22:00 . Syukuri Kemerdekaan, Warga Lengkong Tahlil Bersama   |   21:30 . Sujud Syukur Warga Sarangan Malam 17 Agustus   |   21:00 . PMI Latih Warga Trucuk Materi Penanggulangan Banjir   |   20:00 . Wahana Baru Waterpark Dander Masih Dalam Tahap Lelang Tender   |   19:00 . SIM Gratis 17 Agustus Tetap Harus Tes   |   18:00 . Isu Garam Bercampur Kaca, Bisa Dimanfaatkan Oknum Nakal   |   17:00 . Disperindag: Belum Ditemukan Garam Bercampur Kaca di Bojonegoro   |   16:00 . Temuan Diduga Garam Bercampur Kaca, Pedagang Tidak Tahu   |   15:00 . Paripurna Istimewa Mendengarkan Pidato Kenegaraan   |   14:00 . Niat Tarik Wisatawan, Disbudpar Percantik Wisata di Bojonegoro   |   13:00 . Pembangunan Groundsill di Bojonegoro Mulai Disosialisasikan   |   12:00 . Panik, Tembakan Musuh dan Lawan Sulit Dikenal   |   11:00 . Haa! Garam Diduga Bercampur Kaca Beredar di Bojonegoro?   |   10:00 . Pemilik Sedot Pasir Mekanik di Bengawan Solo Diamankan   |   09:00 . Kelahiran 17 Agustus, Pastikan Gratis Bayar SIM   |  
Thu, 17 August 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 20 April 2017 14:00:00

Ari Nirwana, Pelukis Sketsa

Iseng, Kini Hobi Melukis Sketsa Jadi Sumber Penghasilan

Iseng, Kini Hobi Melukis Sketsa Jadi Sumber Penghasilan

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com - Kaji Ari begitulah teman-teman sejawatnya memanggil pemuda 25 tahun asal Desa Pungpungan, Kecamatam Kalitidu, Kabupaten Bojonegoro yang bernama asli Ari Nirwana. Kaji Ari Sapaan akrabnya, saat ini bisa menikmati pundi-pundi rupiah dari hasil keahliannya melukis wajah seseorang dengan bentuk sketsa.

Berawal dari iseng, atau coba-coba saat masih duduk di bangku kuliah, tepatnya kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN), yang saat ini Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya, gambar sketsa yang ia tekuni sekarang bisa menjadi sumber penghasilan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Nama Kaji Ari disematkan lantara dirinya waktu masih duduk di Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah menunaikan rukun Islam yang ke-5 yaitu ibadah haji. Pria Kelahiran Bojonegoro tersebut dikenal sangat nyeleneh (unik), bagaimana tidak, gayanya yang cengengesan dan sesuka hati saat melakukan sesuatu membuat Kaji Ari banyak disukai oleh teman-temannya.

Ari Nirwana bercerita, bahwa ia tidak menyangka kalau bisa menjadi seorang pelukis dan menghasilkan uang jutaan rupiah. Berlatar belakang SMP di Desa Pungpungan, Kecamatan Kalitidu, dirinya melanjutkan pendidikan ke Sekolah Mengengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Bojonegoro.

"Kala itu masuk pada tahun 2007 di SMKN 2 Bojonegro, mengambil jurusan teknik mesin," kata Kaji Ari kepada blokBojonegoro.com.

Kehidupan yang ia jalani selama ini memang aneh dan tak terduka. Pasalnya, setelah lulus dari SMK dirinya melanjutkan kejenjang perguruan tinggi, dengan jurusan yang jauh melenceng dari jurusan awal saat SMK, yaitu mengambil jurusan Sejarah Peradaban Islam (SKI), di Kampus UIN Sunan Ampel pada tahun 2010.

"Dulu gak tau kenapa kok milih sejarah, mungkin karena peluangnya untuk masuk banyak, jadi saya coba, ternyata kok diterima," kata Kaji Ari, sambil mengingat-ingat kenangan masuk perguruan tinggi kala itu.

Singkat cerita, saat ini dirinya menekuni profesinya sebagai seorang pelukis di Supermarket Plaza Royal Surabaya jalan Ahmad Yani. Ia menarwankan karya lukisan sketsa kepada para pengunjung di stand hasil kerjasama bagi hasil.

Pria yang bercita-cita bisa studi S2 (Magister) ke Negeri Kincir angin (julukan Negara Belanda) tersebut menjelaskan, bahwa sketsa yang ia jual dalam menentukan harga tergantug dengan hitungan gambar perkepala.

"Harga sketsa perkepala itu harganya Rp85 ribu," katanya.

Disinggung omset yang dihasilkan dari membuat sketsa, menurut Kaji Ari, tidak menentu. "Kadang kalau ramai bisa mencapai 4 juta perbulan," sambungnya.

Selain menjadi seorang seniman, Kaji Ari juga mengabdikan diri di kampusnya dulu yaitu UIN Sunan Ampel, dengan menjadi dosen honorer untuk mengisi kuliah intensif mata kuliah Bahasa Inggris.

"Ya hidup itu harus dinikmati, semua sudah ada yang mengatur," pesan Kaji Ari menutup ceritanya. [top/mu]


Profil & Humaniora

Video bB

Redaksi

  • Friday, 07 July 2017 22:00:33

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an Dana yang terkumpul dari para Blokers (Sebutan para pembaca blokBojonegoro.com) hasil kerja sama blokBojonegoro.com dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) diberikan kepada Srimaningsih (Ibu Naf'an). Rencananya, bantuan tersebut akan digunakan untuk berobat Anis, yang tidak lain adalah adik kandung dari Naf'an.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 05 August 2017 10:00:46

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan Peternakan merupakan hal yang strategis untuk meningkatkan perekonomian, namun hal itu harus di lakukan dengan benar. Setidaknya, hal itu yang disampaikan dalam dialog OBOR yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gayam Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (4/8/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more