16:00 . Tahun Ini Diprediksi Panen Tembakau Capai 10 Ribu Ton   |   15:00 . Lho..! di Dapil Ini Ada Partai Tanpa Bacaleg?   |   14:00 . Diduga Gangguan Jiwa, Perempuan Paruh Baya Diamankan   |   13:00 . Akhir Pekan Harga Emas Naik Rp5.000/Gram   |   12:00 . Dianggap Rendahkan Pesilat, IPSI Bojonegoro Kecam Pernyataan Menteri ESDM   |   11:00 . Diduga Dibakar, Pohon Roboh Tutup Jalan Temayang-Bubulan   |   10:00 . Kawal Persibo, Ratusan Suporter Away ke Blitar   |   09:00 . 4 Kali Kebakaran Hutan, Adm Perhutani Ancam Pidanakan Pelaku   |   08:00 . Nasib di Tangan Persedikab dan Perspa, Awas Ada Pengaturan Skor   |   07:00 . Punya Sahabat Sangat Penting Bagi Kesehatan Mental   |   06:00 . Nightmares   |   21:00 . Sempat Rp37.000 Perkilogram, Harga Daging Ayam Kini Turun   |   20:00 . Bersaing Ketat, Dapil V Dominasi Jumlah Bacaleg   |   19:00 . Diduga Dilakukan Oknum, Hutan KPRH Ringinanom Terbakar   |   18:00 . Dies Natalis ke 9, STIKes ICsada Gelar Safari Sosial   |  
Sat, 21 July 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 11 January 2018 09:00:00

Suci Novitasari, Juara II Olimpiade TIK 2017 Jatim Kategori Jurnalistik

Tema Ganti Mendadak, Tetap Semangat Selesaikan Tulisan

Tema Ganti Mendadak, Tetap Semangat Selesaikan Tulisan

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Pagi yang cerah saat matahari menampakan sinarnya, saat itu pula hilir mudik para pelajar berangkat ke tempat menimba ilmu. Ada yang berjalan kaki, naik motor hingga angkutan umum. Begitu juga dengan para pelajar Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) Dander yang terlihat silih berganti berdatangan memasuki kelas masing-masing.

Senyum sapa terlihat di raut wajah para pelajar saat bertemu kembali dengan teman sejawatnya. Di tengah-tengah itu, redaksi blokBojonegoro.com turut masuk gerbang sekolah dan disambut waka Humas.

Selang beberapa saat siswi kelas XII dari Jurusan Multimedia, Suci Novita Sari, datang menghampiri awak bB sapaan akrab blokBojongoro.com.

Suci Novitasari adalah salah satu siswi yang berhasil menjadi juara dua lomba jurnalistik tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). "Tidak menyangka terpilih menjadi yang terbaik nomor dua," ucap siswi berhijab ini saat mengawali cerita.

Kecintaannya dalam dunia jurnalistik memang baru, tepatnya saat ia masih duduk di kelas XI, saat itu bayak tugas yang diberikan oleh guru seputar dunia jurnalis, karena materi banyak membahas terkait dunia jurnalistik sebagai bahan untuk melakukan magang.

"Ya memang awalnya tidak begitu suka jurnalistik, karena butuh banyak waktu untuk menggali setiap informasi, apalagi terkadang susah bertemu narasumber dan sering dikejar deadline," celoteh dara kelahiran 27 November tahun 2000.

Dalam kesempatan mengikuti lomba tersebut, gadis asal Kecamatan Ngambon ini sudah mempersiapkan semua materi yang akan dilombakan dengan sebaik-baiknya, awalnya tema yang ditentukan oleh panitia adalah 'Generasi Berbudaya," namun seiring berjalannya waktu lomba pihak panitia mengubah tema secara mendadak tepat 10 hari sebelum karya dikumpulkan, dan tema diruban menjadi "Berani Berkarya dengan TIK untuk Indonesia".

"Bagaimana tidak malas, saya sudah mempersiapkan semua materinya jauh-jauh hari, lha kok diganti temanya mendadak, terlebih waktunya mepet. Jadinya agak putus asa dan enggan ikut lomba," ucap siswi asal Dusun Kalongan Desa Karangmangun Ngambon ini membeberkan.

Dua guru pembimbingnya Ahmad Rusdi dan Agung Priyo tak lelah terus memberikan motivasi kepadanya, alhasil gadis yang hobi membaca ini kembali bersemangat untuk mengikuti lomba, meski persiapan tinggal satu minggu dan harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Dengan tema baru itu dan dari masukan guru pendampingnya, Novi sapaan akrab Suci Novitasari, segera menemui narasumber kawakan yang suka blogger dan juga aktivis sosial, dengan mengangkat sudut pandang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dalam memanfaatkan blog.

"Ya beruntung narasumber utama yang ditemui itu juga welcome saat kita membutuhkan data," ujar gadis yang suka musik ini.

Berbekal ilmu jurnalistik dari bimbingan sang guru dan suntikan ilmu saat magang di salah satu media, dirinya mulai membagi waktu untuk menulis dan mengambil judul 'Blog, Memasyarakat Informasi" agar bisa selesai tepat waktu. Tak pelak, karena dikerjar deadline, Novi selama satu minggu harus rela tidur hingga larut malam.

Namun siapa sangka hasil karyanya berhasil mendapatkan juara dua lomba kategori jurnalistik SMA/SMK pada Olimpiade TIK 2017 yang diadakan oleh UPT. Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur pada Desember 2017, dan hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman di hotel Utami Surabaya Jalan Raya Juanda Sidoarjo.

Guru pendamping, Agung Priyo dan Ahmad Rusdi berharap, dengan prestasi ini bisa memotivasi siswa lain agar terus mengembangkan bakat yang dimiliki, terlebih lagi bagi Novi, nantinya dapat terus dikembangkan bakatnya pada jenjang yang lebih tinggi lagi.

"Selain itu, kini pihaknya tengah mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti lomba jurnalistik tingkat nasional," tutup Rusdi kepada blokBojonegoro.com. [saf/mu]


Profil & Humaniora

Video bB

Redaksi

  • Friday, 20 July 2018 15:00:32

    LoKer Reporter blokMedia Group

    LoKer Reporter blokMedia Group Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter di lapangan.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more