21:00 . KPU Sudah Terima LHKPN Bacabup-Bacawabup dari KPK   |   20:00 . Panen Raya, Harga Jagung Turun   |   19:00 . Pemerintahan Jokowi Klaim Mampu Wariskan Ekspor Kebutuhan Pokok   |   18:00 . Uji Laboratorium, DLH Datangi Lokasi Sumur Tiban   |   17:00 . Mayat Mr.X Tertelungkup di Bibir Sungai Bengawan Solo   |   16:00 . Saat Gubernur Sambutan, Tiang Tarup Jatuh Tertiup Angin   |   15:00 . Usai Ditanami Pisang, Jalan Langsung Diperbaiki   |   14:00 . Mentan: Kita Cari Solusi Agar Petani Masih Untung   |   13:00 . Holding BUMN Migas Akan Dibentuk Minggu ini   |   12:00 . Menteri Pertanian RI Lakukan Panen Raya di Kanor   |   11:00 . Bojonegoro Kekurangan Guru BK dan Bahasa Indonesia   |   10:00 . Pemdes Semanding Sayangkan Aksi Tanam Pisang   |   09:00 . Akan Temui Mentan, Petani Kanor Tolak Impor Beras   |   08:00 . Ketemu Audry yang Tidak Bisa Tidur   |   07:00 . Masa Remaja Jaman Now Dimulai Usia 10 Tahun Hingga 24 Tahun   |  
Tue, 23 January 2018
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 12 November 2017 15:00:44

Kuatkan Koperasi, Dekopinda Tandatangani Kerjasama Dengan BRI

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Sebagai wadah koperasi di Kabupaten Bojonegoro, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bojonegoro melakukan berbagai penguatan koperasi yang menjadi anggotanya. Salah satunya dengan membuat kerjasama dengan BRI ditandai dengan penandatangan yang dilanjutkan dalam pembahasan teknisnya.

Pasalnya di Kota Ledre memiliki potensi strategis dalam hal perkembangan koperasi yang secara kuantitatif selalu meningkat setiap tahunnya. sesuai data yang tercatat saat ini di Dinas Koperasi dan usaha menengah, jumlah koperasi di Bojonegoro ada sebanyak 1.236 koperasi.

Namun dari data tersebut tidak semua koperasi yang aktif, dari koperasi yang aktif itu kebanyakan mengalami permasalahan berupa terbatasnya permodalan dan kurangnya inovasi usaha yang dijalankan oleh koperasi. "Atas dasar itulah Dekopinda Kabupaten Bojonegoro sebagai lembaga representasi gerakan koperasi bertekad membantu koperasi untuk memecahkan permasalahan diatas," kata Ketua Dekopinda Kabupaten Bojonegoro, Sriyadi Purnomo.

Salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan temu usaha, membentuk jaringan retail antar koperasi yang sudah dilaksanakan oleh Dekopinda. Termasuk Dekopinda bekerjasama dengan BRI Cabang Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan fasilitasi penguatan permodalan dan pengembangan usaha koperasi yang dihadiri oleh 110 pengurus dari berbagai koperasi di Bojonegoro yang diundang pada acara tersebut.

"Kegiatan dilaksanakan bertujuan agar gerakan koperasi di Bojonegoro tidak hanya fokus pada kegiatan simpan pinjam saja, akan tetapi juga agar bagaimana mampu menangkap peluang usaha yang potensial. Serta selalu berinovasi terhadap perkembangan jaman agar koperasi tidak tertinggal dengan pelaku usaha lainnya," jelasnya.

Sehingga melalui kerjasama ini BRI dihadirkan sebagai mitra strategis, supaya koperasi memiliki akses dalam pengembangan usaha maupun dalam hal penguatan permodalan.

Sementara itu, Sunarini perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Menengah menuturkan, kegiatan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh koperasi. Selain itu Dekopinda selama ini mampu menunjukkan eksistensinya terutama dalam hal kegiatan fasilitasi dan menginisiasi kerjasama antar koperasi maupun kerjasama dengan pihak lainnya yang bersifat strategis.

"Semoga kegiatan ini bisa menghasilkan manfaat bagi gerakan koperasi dan kami yang ada di Dinas Koperasi memberikan respon positif, apabila koperasi yang hadir pada acara ini mampu menangkap peluang untuk mengembangkan usahanya," imbuhnya.

Sedangkan perwakilan BRI Cabang Bojonegoro, Diah Anggreani dan Bagus Wijayanto menyambut positif kerjasama ini. Sehingga berbagai informasi secara teknis tentang penguatan permodalan sekaligus mensosialisasikan program BRIlink yang dapat dimanfaatkan oleh gerakan koperasi guna mengembangkan usahanya.

"Koperasi akan mendapatkan kemudahan berupa transaksi keuangan secara real time online, dapat melayani pembayaran listrik, pulsa dan lain-lain serta berbagai manfaat lainnya," kata Diah.

Ditambahkan, selain itu koperasi yang memanfaatkan program ini tidak membutuhkan modal besar, akan mendapatkan sharing fee, komisi dan bantuan peralatan EDC (Electronic Data Capture) dari BRI.

"Program ini sangat strategis bagi koperasi karena sudah memiliki basis anggota yang dapat dijadikan sebagai nasabah tetap, dan yang paling penting adalah koperasi mampu menghadirkan sebuah layanan transaksi secara online sesuai dengan kebutuhan era saat ini," imbuh Diah.[zid/ito]


Ekonomi & Migas

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 27 December 2017 16:00:00

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah Wartawan media blokTuban.com, Moch. Nur Rofiq meraih juara dua lomba menulis berita desa wisata berbasis sedekah tepatnya Desa Guwoterus, Kacamatan Montong, Kabupaten Tuban. Lomba yang dihelat desa produktif binaan Baznas Kabupaten Tuban dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tabungan Akhirat itu berlangsung pada Kamis (21/12/2017) kemarin.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 04 January 2018 06:00:00

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian Rabu malam (3/1/2018), bertempat di RT.013/RW.006 Dukuh Kedunggampeng Desa/Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Ranting Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Temayang mengadakan peringatan hari lahir (Harlah) PSNU Pagar Nusa yang ke-32 dan tasyakuran.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more