16:00 . Tahun Ini Diprediksi Panen Tembakau Capai 10 Ribu Ton   |   15:00 . Lho..! di Dapil Ini Ada Partai Tanpa Bacaleg?   |   14:00 . Diduga Gangguan Jiwa, Perempuan Paruh Baya Diamankan   |   13:00 . Akhir Pekan Harga Emas Naik Rp5.000/Gram   |   12:00 . Dianggap Rendahkan Pesilat, IPSI Bojonegoro Kecam Pernyataan Menteri ESDM   |   11:00 . Diduga Dibakar, Pohon Roboh Tutup Jalan Temayang-Bubulan   |   10:00 . Kawal Persibo, Ratusan Suporter Away ke Blitar   |   09:00 . 4 Kali Kebakaran Hutan, Adm Perhutani Ancam Pidanakan Pelaku   |   08:00 . Nasib di Tangan Persedikab dan Perspa, Awas Ada Pengaturan Skor   |   07:00 . Punya Sahabat Sangat Penting Bagi Kesehatan Mental   |   06:00 . Nightmares   |   21:00 . Sempat Rp37.000 Perkilogram, Harga Daging Ayam Kini Turun   |   20:00 . Bersaing Ketat, Dapil V Dominasi Jumlah Bacaleg   |   19:00 . Diduga Dilakukan Oknum, Hutan KPRH Ringinanom Terbakar   |   18:00 . Dies Natalis ke 9, STIKes ICsada Gelar Safari Sosial   |  
Sat, 21 July 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 11 March 2018 06:30:00

SMAN 1 Kepohbaru Seminar Bersama Komunitas Menulis KBM

SMAN 1 Kepohbaru Seminar Bersama Komunitas Menulis KBM

Pengirim: Slamet Widodo dan Muhammad Alim

blokBojonegoro.com -
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 23 tahun 2015, mulai tampak bergeliat pada lembaga pendidikan di Kecamatan Kepohbaru, khususnya di SMA Negeri 1 Kepohbaru. Berpijak dari peraturan Kemendikbud tersebut, lembaga tersebut mengadakan seminar sehari. Kegiatan itu diberi nama Seminar Sehari Bersama Komunitas Menulis yang ada di kecamatan Kepohbaru “Kita Belajar Menulis (KBM)”, pada Rabu (7/3/2018).

Kegiatan yang diadakan di halaman sekolah tersebut, dihadiri oleh ratusan peserta didik, guru dan karyawan sekolah setempat. Selain itu, beberapa siswa dari MTs Negeri 3 Bojonegoro, MA Bahrul Ulum Kepohbaru yang merupakan anggota KBM, juga turut hadir atas undangan panitia. Sebagai nara sumber dalam seminar tersebut adalah Slamet Widodo (pendiri komunitas menulis KBM) dan Sigit Priatmoko (Devisi pelatihan dan publikasi KBM).

Muhammad Alim, guru Bahasa Indonesia, adalah inisator di balik acara tersebut. Saat dikonformasi di akhir acara, pihaknya mengatakan, tujuan diadakan acara tersebut adalah untuk menanamkan karakter kepada peserta didik, terutama di bidang literasi yakni membaca dan menulis.
“Kegiatan ini sebagai bentuk awal penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di lingkungan SMA Negeri 1 Kepohbaru,” jelasnya.

Tema yang diusung, lanjut Pak Alim, begitu ia disapa, adalah Penguatan Minat Membaca dan Menulis Serta Minat Belajar Siswa Sebagai Bekal Mencapai Kesuksesan. “Jadi, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa semakin giat belajar. Supaya setelah lulus dari bangku sekolah menjadi sukse orang sukses di bidangnya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Sutikno mewakili kepala sekolah, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. “Sekolah, memberikan ruang gerak seluas-luasnya kepada kalian (siswa-siswi) semua untuk berekspresi dan berkarya,” tegasnya.

Masih kata pria asli Kedung, Modo, Lamongan ini, pihaknya membagikan tips kunci untuk meraih sukses kepada peserta yang hadir. Menurutnya, kunci sukses ada tiga.  “Pertama, tentukan mimpi, target dan tujuan; ke dua hukuman (menghukum diri sendiri); dan ke tiga penghargaan untuk diri sendiri,” jelasnya.

Usai sambutan dari pihak sekolah, acara inti seminar sehari dimulai tepat pukul 10.00 WIB. Menurut Salah satu nara sumber, Slamet Widodo, menuturkan bahwa menulis itu sangat mudah. “Menulis itu sangat mudah. Semudah chatting dengan kekasih hati,” jelasnya dan langsung disambut sorak sorai peserta yang seluruhnya adalah usia remaja.

Selain itu, masih kata guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro ini, menulis itu bisa membuat orang cerdas. “Menulis itu mencerdaskan,” tuturnya. Ia menjelaskan, bahwa setiap penulis akan selalu berusaha mencatat dan mengingat semua kejadian yang dialaminya. Kemudian diabadikan dalam karyanya. “Jadi, momen baik senang maupun susah saying jika terlewatkan begitu saja,” katanya.

Lain halnya dengan nara sumber kedua, Sigit Priatmoko. Menurutnya menulis itu menyenangkan. “Jadi menulis itu untuk bersenang-senang,” ungkapya.

Masih kata Dosen PAI Unisda Lamongan ini, bahwa menulis itu membuatnya liar. “Menulis membut saya liar, terbebas dari hal-hal yang wajar,” imbuhnya.

Di sela-sela acara tersebut, juga ditampilkan dua kratifitas siswa dalam bidang seni. Yakni tari Sajojo dan puisi berantai dengan tema pengorbanan berakhir senyuman.

Di akhir acara, ada empat peserta yang beruntung (berani bertanya) mendapatkan masing-masing satu buku dari narasumber. [ito]


bB-GtS

Video bB

Redaksi

  • Friday, 20 July 2018 15:00:32

    LoKer Reporter blokMedia Group

    LoKer Reporter blokMedia Group Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter di lapangan.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more