19:00 . Ha....Bawang Merah 'Palsu' Sempat Beredar di Bojonegoro   |   18:00 . KPUD: Logistik Pilkada Sudah Tersalurkan ke Tiga Daerah Terpencil   |   17:00 . PPDB Offline Jalur Prestasi Dibuka Hari Ini   |   16:00 . RJJ Segera Mulai Pembukaan Lahan Pipa Gas GPF JTB   |   15:00 . Beredar Bawang Merah Palsu, Masyarakat Harus Jeli   |   14:00 . Ijazah SD Ditandatangani Kasek yang Merangkap, ini Kata Disdik   |   13:00 . Pasca Lebaran, Masyarakat Bojonegoro Ramai-ramai Cari Kerja   |   12:00 . Pipa PDAM di Ngunut Bocor, Distribusi Terganggu   |   11:00 . Cabdindik Bojonegoro Gelar Halal Bil Halal   |   10:00 . Gandeng Muslimat NU, MPR RI Kuatkan 4 Pilar   |   09:00 . Keluar Zona Nyaman, Dulu Model Kini Jadi Perias Profesional   |   08:00 . Hari Tenang, Panwakab Awasi Money Politik   |   07:00 . 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering   |   20:00 . Berat, Inilah Lawan Bojonegoro FC U-17 di Grup J   |   19:00 . Masa Tenang, Satpol PP Bersihkan APK   |  
Tue, 26 June 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 26 May 2018 06:00:55

Blok Buku

Kisah Bismillah hingga Alfatihah

Kisah Bismillah hingga Alfatihah

Oleh: Yuvira Amalia*
 
Buku yang berjudul "Kisah Bismillah hingga Al-Fatihah" ini adalah sebuah buku yang bercerita tentang kisah-kisah Rasulullah SAW beserta para sahabatnya tentang peristiwa yang terjadi berkaitan dengan bacaan dan manfaat Bismillah & Al – Fatihah, tentang bukti nyata bahwa Bismillah & Al – fatihah memiliki kekuatan yang besar didalam kehidupan manusia melalui berbagai kisah yang diceritakan dalam buku ini.
 
Beberapa kisah seperti kisah Ibrahim yang dilemparkan kedalam api oleh Namrudz dan putrinya Ra’dhah, hingga membuat heran Namrudz dan putrinya bahwa Ibrahim tidak terbakar dalam api tersebut, hingga akhirnya Ibrahim menjelaskan bahwa bismillah ( Dengan nama Allah ) lah yang membuatnya selamat dari api yang akan membakarnya tadi, sehingga dari peristiwa ini membuat putri Namrudz menyatakan keimanannya terhadap islam.
 
 Dalam kisah lainnya diceritakan bahwa Bismillah juga menyelamatkan seorang prajurit yang dimasukkan kedalam air mendidih oleh seorang kaisar yang kaya raya, karena prajurit tersebut melawan perintah kaisar untuk menundukkan badannya dihadapan kaisar. 
 
Dari berbagai kisah yang ada Rasulullah  SAW bersabda  tatkala seorang hamba yang membaca Bismillah menjelang tidurnya maka malaikat akan mencatat setiap hembusan nafasnya sebagai kebaikan. Juga kelak bila melewati shirath untuk dihisab amal ibadah kita bila membaca Bismillah saat itu pula lidah api akan padam. Karena cahaya Bismillah telah memadamkan lidah api tersebut.
 
Pada kisah Bismillah yang lain, meceritakan perbincangan antara setan yang mengikuti para manusia, yang mengisahkan bahwa setan yang mengganggu kaum dengan iman yang senantiasa istiqamah kepada kebaikan, maka setan tersebut berada dalam kesengsaraan, sedangkan setan yang mengikuti manusia dengan kelemahan iman maka ia akan menjadi bagian dari pengikut setan.
 
Kisah Bimillah juga dituturkan oleh imam Muhammad al-Baqir bahwa seseorang yang membaca surah tanpa diawali dengan Bismillah dalam keadaan sholat maka orang tersebut harus mengulang salatnya. 
 
Begitu banyak kisah Bismillah, karena keistimewaanya Bismillah maka Allah SWT menurunkan rahmat bagi makhluknya yang membaca Bismillah di berbagai keadaan. Membaca Bismillah di setiap awal pekerjaan tanda kerinduan kepada Allah , dan jika tanpa Bismillah maka cacatlah suatu  pekerjaan tersebut.
Membaca Al-Qur’an tanpa Bismillah sama halnya  mencuri ayat Allah SWT. Dan orang orang yang mencintai Bismillahirrahmanirrahim adalah orang yang termasuk dalam Ahlul Bait ( keluarga Rasulullah SAW) yang mana bila memasuki surga dengan pahala setara kerabat Rasulullah SAW. 
 
Membaca Bismillah adalah lambang Tauhid, tanda kerinduan kepada Allah SWT, lambang keluar dari kesombongan dan menyatakan kelemahan kepada Allah SWT. Serta tanda tidak pernah melupakan Allah SWT. Banyak pula khasiat Bismillah  diantaranya membuka perkara yang tertutup, mempermudah kesulitan, pelindung dari kejahatan, menyembuhkan penyakit hati, dan dan menyelamatkan dari petaka. 
 
Selain kisah Bismillah, surah Al-fatihah pun memiliki banyak kisah didalamnya. Surah Al-Fatihah mencangkup seluruh  isi didalam Al-Qur’an, tidak  ada yang dapat menandingi surah Al-Fatihah dengan nama lain surah Al- Hamdu surah ini memberi banyak manfaat bagi para pembacanya.
 
 Dikisahkan seorang sahabat Rasulullah SAW yang menderita penyakit demam, tetapi setelah beberapa tahun sakit itu tidak dapat disembuhkan, maka Rasulullah SAW mengutusnya memasukkan kepalanya kedalam kerah bajunya seraya membaca surah Al-fatihah sebanyak 70 kali, maka atas izin Allah SWT melalui perantara surah Al-Fatihah sahabat tersebut pun diberi kesembuhan. Surah Al-Fatihah pula yang membuat para pendosa pada zaman Rasulullah SAW menjadi pemeluk islam yang sejati. 
 
Kekurangan dan Kelebihan Buku
Dalam berbagai kisah Buku ini memiliki banyak kisah yang menarik untuk dibaca, memuat kisah dan manfaat membaca Bismillah  & Surah Al-Fatihah yang belum banyak  diketahui, serta design buku yang mampu menarik minat pembacanya.
 
Di sisi lain buku ini juga memiliki kekurangan seperti tidak terdapat footnote yang memberikan makna & penjelasan terhadap kata kata yang perlu pemahaman mendalam. Sehingga pembaca dapat mengerti makna dari kata sulit tersebut.  Serta buku ini sasaran pembacanya lebih kepada seseorang yang memiliki tingkat keilmuan yang lumayan tinggi karena istilah Al-Qur’an yang masih perlu pemaknaan yang dalam karena didalamnya memuat tafsir Qur’an yang masih perlu dijelaskan.
 
Identitas Buku: 
 
JUDUL : Kisah Bismillah hingga Al-Fatihah
PENULIS : Ahmad Mir Khalaf Zadeh & Ali Mir Khalaf Zadeh
PENERBIT : QORINA 
TAHUN TERBIT : 2010
TEBAL BUKU : 20 cm 
JUM. HALAMAN : 263 hlm
 
*Mahasiswa STIKes ICsada Bojonegoro

Religi, Sastra & Budaya

Video bB

Redaksi

  • Friday, 15 June 2018 01:00:00

    Selamat Hari Raya Idul Fitri

    Selamat Hari Raya Idul Fitri Tak terasa Ramadan begitu cepat waktu berlalu. Masih teringat saat salat Tarawih pertama kita, makan sahur dan berbuka puasa pertama kita.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more