19:00 . Ha....Bawang Merah 'Palsu' Sempat Beredar di Bojonegoro   |   18:00 . KPUD: Logistik Pilkada Sudah Tersalurkan ke Tiga Daerah Terpencil   |   17:00 . PPDB Offline Jalur Prestasi Dibuka Hari Ini   |   16:00 . RJJ Segera Mulai Pembukaan Lahan Pipa Gas GPF JTB   |   15:00 . Beredar Bawang Merah Palsu, Masyarakat Harus Jeli   |   14:00 . Ijazah SD Ditandatangani Kasek yang Merangkap, ini Kata Disdik   |   13:00 . Pasca Lebaran, Masyarakat Bojonegoro Ramai-ramai Cari Kerja   |   12:00 . Pipa PDAM di Ngunut Bocor, Distribusi Terganggu   |   11:00 . Cabdindik Bojonegoro Gelar Halal Bil Halal   |   10:00 . Gandeng Muslimat NU, MPR RI Kuatkan 4 Pilar   |   09:00 . Keluar Zona Nyaman, Dulu Model Kini Jadi Perias Profesional   |   08:00 . Hari Tenang, Panwakab Awasi Money Politik   |   07:00 . 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering   |   20:00 . Berat, Inilah Lawan Bojonegoro FC U-17 di Grup J   |   19:00 . Masa Tenang, Satpol PP Bersihkan APK   |  
Tue, 26 June 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 14 May 2018 17:00:07

Pemerintah Tenggat Pertamina Teken 8 Blok Terminasi Mei

Pemerintah Tenggat Pertamina Teken 8 Blok Terminasi Mei

Reporter/Sumber: Parto Sasmito/katadata.co.id

blokBojonegoro.com -
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ingin penandatanganan kontrak blok minyak dan gas bumi (Migas) yang akan berakhir tahun ini dapat terlaksana Bulan Mei. Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) meminta waktu dua bulan untuk menandatangani delapan blok yang habis kontrak tersebut.

Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM Djoko Siswanto mengatakan kontrak belum bisa ditandatangani karena Pertamina masih meminta pendapat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Kejaksaan Agung. “Saya suruh teken paling telat Mei 2018,” katanya.

Menurut Djoko, Pertamina meminta pendapat dari dua lembaga itu untuk menerjemahkan maksud dari skema business to business (B to B) mengenai pembagian hak kelola dengan mitra eksisting. Skema itu nantinya akan menentukan dalam penandatangan kontrak.

Djoko juga mengatakan Pertamina ingin meminta pendapat mengenai proses jual beli hak kelola di blok tersebut kepada mitra eksisting. Perusahaan pelat merah rencananya ingin menjual hak kelola kepada mitra eksisting sebelum kontrak diteken.

Namun, menurut Djoko hal itu tidak bisa dilakukan karena sebelum kontrak diteken, blok migas itu masih menjadi milik negara. Namun, setelah kontrak diteken, Pertamina bisa menjual hak kelolanya.  “Dia mau jual wilayah kerja yang belum miliknya ya tidak bisa. Itu masih milik negara,” ujar dia.

Pemerintah sebenarnya berharap ketika PT Pertamina (Persero) menggandeng mitra itu produksi tidak turun, bukan untuk jual beli hak kelola. Ini karena mitra eksisting lebih mengenal wilayah kerja yang sebelumnya digarap.

Atas dasar itu, Djoko menilai seharusnya Pertamina dan mitra eksisting memiliki kedudukan yang setara dalam hukum. “Pertamina ini dalam hukum sama. Harus equal, mereka hanya bayar signature bonus. Tidak jual participating interest, kecuali nanti sudah tanda tangan kontrak,” ujar dia.

Pada awal April 2018, Kementerian ESDM telah menyampaikan skema Pertamina dan mitra eksisting di blok terminasi itu kepada Komisi VII DPR RI. Dari delapan blok yang akan berakhir, Pertamina akan bermitra hanya di empat blok.

Di Tuban, Pertamina melalui PT Pertamina Hulu Energi Tuban East Java akan bermitra dengan PetroChina International Java Ltd. Di Blok Ogan Komering, PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering bermitra dengan Jadestone Energy (Ogan Komering) Ltd.

Di Blok Sanga-sanga PT Pertamina Hulu Sanga-Sanga akan bermitra dengan PT Karunia Utama Perdana dan OPICOIL Houston Inc. Di Southeast Sumatra, PT Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra akan bermitra dengan PT GHJ SES Indonesia.

Adapun North Sumatra Offshore akan dikelola PT Pertamina Hulu NSO. Blok East Kalimantan dan Attaka dikelola PT Pertamina Hulu Kalimantan Timur. Sedangkan Blok Tengah akan digabung dengan Mahakam yang dikelola PT Pertamina Hulu Mahakam. [mu]


Ekonomi & Migas

Video bB

Redaksi

  • Friday, 15 June 2018 01:00:00

    Selamat Hari Raya Idul Fitri

    Selamat Hari Raya Idul Fitri Tak terasa Ramadan begitu cepat waktu berlalu. Masih teringat saat salat Tarawih pertama kita, makan sahur dan berbuka puasa pertama kita.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more