16:00 . Tahun Ini Diprediksi Panen Tembakau Capai 10 Ribu Ton   |   15:00 . Lho..! di Dapil Ini Ada Partai Tanpa Bacaleg?   |   14:00 . Diduga Gangguan Jiwa, Perempuan Paruh Baya Diamankan   |   13:00 . Akhir Pekan Harga Emas Naik Rp5.000/Gram   |   12:00 . Dianggap Rendahkan Pesilat, IPSI Bojonegoro Kecam Pernyataan Menteri ESDM   |   11:00 . Diduga Dibakar, Pohon Roboh Tutup Jalan Temayang-Bubulan   |   10:00 . Kawal Persibo, Ratusan Suporter Away ke Blitar   |   09:00 . 4 Kali Kebakaran Hutan, Adm Perhutani Ancam Pidanakan Pelaku   |   08:00 . Nasib di Tangan Persedikab dan Perspa, Awas Ada Pengaturan Skor   |   07:00 . Punya Sahabat Sangat Penting Bagi Kesehatan Mental   |   06:00 . Nightmares   |   21:00 . Sempat Rp37.000 Perkilogram, Harga Daging Ayam Kini Turun   |   20:00 . Bersaing Ketat, Dapil V Dominasi Jumlah Bacaleg   |   19:00 . Diduga Dilakukan Oknum, Hutan KPRH Ringinanom Terbakar   |   18:00 . Dies Natalis ke 9, STIKes ICsada Gelar Safari Sosial   |  
Sat, 21 July 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 07 January 2018 13:00:58

Beli HP Pakai Uang Palsu, Pemuda Pacul Ditangkap Polisi

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Peredaran uang palsu di Kabupaten Bojonegoro semakin marak, setelah tiga pelaku diamankan Polsek Sumberejo, seorang pemuda, MK (20) warga Jalan Kapten Sidik Gang Lawak Desa Pacul Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro juga diamankan karena kedapatan membeli HP menggunakan uang palsu.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro menuturkan, modus operandi pelaku awalnya memantau postingan jual beli HP online yang diunggah di media group Facebook Etalase Online. Setelah pelaku menemukan ada yang menjual HP, selanjutnya pelaku mengajak korban untuk melakukan transaksi jual beli di tempat yang ditentukan dan pembayarannya oleh pelaku menggunakan uang rupiah palsu.

Hasilnya dua korban yaitu, pertama Wahyu Wicaksono, korban melakukan transaksi jual beli HP dengan pelaku, Jumat (1/12/2017) sekira pukul 20.00 WIB di ruko barat Pom Bensin Jetak dan melaporkan kejadian tersebut Sabtu (2/12/2017). Serta korban Sohibul Ibad melakukan transaksi jual beli HP dengan pelaku pada hari Selasa (19/12/2017) sekira pukul 20.00 WIB di Jalan Lisman Kelurahan Campurejo Kecamatan /Kabupaten Bojonegoro dan melaporkan, Rabu (20/12/2017).

"Pelaku berhasil diamankan oleh petugas setelah melakukan aksinya di dua tempat dan dua korban di Kota Bojonegoro," tutur Kapolres Wahyu.

"Setiap transaksi dengan korban, pelaku menggunakan akun Facebook dan Whatsapp palsu supaya tidak mudah dilacak keberadaannya," terang Kapolres.

Kapolres Wahyu menerangkan, kronologis penangkapan pelaku bermula dengan adanya kejadian yang dilaporkan oleh para korban. Selanjutnya petugas melakukan pendalaman penyelidikan, untuk mengungkap perkara tersebut melalui HP milik pelaku yang digunakan dalam melakukan transaksi jual beli HP.

"Selanjutnya pada hari Jumat kemarin, petugas berhasil mengamankan pelaku di rumahnya," jelas Kapolres.

Ditambahkan, setelah dilakukan penangkapan pelaku, kemudian diketahui bahwa berdasarkan alat bukti yang cukup pelaku diketahui sebagai pelaku yang mengedarkan uang rupiah palsu terhadap para korban.

Atas dasar tersebut, selanjutnya pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polres Bojonegoro untuk dilakukan pengembangan dan menjalani proses penyidikan lebih lanjut. Barang bukti yang berhasil diamankan oleh petugas yaitu uang palsu pecahan Rp50.000 sebanyak 44 lembar yang disita dari korban Wahyu Wicaksono, uang palsu pecahan Rp50.000 sebanyak 24 lembar yang disita dari korban Sohibul Ibad dan sebuah HP Merk NTC warna silver milik pelaku yang digunakan untuk berkomunikasi dengan para korban.

"Saat ini pelaku dilakukan penyidikan oleh penyidik Sat Reskrim Polres Bojonegoro dan dititipkan di sel tahanan Mapolsek Bojonegoro Kota," imbuh Kapolres.

Berdasarkan hal tersebut, pelaku disangkakan dengan Pasal 36 UU RI No 7 tahun 2011 tentang Mata Uang jo. Pasal 64 KUHP oleh penyidik dengan ancaman hukuman 15 tahun penjara. [zid/lis]


Hukum & Kriminal

Video bB

Redaksi

  • Friday, 20 July 2018 15:00:32

    LoKer Reporter blokMedia Group

    LoKer Reporter blokMedia Group Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat belakangan ini dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter di lapangan.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more