07:00 . Sebaiknya Olahraga Menjelang Berbuka Atau Setelah Berbuka Puasa?   |   23:00 . Gagal Panen, Warga Sudu Pilih Potong Padi untuk Pakan Ternak   |   22:00 . KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI   |   21:00 . Buat Mural, Curva Nord Tunjukan Persibo Masih Ada   |   20:00 . Hendak Menyeberang, Pelajar di Baureno Dihantam Sepeda Motor   |   19:00 . Pembuatan Kotak Suara Pilkada Capai 80 Persen   |   18:00 . Kurang Air, Hasil Panen Cabai Tak Maksimal   |   17:00 . Bagaimana Sikap Muslim Terhadap Non Muslim   |   16:00 . Anak Manja Ingin Berbuka, Bermain Aja di Taman Rajekwesi   |   15:00 . Stok Darah di Bojonegoro Hanya Sampai Pertengahan Puasa   |   14:00 . Efisiensi Waktu, 4 SMA Negeri Diberikan Aturan Khusus   |   13:00 . Diduga Sakit, Petani Ngraseh Meninggal Dunia di Sawah   |   12:00 . Bom Surabaya Libatkan Anak, BP3AKB Sebut; Salah Orang Tua   |   11:00 . SMA Terbagi 6 Zonasi, SMK Bebas   |   10:00 . Awal Puasa, Konsumen Barang Elektronik Meningkat   |  
Tue, 22 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 05 May 2018 08:00:00

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Unik, Siswa SMK Migas Buat Cemilan Cokelat Kelor

Reporter: M. Safwan
 
blokBojonegoro.com - Dalam acara pameran literasi, pentas seni-budaya dan produk unggulan SMA, SMK dan PKLK, di halaman Kantor Cabang Dinas Pendidikan (Cabdindik) Provinsi Jawa Timur Wilayah Bojonegoro, Jumat-Sabtu (4-5/5/2018), belasan stand dari masing-masing sekolah memamerkan produk unggulannya.
 
Yang menjadi perhatian adalah stand dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 5 Bojonegoro, yang membawa produk cokelat kelor (color), teh daun kersen dan juga teh dari biji jagung.
 
Tentu tidak asing di telinga saat mendengar kata 'kelor', tumbuhan yang memiliki banyak khasiat itu oleh siswa SMK Migas dipadukan dengan cokelat, alhasil jadilah cokelat kelor yang sehat untuk dikonsumsi.
 
"Kita sengaja memilih kelor karena belum banyak dimanfaatkan dan tentu karena kaya akan vitamin, protein dan masih banyak yang lain, kenapa dipadu dengan cokelat karena cokelat banyak disukai oleh masyarakat terutama anak kecil dan para pemuda, jadi kita ingin buat jajanan sehat dan kaya akan manfaat," jelas Angga salah satu siswa Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian, SMKN 5 Bojonegoro.
 
Untuk pembuatan cokelat kelor sendiri sangat mudah, kata Angga, yaitu cokelat 200 gram dicampur dengan kelor 20 gram, selanjutnya dilelehkan dan dicetak, tak lupa dikemas yang menarik agar dilirik pembeli.
 
Selain ada cokelat kelor, siswa SMK yang akrab disebut SMK Migas itu juga membawa teh biji jagung dan juga teh daun kersen, tentu semua tak luput karena manfaat yang dikandung masing-masing bahan.
 
"Manfaat biji jagung salah satunya bisa mencegah kanker dan menurunkan kolesterol, juga bisa mencegah anemia," kata Angga menjelaskan.
 
Terpisah, Waka Kesiswaan SMKN 5 Bojonegoro, Naomi Wijayanti saat dikonfirmasi blokBojonegoro.com mengatakan, perkembangan zaman tentu harus diikuti dengan inovasi-inovasi baru, contoh kecil adalah jajanan yang saat ini beredar yang banyak bahan pengawetnya, sehingga siswa-siswi Jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian membuat produk yang sehat dan juga bahannya mudah didapat, seperti kelor dan kersen yang banyak tumbuh di lingkungan sekolah.
 
"Ini sangat menarik dan juga sehat, jadi bisa jadi alternatif untuk jajanan anak-anak yang aman," jelasnya.
 
Sekadar informasi, beberap manfaat daun kelor yaitu bisa meningkatkan ketahanan alamiah tubuh, menyegarkan mata dan otak, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan struktur sel tubuh, meningkatkan serum kolesterol alamiah, mengurangi kerutan dan garis-garis pada kulit, meningkatkan fungsi normal hati dan ginjal, memperindah kulit, memudahkan pencernaan, antioksidan,  memelihara sistem imunitas tubuh dan juga meningkatkan sistem sirkulasi yang menyehatkan. [saf/mu]

bB-GtS

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more