16:00 . Tahun Ini Diprediksi Panen Tembakau Capai 10 Ribu Ton   |   15:00 . Lho..! di Dapil Ini Ada Partai Tanpa Bacaleg?   |   14:00 . Diduga Gangguan Jiwa, Perempuan Paruh Baya Diamankan   |   13:00 . Akhir Pekan Harga Emas Naik Rp5.000/Gram   |   12:00 . Dianggap Rendahkan Pesilat, IPSI Bojonegoro Kecam Pernyataan Menteri ESDM   |   11:00 . Diduga Dibakar, Pohon Roboh Tutup Jalan Temayang-Bubulan   |   10:00 . Kawal Persibo, Ratusan Suporter Away ke Blitar   |   09:00 . 4 Kali Kebakaran Hutan, Adm Perhutani Ancam Pidanakan Pelaku   |   08:00 . Nasib di Tangan Persedikab dan Perspa, Awas Ada Pengaturan Skor   |   07:00 . Punya Sahabat Sangat Penting Bagi Kesehatan Mental   |   06:00 . Nightmares   |   21:00 . Sempat Rp37.000 Perkilogram, Harga Daging Ayam Kini Turun   |   20:00 . Bersaing Ketat, Dapil V Dominasi Jumlah Bacaleg   |   19:00 . Diduga Dilakukan Oknum, Hutan KPRH Ringinanom Terbakar   |   18:00 . Dies Natalis ke 9, STIKes ICsada Gelar Safari Sosial   |  
Sat, 21 July 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 November 2017 14:00:47

Juara II SIyAP 2017 SMAI Al-Fattah Kalitidu

Bawa Pulang Juara, 5 Siswa Dapat Apresiasi Sekolah

Bawa Pulang Juara, 5 Siswa Dapat Apresiasi Sekolah

Pengirim: Tim Jurnalis SMAI Al-Fattah*

blokBojonegoro.com
- Setelah upacara bendara yang dilaksanakan setiap hari Senin, lima siswa perwakilan SMA Islam Al-Fattah Kalitidu yang pada Sabtu (11/11/2017) berhasil membawa pulang piala, dipanggil untuk maju ke depan.

Mereka adalah tim yang mengikuti program Siswa Ilmiah yang Aktif dan Produktif (SIyAP) dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) yang bekerjasama dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP). “Alhamdulillah kami meraih juara II, dan berhak membawa pulang piala ini," ujara Jodi Tri Wardana salah satu tim.

Persiapan dan proses perlombaan tersebut sangatlah panjang, cerita Jodi penuh semangat, kurang lebih hampir empat bulan mulai dari pembekalan pada Agustus lalu, sampai presentasi hasil karya ilmiah yang telah dibuat oleh masing-masing peserta SIyAP di bulan November ini. Dan tim dari SMAI Al-Fattah meneliti manfaat jelantah (minyak goreng yang sudah terpakai) untuk dimanfaatkan kembali menjadi sabun.

"Tentu hal ini membuat para peserta SIyAP 2017 ini berkerja keras untuk mendapatkan hasil terbaik, disamping itu kita terus didampingi coach dari YSP, mulai dari awal hingga ujian kemarin. Bersyukur kami bisa lolos menjadi juara ke II, meski hasil sabun kami harus diuji di labolatorium lebih lanjut," jelas Jodi bercerita pengalamnnya singkat.

Menurut Guru Pembina program SIyAP, Bapak Miftahul Mufid, semua tidak menyangka kalau SMAI Al-Fattah akan mendapatkan juara II. Karena bisa ikut serta dalam program yang dicanangkan ExxonMobil Cepu Limited saja sudah senang.

"Apalagi yang ikut program SIyAP 2017, banyak dari sekolah–sekolah yang sudah mumpuni di bidang penelitian karya ilmiah dan juga memiliki fasilitias lengkap," ujar Pak Mufid, sapaan akrab beliau.

Ke depan, tim SMAI Al-Fattah yang kemarin mengikuti program EMCL akan selalu berusaha untuk membuat karya-karya ilmiah yang bisa membantu seluruh siswa dan juga masyarakat. "Tentunya harus terus belajar dan menemukan karya yang inovatif yang bisa menjawab permasalahan yang ada. Disamping itu, mewakili sekolah kami berterima kasih kepada EMCL dan juga YSP yang telah memilih SMAI Al-Fattah menjadi peserta SIyAP 2017. Semoga pada tahun 2018 mendatang kami juga bisa berpartisipasi lagi pada programa SIyAP selanjutnya," jelas Pak Mufid. [ito]

*Jurnalis Al-Fattah adalah salah satu peserta blokBojonegoro Goes to School (bB-GtS).


bB-GtS

Video bB

Redaksi

  • Friday, 20 July 2018 15:00:32

    LoKer Reporter blokMedia Group

    LoKer Reporter blokMedia Group Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter di lapangan.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more