14:00 . Hasil UNBK Siswa SMP di Bojonegoro Menurun   |   13:00 . PPDB Hari Pertama Terganggu Server Eror   |   12:00 . Mei Ini, Bantuan Beras Rastra Beralih ke BPNT   |   11:00 . Cerita Literasi di SD Tasikharjo dan Remen   |   10:00 . Puasa, Pengunjung Pameran di Gedung UMKM Sepi   |   09:00 . Ditinggal Ngantar Masuk Kos, Motor Raib   |   08:00 . Berduaan di Pantai Tuban Saat Malam, Pelajar Bojonegoro Diamankan   |   07:00 . Tertawa Bisa Bikin Kita Lebih Produktif, Menurut Sains   |   21:00 . Menyamar Jadi Hidung Belang, Polisi Berhasil Ciduk WTS   |   20:00 . Pastikan Spek Bangunan, Dewan Akan Cek Lokasi   |   19:00 . Buka Bersama, Dandim Ingatkan Pemuda Waspada Penjajah   |   18:00 . Dirut PEPC: Proyek di Bojonegoro yang Paling Harmonis   |   17:00 . Junub Sebelum Sahur, Mandi Dulu Apa Langsung Makan?   |   16:00 . Ingin Jalan-Jalan? Tengok Suasana Pasar Takjil di Malo Yuk!!   |   15:00 . Safari Ramadan, PEPC Santuni Anak Yatim   |  
Fri, 25 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 November 2017 15:00:44

Kuatkan Koperasi, Dekopinda Tandatangani Kerjasama Dengan BRI

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Sebagai wadah koperasi di Kabupaten Bojonegoro, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bojonegoro melakukan berbagai penguatan koperasi yang menjadi anggotanya. Salah satunya dengan membuat kerjasama dengan BRI ditandai dengan penandatangan yang dilanjutkan dalam pembahasan teknisnya.

Pasalnya di Kota Ledre memiliki potensi strategis dalam hal perkembangan koperasi yang secara kuantitatif selalu meningkat setiap tahunnya. sesuai data yang tercatat saat ini di Dinas Koperasi dan usaha menengah, jumlah koperasi di Bojonegoro ada sebanyak 1.236 koperasi.

Namun dari data tersebut tidak semua koperasi yang aktif, dari koperasi yang aktif itu kebanyakan mengalami permasalahan berupa terbatasnya permodalan dan kurangnya inovasi usaha yang dijalankan oleh koperasi. "Atas dasar itulah Dekopinda Kabupaten Bojonegoro sebagai lembaga representasi gerakan koperasi bertekad membantu koperasi untuk memecahkan permasalahan diatas," kata Ketua Dekopinda Kabupaten Bojonegoro, Sriyadi Purnomo.

Salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan temu usaha, membentuk jaringan retail antar koperasi yang sudah dilaksanakan oleh Dekopinda. Termasuk Dekopinda bekerjasama dengan BRI Cabang Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan fasilitasi penguatan permodalan dan pengembangan usaha koperasi yang dihadiri oleh 110 pengurus dari berbagai koperasi di Bojonegoro yang diundang pada acara tersebut.

"Kegiatan dilaksanakan bertujuan agar gerakan koperasi di Bojonegoro tidak hanya fokus pada kegiatan simpan pinjam saja, akan tetapi juga agar bagaimana mampu menangkap peluang usaha yang potensial. Serta selalu berinovasi terhadap perkembangan jaman agar koperasi tidak tertinggal dengan pelaku usaha lainnya," jelasnya.

Sehingga melalui kerjasama ini BRI dihadirkan sebagai mitra strategis, supaya koperasi memiliki akses dalam pengembangan usaha maupun dalam hal penguatan permodalan.

Sementara itu, Sunarini perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Menengah menuturkan, kegiatan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh koperasi. Selain itu Dekopinda selama ini mampu menunjukkan eksistensinya terutama dalam hal kegiatan fasilitasi dan menginisiasi kerjasama antar koperasi maupun kerjasama dengan pihak lainnya yang bersifat strategis.

"Semoga kegiatan ini bisa menghasilkan manfaat bagi gerakan koperasi dan kami yang ada di Dinas Koperasi memberikan respon positif, apabila koperasi yang hadir pada acara ini mampu menangkap peluang untuk mengembangkan usahanya," imbuhnya.

Sedangkan perwakilan BRI Cabang Bojonegoro, Diah Anggreani dan Bagus Wijayanto menyambut positif kerjasama ini. Sehingga berbagai informasi secara teknis tentang penguatan permodalan sekaligus mensosialisasikan program BRIlink yang dapat dimanfaatkan oleh gerakan koperasi guna mengembangkan usahanya.

"Koperasi akan mendapatkan kemudahan berupa transaksi keuangan secara real time online, dapat melayani pembayaran listrik, pulsa dan lain-lain serta berbagai manfaat lainnya," kata Diah.

Ditambahkan, selain itu koperasi yang memanfaatkan program ini tidak membutuhkan modal besar, akan mendapatkan sharing fee, komisi dan bantuan peralatan EDC (Electronic Data Capture) dari BRI.

"Program ini sangat strategis bagi koperasi karena sudah memiliki basis anggota yang dapat dijadikan sebagai nasabah tetap, dan yang paling penting adalah koperasi mampu menghadirkan sebuah layanan transaksi secara online sesuai dengan kebutuhan era saat ini," imbuh Diah.[zid/ito]


Ekonomi & Migas

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more