16:00 . Sambut Bulan Ramadhan, Tanamkan Jiwa Berbagi pada Siswa   |   15:00 . Tari Sufi dan Hadrah, Meriahkan Purna Siswa MIN Kepatihan   |   14:00 . Darurat, Bojonegoro Siapkan Raperda Kepemudaan   |   13:00 . Siswi MI Bojonegoro Juara 1 Bulutangkis   |   12:00 . Santunan Jasa Raharja Naik Per Juli Mendatang   |   11:00 . Polres Bojonegoro Siapkan Personel Amankan Ramadhan   |   10:00 . Hobi Sejak Kecil, Kini Bisa Jadi Rupiah   |   09:00 . Anggaran Dikurangi, DPU Sedikit Perbaiki Jalan   |   08:00 . Jelang Puasa, Pedagang Bunga Boreh Raup Untung   |   07:00 . 4 Tahap Latihan Olahraga di Bulan Ramadhan   |   06:00 . Usai Dibangun, Tersedia 480 Lapak di Pasar Kalitidu   |   22:00 . Satpol PP Tertibkan Banner Salahi Aturan   |   21:00 . Besok, Tim BHR Kemenag Lakukan Rukyatul Hilal di Wonocolo   |   20:00 . PBNU Kecam Kekerasan dan Aksi Teror   |   19:00 . Air Sendang Clebung, Sumber Penopang Kehidupan Warga   |  
Fri, 26 May 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Salafiyah No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 April 2017 11:00:00

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemerintah hadir salah satunya menjadi solusi atas permasalahan sosial yang terkadang di pandang sebelah mata, termasuk keberadaan anak jalanan (Anjal) yang selama ini terkesan negatif. Sehingga pihak Dinas Sosial melatih anak-anak tersebut agar berdaya dan memiliki kreatifitas.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Adi Witjaksono mengatakan, bahwa pihaknya pada Kamis kemarin mulai menggelar pelatihan keterampilan bagi anak-anak jalanan di Bojonegoro.

Setidaknya pelatihan ini diikuti 30 anak jalanan dan 200 peserta dari Sanggar Putra Bima. "Mereka mendapatkan pelatihan tentang membuat pin dan sablon di gelas oleh BLK Bojonegoro," terangnya.

Sedangkan dari Dinas Sosial, anak jalanan ini dilatih untuk membentuk grup band. Tak hanya membentuk, namun Dinas Sosial juga memberikan bantuan alat-alat musik band lengkap dengan sound sistemnya. "Bantuan lain yang diberikan adalah buku perpustakaan dan kelengkapannya sekaligus peralatan untuk pembuatan sablon," jelas Adie.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro menegaskan, bahwa dengan bantuan ini akan membuat mereka semakin produktif dan tidak kembali ke jalanan. Fasilitasi dan pelatihan ini adalah sebagai upaya untuk memberdayakan mereka ke arah yang lebih positif. "Dengan demikian juga akan memberikan kesempatan mereka untuk memberdayakan diri melalui media yang lebih tepat bukan di jalanan, apalagi kesan anak jalanan yang negatif. Dengan pelatihan ini akan membuat mereka lebih berdaya dan lebih produktif," tegasnya.

Sementara itu, Polres Bojonegoro yang juga hadir dalam pembinaan dan pelatihan dari Kasat Bimas Polres yaitu Ibu AKP Ismawati. Ibu Isma di hadapan para peserta mengatakan, bahwa anak jalanan harus lebih terarah dalam kegiatannya dan jangan mengganggu di jalan.

"Jika selama ini anak jalanan dikesankan negatif, maka dengan adanya pelatihan ini mereka harus meningkat dalam artian lebih produktif," imbuhnya.

Apalagi pemerintah sudah memfasilitasi mereka mulai dengan pembekalan pelatihan dan memberi bantuan alat. Ini menandakan bahwa pemerintah itu juga memperhatikan mereka. Jadi hendaknya mereka mampu memanfaatkan moment ini dengan sebaik mungkin.

Kedepan Dinas Sosial akan merencanakan menggelar event bagi anak-anak jalanan, diperkirakan bulan September mendatang. [zid/mu]

Video bB

Redaksi

  • Saturday, 06 May 2017 21:00:00

    2 Reporter blokMedia Group Ikuti UKW di Blitar

    2 Reporter blokMedia Group Ikuti UKW di Blitar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu (6/5/2017). Bertempat di Gedung Koesoema Wicitra, Kota Blitar, UKW diikuti sebanyak 47 wartawan online, cetak, televisi dan radio dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jatim.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 08 May 2017 00:00:22

    Belajar dari Prof. Ridlwan Melalui Biografinya

    Belajar dari Prof. Ridlwan Melalui Biografinya Rektor UIN Sunan Ampel Surabaya periode 2000-2009, Prof. Dr. H. Ridlwan Nasir, MA, Sabtu pagi (6/5) meluncurkan biografinya. Buku setebal 370 halaman ini merekam perjalanan hidupnya hingga usia ke 66 tahun.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more