkan menjadi penulis handal. Pertanyaannya, apakah para penulis yang belajar menulis sudah meluangkan waktu sehari, dua hari, dst., untuk membiasakan menulis?

    read more

  • Saturday, 18 November 2017 20:00:26

    Faktor Penyebab Lunturnya Bahasa Daerah di Indonesia

    Faktor Penyebab Lunturnya Bahasa Daerah di Indonesia Di zaman yang semakin berkembang, dunia seakan menawarkan kehidupan yang serba modern dan canggih. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat seakan terlena akan kehidupan mewah itu. Tidak dapatdipungkiri bahwa globalisasi membawa dampak positif dari segi ekonomi, politik dan kemudahan berinteraksi. Namun, disamping membawa pengaruh positif, globalisasi juga membawa dampak negatif terhadap penggunaan bahasa daerah yang mencerminkan identitas bangsa Indonesia yang kaya akan budaya dan bahasa. Masuknya bahasa asing melalui media-media membuat bahasa daerah menjadi terpinggirkan.

    read more

  • Tuesday, 14 November 2017 16:00:50

    Menimbang Duta Pelajar NU

    Menimbang Duta Pelajar NU Pemilihan Duta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang (PC) Bojonegoro, mulai 12 November hingga 3 Desember 2017, sebagaimana blokBojonegoro.com (13/11/2017) memberitakan, patut diapresiasi. Ada geliat untuk memperkenalkan NU kepada pelajar melalui personal approach pelajar. Yakni, pelajar yang cakap tidak hanya secara fisik an sich, namun berbalut kecerdasan intelektual dan spiritual yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah.

    read more

  • Tuesday, 07 November 2017 15:00:00

    Pendidikan Desa, Kota dan Dunia

    Pendidikan Desa, Kota dan Dunia Bicara soal pendidikan, menurut KBBI pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Nah, sebagaimana kita tahu pendidikan itu mempunyai makna sebagai bekal untuk menuju hal-hal yang lebih baik bagi setiap orang. Pendidikan mencakup semua aspek penting dalam diri tiap individu khususnya aspek kepribadian. Aspek-aspek pendidikan yang berpengaruh dalam kehidupan tiap individu yakni kecerdasan, keagamaan, akhlak, bermasyarakat, keterampilan, pengembangan potensi dan juga bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    read more

  • Monday, 23 October 2017 15:00:12

    Pesantren, Kawah Candradimuka Santri Berkarakter

    Pesantren, Kawah Candradimuka Santri Berkarakter Penyandang gelar santri tidak hanya ditujukan kepada seseorang yang pernah mondok di pesantren saja, tetapi siapa pun yang berakhlak santri yang memiliki karakter tawadhu’ kepada Gusti Allah dan tawadhu’ kepada para alim ulama’. Saat ini setiap tanggal 22 oktober diperingati hari santri nasional sejak pemerintah menetapkannya pada tahun 2015. Tujuannya adalah mengenang peran santri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan NKRI dari penjajahan. Hari Santri merujuk pada keluarnya Resolusi Jihad pada tanggal 22 Oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 November 1945.

    read more

  • Sunday, 15 October 2017 11:00:06

    Revitalisasi Spirit Salawat Badar

    Revitalisasi Spirit Salawat Badar Tetapi tak banyak yang tahu bahwa Salawat Badar dikarang oleh seorang Kiai asli Tuban Jawa Timur dari NU, yakni Kiai Haji Ali Manshur, yang semasa hidupnya menjabat sebagai pengurus NU. Beliau wafat pada 26 Muharam dan dimakamkan di Desa Maibit, Rengel, Tuban.

    read more

  • Thursday, 12 October 2017 08:00:50

    Solusi Anak Malas Belajar

    Solusi Anak Malas Belajar Melihat anak malas belajar seakan membuat miris kita sebagai orang tua. Pengorbanan yang dilakukan berwujud meteriil seakan tidak ada artinya untuk membuat mereka keranjingan belajar. Belum lagi, setelah terpenuhinya fasilitas teknologi berupa gadget, juga tidak serta merta menumbuhkan kemauan belajar. Yang jamak justru, mereka terlelap dalam buaian teknologi sehingga aktifitas belajar ‘seakan-akan tidak perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh’.

    read more

  • Sunday, 08 October 2017 06:00:18

    Pencipta Lagu Darah Juang dan Kenangannya pada Bojonegoro

    Pencipta Lagu Darah Juang dan Kenangannya pada Bojonegoro Nama John Tobing tentu akrab di telinga aktivis mahasiswa. Atau jika tidak mengenal nama itu, setidaknya mengenal lagu Darah Juang. Lagu itu sering dinyanyikan saat turun ke jalan meggelar demonstrasi. Ya, John Tobing adalah pencipta lagu “wajib” bagi aktivis mahasiswa era 1990 an hingga sekarang.

    read more

  • Saturday, 07 October 2017 08:00:08

    Dinamika Perilaku Peserta Didik, Tinjauan Kurikulum dan Amanat UU Sisdiknas

    Dinamika Perilaku Peserta Didik, Tinjauan Kurikulum dan Amanat UU Sisdiknas Membicarakan persoalan dinamika perilaku peserta didik amatlah menarik. Sebab, hal tersebut sifatnya dinamis. Perlu kita sadari bersama, ada beberapa perilaku peserta didik yang perlu dibenahi. Untuk itu sebagai orang tua maupun pendidik haruslah merespon dinamika tersebut. Disini penulis ingin mencoba menguraikan dinamika tersebut dilihat dari sudut pandang amanat kurikulum dan UU Sisdiknas.

    read more

  • Wednesday, 04 October 2017 10:00:00

    Mengonkretkan Profesionalisme Guru

    Mengonkretkan Profesionalisme Guru Menjadi guru yang bukan sekadar mengajar tentu akan lebih terhormat, dan kehadirannya di rindukan siswa. Terlebih ada pameo (sindiran) terkenal mengatakan, guru biasa itu memberi tahu, guru baik itu menjelaskan, guru pintar itu menunjukkan dan guru yang luar biasa itu yang mengilhami. Tentu bila para guru tidak ingin disebut sekadar menyelesaikan tanggungjawab mengajarnya, maka profesi dan aktivitas pembelajarannya perlu dijiwai.

    read more

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 19 November 2017 08:00:24

    Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI

    Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI Minggu dini hari (19/11/2017), tepat pukul 02.35 WIB, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa dan Satkoryon BANSER Kecamatan Temayang bekerja sama adakan Malam Keakraban (MAKRAB) di halaman TPQ Manbaul Huda, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more