11:00 . Pemudik di Terminal Tiap Hari Stabil   |   10:00 . Lebaran, Warkop Menjadi Tempat untuk Bersilaturrohim   |   09:00 . Hari ini, Grand Opening Bukit Tono   |   08:00 . Pengunjung Kecewa Tak Bisa Rasakan Belimbing Kuning   |   07:00 . Loyo Usai Liburan, Ini Tips Genjot Produktivitas Kerja!   |   20:00 . Libur Lebaran, Pengunjung Kebun Belimbing Membludak   |   19:00 . Mengaku Akun FB Dibajak, BI Tetap Dibawa ke Bekasi   |   18:00 . Diduga Pelaku Hate Speech, Pemuda Gayam Diamankan Polisi   |   17:00 . Reuni Kedua Maisba 2008, Belajar Pertanian   |   16:00 . Anna Mu'awanah Open House Tiga Hari   |   15:00 . Harga Bahan Pokok Saat Lebaran Cenderung Stabil   |   14:00 . Lebaran, Liburan Gratis di Sendang Grogolan   |   13:00 . Lawan Putra Jombang, Persibo Target Menang   |   12:00 . Lebaran, Jasa Pengisi Angin Nitrogen Kebanjiran Berkah   |   11:00 . PAC Ansor Gayam Gelar Halal Bihalal   |  
Thu, 29 June 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Salafiyah No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 20 April 2017 14:00:00

Ari Nirwana, Pelukis Sketsa

Iseng, Kini Hobi Melukis Sketsa Jadi Sumber Penghasilan

Iseng, Kini Hobi Melukis Sketsa Jadi Sumber Penghasilan

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com - Kaji Ari begitulah teman-teman sejawatnya memanggil pemuda 25 tahun asal Desa Pungpungan, Kecamatam Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro yang bernama asli Ari Nirwana. Kaji Ari Sapaan akrabnya, saat ini bisa menikmati pundi-pundi rupiah dari hasil keahliannya melukis wajah seseorang dengan bentuk sketsa.

Berawal dari iseng, atau coba-coba saat masih duduk di bangku kuliah, tepatnya kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN), yang saat ini Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, gambar sketsa yang ia tekuni sekarang bisa menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nama Kaji Ari disematkan lantara dirinya waktu masih duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah menunaikan rukun Islam yang ke-5 yaitu ibadah haji. Pria Kelahiran Bojonegoro tersebut dikenal sangat nyeleneh (unik), bagaimana tidak, gayanya yang cengengesan dan sesuka hati saat melakukan sesuatu membuat Kaji Ari banyak disukai oleh teman-temannya.

Ari Nirwana bercerita, bahwa ia tidak menyangka kalau bisa menjadi seorang pelukis dan menghasilkan uang jutaan rupiah. Berlatar belakang SMP di Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, dirinya melanjutkan pendidikan ke Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bojonegoro.

"Kala itu masuk pada tahun 2007 di SMKN 2 Bojonegro, mengambil jurusan teknik mesin," kata Kaji Ari kepada blokBojonegoro.com.

Kehidupan yang ia jalani selama ini memang aneh dan tak terduka. Pasalnya, setelah lulus dari SMK dirinya melanjutkan kejenjang perguruan tinggi, dengan jurusan yang jauh melenceng dari jurusan awal saat SMK, yaitu mengambil jurusan Sejarah Peradaban Islam (SKI), di Kampus UIN Sunan Ampel pada tahun 2010.

"Dulu gak tau kenapa kok milih sejarah, mungkin karena peluangnya untuk masuk banyak, jadi saya coba, ternyata kok diterima," kata Kaji Ari, sambil mengingat-ingat kenangan masuk perguruan tinggi kala itu.

Singkat cerita, saat ini dirinya menekuni profesinya sebagai seorang pelukis di Supermarket Plaza Royal Surabaya jalan Ahmad Yani. Ia menarwankan karya lukisan sketsa kepada para pengunjung di stand hasil kerjasama bagi hasil.

Pria yang bercita-cita bisa studi S2 (Magister) ke Negeri Kincir angin (julukan Negara Belanda) tersebut menjelaskan, bahwa sketsa yang ia jual dalam menentukan harga tergantug dengan hitungan gambar perkepala.

"Harga sketsa perkepala itu harganya Rp85 ribu," katanya.

Disinggung omset yang dihasilkan dari membuat sketsa, menurut Kaji Ari, tidak menentu. "Kadang kalau ramai bisa mencapai 4 juta perbulan," sambungnya.

Selain menjadi seorang seniman, Kaji Ari juga mengabdikan diri di kampusnya dulu yaitu UIN Sunan Ampel, dengan menjadi dosen honorer untuk mengisi kuliah intensif mata kuliah Bahasa Inggris.

"Ya hidup itu harus dinikmati, semua sudah ada yang mengatur," pesan Kaji Ari menutup ceritanya. [top/mu]


Profil & Humaniora

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 14 June 2017 15:00:53

    UKW PWI Cabang Tuban

    blokMedia Group Ikutkan 9 Reporter di UKW

    blokMedia Group Ikutkan 9 Reporter di UKW Sebanyak 9 reporter dari blokMedia Group (www.blokBojonegoro.com dan www.blokTuban.com) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Tuban, selama dua hari ke depan, Rabu (14/6/2017), di auditorium Semen Gresik, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 25 June 2017 05:00:08

    MWC NU Temayang Salurkan Zakat Fitrah

    MWC NU Temayang Salurkan Zakat Fitrah Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Temayang beserta Banomnya menyalurkan zakat fitrah dan Santunan anak yatim piatu bertempat di Dukuh Sumberpoh, Desa. Soko, wilayah ini menempuh perjalan sekitar 75 menit dari Kecamatan Temayang, Sabtu, (24/06/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more