19:00 . Pendma Kemenag Provinsi Pantau UNBK MTsN Bojonegoro   |   18:00 . Bantu Petani, Kosgoro Beri Bantuan Traktor   |   16:00 . APK Melanggar di Pekarangan Rumah Pun Ditertibkan   |   15:00 . Undang Insan Pers, Danrem Ajak Perangi Hoax   |   14:00 . Siswi Kelas 3 SD ini Ikut Lomba Rias Tiga Kabupaten   |   13:00 . 24 Perias Tiga Kabupaten Ikuti Perlombaan di Bojonegoro   |   12:00 . 3 SMP Menumpang Pelaksanaan UNBK di SMKN Dander   |   11:00 . Panwaskab Bersihkan APK yang Dinilai Melanggar   |   10:00 . Mencari Rumput, Warga Temayang Meninggal di Sambar Petir   |   09:00 . Ada Kendala Teknis dari Pusat, Siswa Sempat Panik   |   08:00 . 17.828 Siswa SMP/MTs Hari Ini Dimulai UNBK   |   07:00 . Simak, Tips Aman Santap Makanan Berkolesterol   |   06:00 . Ingin Jadikan Dander Kota ke Dua Setelah Bojonegoro   |   21:00 . Tentukan Sikap Sendiri, PKS Bojonegoro Dukung Mulyo-Atine   |   20:00 . Ditahan Imbang Blitar Poetra 1-1, Jordi Kartiko Kecewa   |  
Tue, 24 April 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 11 March 2018 06:30:00

SMAN 1 Kepohbaru Seminar Bersama Komunitas Menulis KBM

SMAN 1 Kepohbaru Seminar Bersama Komunitas Menulis KBM

Pengirim: Slamet Widodo dan Muhammad Alim

blokBojonegoro.com -
Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang dicanangkan oleh pemerintah melalui peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, nomor 23 tahun 2015, mulai tampak bergeliat pada lembaga pendidikan di Kecamatan Kepohbaru, khususnya di SMA Negeri 1 Kepohbaru. Berpijak dari peraturan Kemendikbud tersebut, lembaga tersebut mengadakan seminar sehari. Kegiatan itu diberi nama Seminar Sehari Bersama Komunitas Menulis yang ada di kecamatan Kepohbaru “Kita Belajar Menulis (KBM)”, pada Rabu (7/3/2018).

Kegiatan yang diadakan di halaman sekolah tersebut, dihadiri oleh ratusan peserta didik, guru dan karyawan sekolah setempat. Selain itu, beberapa siswa dari MTs Negeri 3 Bojonegoro, MA Bahrul Ulum Kepohbaru yang merupakan anggota KBM, juga turut hadir atas undangan panitia. Sebagai nara sumber dalam seminar tersebut adalah Slamet Widodo (pendiri komunitas menulis KBM) dan Sigit Priatmoko (Devisi pelatihan dan publikasi KBM).

Muhammad Alim, guru Bahasa Indonesia, adalah inisator di balik acara tersebut. Saat dikonformasi di akhir acara, pihaknya mengatakan, tujuan diadakan acara tersebut adalah untuk menanamkan karakter kepada peserta didik, terutama di bidang literasi yakni membaca dan menulis.
“Kegiatan ini sebagai bentuk awal penerapan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di lingkungan SMA Negeri 1 Kepohbaru,” jelasnya.

Tema yang diusung, lanjut Pak Alim, begitu ia disapa, adalah Penguatan Minat Membaca dan Menulis Serta Minat Belajar Siswa Sebagai Bekal Mencapai Kesuksesan. “Jadi, dengan adanya kegiatan ini, diharapkan siswa semakin giat belajar. Supaya setelah lulus dari bangku sekolah menjadi sukse orang sukses di bidangnya masing-masing,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Urusan Kurikulum, Sutikno mewakili kepala sekolah, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. “Sekolah, memberikan ruang gerak seluas-luasnya kepada kalian (siswa-siswi) semua untuk berekspresi dan berkarya,” tegasnya.

Masih kata pria asli Kedung, Modo, Lamongan ini, pihaknya membagikan tips kunci untuk meraih sukses kepada peserta yang hadir. Menurutnya, kunci sukses ada tiga.  “Pertama, tentukan mimpi, target dan tujuan; ke dua hukuman (menghukum diri sendiri); dan ke tiga penghargaan untuk diri sendiri,” jelasnya.

Usai sambutan dari pihak sekolah, acara inti seminar sehari dimulai tepat pukul 10.00 WIB. Menurut Salah satu nara sumber, Slamet Widodo, menuturkan bahwa menulis itu sangat mudah. “Menulis itu sangat mudah. Semudah chatting dengan kekasih hati,” jelasnya dan langsung disambut sorak sorai peserta yang seluruhnya adalah usia remaja.

Selain itu, masih kata guru Matematika MTs Negeri 3 Bojonegoro ini, menulis itu bisa membuat orang cerdas. “Menulis itu mencerdaskan,” tuturnya. Ia menjelaskan, bahwa setiap penulis akan selalu berusaha mencatat dan mengingat semua kejadian yang dialaminya. Kemudian diabadikan dalam karyanya. “Jadi, momen baik senang maupun susah saying jika terlewatkan begitu saja,” katanya.

Lain halnya dengan nara sumber kedua, Sigit Priatmoko. Menurutnya menulis itu menyenangkan. “Jadi menulis itu untuk bersenang-senang,” ungkapya.

Masih kata Dosen PAI Unisda Lamongan ini, bahwa menulis itu membuatnya liar. “Menulis membut saya liar, terbebas dari hal-hal yang wajar,” imbuhnya.

Di sela-sela acara tersebut, juga ditampilkan dua kratifitas siswa dalam bidang seni. Yakni tari Sajojo dan puisi berantai dengan tema pengorbanan berakhir senyuman.

Di akhir acara, ada empat peserta yang beruntung (berani bertanya) mendapatkan masing-masing satu buku dari narasumber. [ito]


bB-GtS

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 22 April 2018 10:00:41

    Sambut Ramadan, Kahmi Bojonegoro Bahas Isu Kekinian

    Sambut Ramadan, Kahmi Bojonegoro Bahas Isu Kekinian Korp Alumni HMI (Kahmi) Bojoneggoro melakukan persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Kesiapan itu ditunjukan dalam perkumpulan bersama Kahmi se Bojonegoro, Sabtu (21/4/2018) malam di Jalan Kolonel Sugiono.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more