13:00 . PPDB Hari Pertama Terganggu Server Eror   |   12:00 . Mei Ini, Bantuan Beras Rastra Beralih ke BPNT   |   11:00 . Cerita Literasi di SD Tasikharjo dan Remen   |   10:00 . Puasa, Pengunjung Pameran di Gedung UMKM Sepi   |   09:00 . Ditinggal Ngantar Masuk Kos, Motor Raib   |   08:00 . Berduaan di Pantai Tuban Saat Malam, Pelajar Bojonegoro Diamankan   |   07:00 . Tertawa Bisa Bikin Kita Lebih Produktif, Menurut Sains   |   21:00 . Menyamar Jadi Hidung Belang, Polisi Berhasil Ciduk WTS   |   20:00 . Pastikan Spek Bangunan, Dewan Akan Cek Lokasi   |   19:00 . Buka Bersama, Dandim Ingatkan Pemuda Waspada Penjajah   |   18:00 . Dirut PEPC: Proyek di Bojonegoro yang Paling Harmonis   |   17:00 . Junub Sebelum Sahur, Mandi Dulu Apa Langsung Makan?   |   16:00 . Ingin Jalan-Jalan? Tengok Suasana Pasar Takjil di Malo Yuk!!   |   15:00 . Safari Ramadan, PEPC Santuni Anak Yatim   |   14:00 . Diakui Keluarga Diketahui Warga Dander   |  
Fri, 25 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 12 January 2018 10:00:00

Efektifkah Operasi Pasar Turunkan Harga Beras?

Efektifkah Operasi Pasar Turunkan Harga Beras?

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Melambungnya sejumlah harga kebutuhan pokok tak terkecuali harga beras yang melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah sebesar Rp9.500, membuat masyarakat Bojonegoro kian menjerit.

Menganggapi mahalnya beberapa kebutuhan pokok, Badan Urusan Logistik (Bulog) angkat bicara. Saat ditemui blokBojonegoro.com, Kasi Operasional dan Pelayanan Publik, Bulog Sub Divre Bojonegoro, Rahardian mengatakan, mahalnya harga beras saat ini salah satu faktornya adalah pasokan gabah dari petani harganya sudah cukup tinggi sekitar Rp5.700.

"Namun untuk stok beras sendiri masih cukup," imbuh Rahardian.

Untuk mengatasi masalah harga yang tinggi, pihak Bulog telah melakukan operasi pasar sebagai stabilitas pengendalian harga di pasaran, dan operasi pasar itu bekerjasama dengan mitra bulog di setiap kecamatan.

"Operasi pasar itu hanya untuk beras saja yang harga jualnya di bawah HET," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Operasi pasar yang dilakukan Bulog hingga akhir tahun 2017 lalu diperpanjang hingga 31 Januari 2018, karena melihat kondisi di lapangan harga sejumlah kebutuhan pokok sampai awal tahun 2018 ini masih tinggi.

"Perpanjangan operasi pasar itu berdasarkan surat dari Kementerian Perdagangan terbaru,"  tandasnya.

Terpisah, salah satu warga penyedia jasa katering yang ada di Kota Bojonegoro, Leni mengatakan, bahwa kenaikan harga kebutuhan pokok terutama beras dirasa sangat berat. Bagaimana tidak, para pembeli pasti tak akan menyetujui apabila harga katering dinaikkan. Sehingga para pengusaha katering harus pintar-pintar memutar otak menyikapi kebutuhan pokok yang naik.

"Kalau mengurangi takaran nasi tentu tidak mungkin. Solusinya ya mengurangi tenaga karyawan, yang sebelumnya biasa dibantu 3 sampai 4 orang, sekarang ini hanya dua orang," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Saat ditanya terkait dampak operasi pasar untuk menurunkan harga kebutuhan pokok, menurut Leni, dampaknya hampir tidak terasa, lantaran yang membuat mahal harga itu adalah para tengkulak.

"Operasi pasar kok ga berdampak banyak menurunkan harga," katanya.

Disisi lain, menurut pedagang beras yang berada di Jalan Kartini, Dimas Kurniawan, saat ini harga beras dengan kualitas rendah dikisaran Rp10.600 perkilogram, sedangkan untuk kualitas terbaik menyentuh harga Rp12.500. Prediksinya, antara satu hingga dua minggu lagi diperkirakan harga beras akan kembali turun, lantaran beberapa petani di wilayah selatan sudah akan melakukan panen padi.

Disamping itu, kata Dimas, tidak bisa dipungkiri bahwa yang bisa menurunkan harga kebutuhan pokok yang semakin melambung hanyalah panen dari para petani. "Kalau operasi pasar itu tidak terlalu berdampak menurunkan harga, karena setelah operasi selesai maka di toko-toko harga akan tetap tinggi," papar Dimas. [saf/mu]
 


Ekonomi & Migas

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more