21:00 . KPU Sudah Terima LHKPN Bacabup-Bacawabup dari KPK   |   20:00 . Panen Raya, Harga Jagung Turun   |   19:00 . Pemerintahan Jokowi Klaim Mampu Wariskan Ekspor Kebutuhan Pokok   |   18:00 . Uji Laboratorium, DLH Datangi Lokasi Sumur Tiban   |   17:00 . Mayat Mr.X Tertelungkup di Bibir Sungai Bengawan Solo   |   16:00 . Saat Gubernur Sambutan, Tiang Tarup Jatuh Tertiup Angin   |   15:00 . Usai Ditanami Pisang, Jalan Langsung Diperbaiki   |   14:00 . Mentan: Kita Cari Solusi Agar Petani Masih Untung   |   13:00 . Holding BUMN Migas Akan Dibentuk Minggu ini   |   12:00 . Menteri Pertanian RI Lakukan Panen Raya di Kanor   |   11:00 . Bojonegoro Kekurangan Guru BK dan Bahasa Indonesia   |   10:00 . Pemdes Semanding Sayangkan Aksi Tanam Pisang   |   09:00 . Akan Temui Mentan, Petani Kanor Tolak Impor Beras   |   08:00 . Ketemu Audry yang Tidak Bisa Tidur   |   07:00 . Masa Remaja Jaman Now Dimulai Usia 10 Tahun Hingga 24 Tahun   |  
Tue, 23 January 2018
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 November 2017 10:00:28

Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB)

PEPC Tuntaskan Akusisi PI EMCL di JTB

PEPC Tuntaskan Akusisi PI EMCL di JTB

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sempat tertunda, akhirnya akuisisi atau bisa juga disebut alih kelola penyertaan modal (Participating Interest/PI) dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ke PT Pertamina EP Cepu (PEPC) di Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) tuntas dilakukan beberapa hari lalu. Penandatanganan dokumen-dokumen melibatkan banyak pihak yang berkepentingan di Lapangan Gas dengan prediksi gas jual sebesar 172 MMSCFD (Million Matric Standard Cubic Feet per Day) atau Juta Standar Kaki Kubik per Hari (gas).

Diantara dokumen yang selesai ditanda tangani adalah amandemen Unitization Agreement (UA) & Unit Operating Agreement (UOA), Joint Operating Agreement (JOA) dan terminasi Cepu Gas Marketing Agreement (CGMA), serta penandatanganan dokumen Settlement Agreement (SA) yang dilakukan oleh pihak PEPC, EMCL dan Ampolex.

Data blokBojonegoro.com menyebutkan, pihak-pihak yang terlibat dalam tanda tangan dokumen tersebut antara lain Direktur Utama (Dirut) PEPC, Adriansyah, President Director EMCL, Daniel L. Wieczynski, Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, Dirut PT Asri Dharma Sejahtera, Ganesha H. Askari, Dirut PT Petrogas Jatim Utama Cendana, Heru Pramono, Dirut PT Blora Patragas Hulu, Imam Mukhyar, dan Dirut PT Sarana Patra Hulu Cepu, Muhamad Iqbal. Penandatanganan juga turut disaksikan oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Syamsu Alam dan Direktur Gas PT Pertamina (Persero), Yenni Andayani.

Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Syamsu Alam mengatakan bahwa proyek lapangan gas JTB merupakan proyek strategis pemerintah, meski dalam perjalanannya proyek ini menemui beberapa kendala, namun dengan adanya penandatanganan SA yang telah dilakukan, maka proyek JTB telah melangkah maju, dan pengerjaan EPC bisa segera dimulai.

"Kami meminta dukungan kepada EMCL, BUMD, dan pemangku kepentingan baik di daerah maupun di pusat agar proyek JTB dapat berjalan lancar," katanya.

Dikatakan jika ke depan, perjalanan masih panjang, PEPC akan bekerja sama dengan Direktorat Gas, PEP, dan pihak terkait lainnya, karena JTB merupakan proyek terbesar di Direktorat Hulu saat ini. Oleh karenanya, PEPC sebagai anak perusahaan yang akan mengeksekusi proyek ini diminta untuk memperhatikan faktor Health, Safety, Security, Environment (HSSE), dimana banyak tenaga kerja yang terlibat dalam pengerjaannya. Selain itu, Project Management JTB juga harus memperhatikan ketepatan waktu dan biaya agar dapat terkontrol sehingga deviasi yang nantinya muncul tidak terlalu besar.

Sementara President Director EMCL, Daniel L. Wieczynski, menyampaikan ucapan terima kasih atas support dan kerja sama dalam pengelolaan sumber energi yang ada di Indonesia terutama di Blok Cepu. EMCL merasa bangga, excited, dan memberikan apresiasi atas keberhasilan proyek sebelumnya (Lapangan Banyuurip), dimana proyek tersebut dapat melampaui target yang telah ditentukan. Untuk Lapangan Gas JTB, dinilai merupakan proyek besar yang penuh dengan tantangan, maka dia berharap agar bisa meningkatkan kerjasama dengan lebih baik dan menggunakan profesionalisme tinggi agar pengerjaaan proyek sesuai dengan perencanaan.

Seperti diketahui, Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) merupakan lapangan unitisasi antara lapangan Jambaran yang masuk wilayah kerja (WK) Cepu dan lapangan Tiung Biru yang masuk WK Pertamina EP. Berdasarkan Surat Menteri MESDM No. 9/13/MEM.M/2017 kepada Dirut PT Pertamina (Persero) pada tanggal 3 Januari 2017 perihal pengembangan Lapangan JTB, dan tanggapan Surat Dirut PT Pertamina (Persero) No. 012/C00000/2017-SO kepada MESDM pada tanggal 13 Januari 2017 perihal pengembangan lapangan JTB, bahwa PT Pertamina (Persero) c.q. PEPC selaku operator lapangan JTB siap secara penuh melaksanakan pengembangan lapangan JTB.

Pertamina terus berupaya melakukan efisiensi agar harga gas dari JTB dapat memenuhi harapan pasar. Dengan berbagai langkah efisiensi, PEPC berhasil memangkas Capex dari POD Revisi 2015 senilai USD 2.056 Juta menjadi USD 1.547 Juta (tidak termasuk nilai akuisisi alih kelola) dan nantinya kapasitas dari plant yang akan dibangun sebesar 330 MMSCFD dengan mendapatkan produksi sales gas sebesar 172 MMSCFD dan masa plateau 16 tahun. Proyek JTB diperkirakan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi sekitar 6.000 tenaga kerja pada puncak pelaksanaan proyek. [ito/mad]


Ekonomi & Migas

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 27 December 2017 16:00:00

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah Wartawan media blokTuban.com, Moch. Nur Rofiq meraih juara dua lomba menulis berita desa wisata berbasis sedekah tepatnya Desa Guwoterus, Kacamatan Montong, Kabupaten Tuban. Lomba yang dihelat desa produktif binaan Baznas Kabupaten Tuban dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tabungan Akhirat itu berlangsung pada Kamis (21/12/2017) kemarin.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 04 January 2018 06:00:00

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian Rabu malam (3/1/2018), bertempat di RT.013/RW.006 Dukuh Kedunggampeng Desa/Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Ranting Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Temayang mengadakan peringatan hari lahir (Harlah) PSNU Pagar Nusa yang ke-32 dan tasyakuran.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more