19:00 . Pendma Kemenag Provinsi Pantau UNBK MTsN Bojonegoro   |   18:00 . Bantu Petani, Kosgoro Beri Bantuan Traktor   |   16:00 . APK Melanggar di Pekarangan Rumah Pun Ditertibkan   |   15:00 . Undang Insan Pers, Danrem Ajak Perangi Hoax   |   14:00 . Siswi Kelas 3 SD ini Ikut Lomba Rias Tiga Kabupaten   |   13:00 . 24 Perias Tiga Kabupaten Ikuti Perlombaan di Bojonegoro   |   12:00 . 3 SMP Menumpang Pelaksanaan UNBK di SMKN Dander   |   11:00 . Panwaskab Bersihkan APK yang Dinilai Melanggar   |   10:00 . Mencari Rumput, Warga Temayang Meninggal di Sambar Petir   |   09:00 . Ada Kendala Teknis dari Pusat, Siswa Sempat Panik   |   08:00 . 17.828 Siswa SMP/MTs Hari Ini Dimulai UNBK   |   07:00 . Simak, Tips Aman Santap Makanan Berkolesterol   |   06:00 . Ingin Jadikan Dander Kota ke Dua Setelah Bojonegoro   |   21:00 . Tentukan Sikap Sendiri, PKS Bojonegoro Dukung Mulyo-Atine   |   20:00 . Ditahan Imbang Blitar Poetra 1-1, Jordi Kartiko Kecewa   |  
Tue, 24 April 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 05 March 2018 09:00:00

Simpan Hasil Penipuan, Rumah Kontrakan di Balen Digrebek

Simpan Hasil Penipuan, Rumah Kontrakan di Balen Digrebek

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Sebuah rumah kontrakan di Dusun Karanglo RT.02/RW.01 Desa Kemamang Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro, digrebek pihak kepolisian.

Penggrebekan yang dilakukan Polres Bojonegoro dan Polres Sleman itu lantaran kontrakan tersebut dijadikan tempat penyimpanan barang hasil penipuan.

Hasil penggerebekan diamankan beberapa barang bukti yaitu 400 dos granit, 3 buah spring bed dan 4 bal sarung, ketiga jenis barang tersebut sementara dibawa ke Polres Sleman. Sementara itu barang bukti lain masih ada di TKP yaitu garam sebanyak 5 ton, 2 buah mesin pom mini, berbagai jenis furniture dan barang-barang lainnya yang merupakan hasil kejahatan.

Sedangkan identitas pelaku, SM (38) warga Desa Sumberjo Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember yang mengontrak rumah itu, dan EV (55) merupakan ibu kandung pelakau SM. Namun saat penggerebakan pelaku SM berhasil melarikan diri terlebih dahulu, untuk EV berhasil diamankan oleh petugas dan saat ini menjalani pemeriksaan di Polres Sleman.

Menurut Kasat Reskrim Polres Bojonegoro, AKP Daki Dzul Qurnain, penggerebekan terhadap gudang milik H. Muntholib yang dikontrak oleh tersangka SM sejak Januari 2018 itu dengan biaya sewa sebesar Rp2 juta rupiah selama setahun. Penggerebekan dilakukan oleh tim Resmob Polres Sleman Polda DIY yang dipimpin oleh Iptu Dandung Prayidina dengan dibantu dan didampingi oleh anggota Polres Bojonegoro dan anggota Polsek Balen.

"Penggerebekan ini dilakukan karena berdasarkan keterangan dari tersangka lain yang berhasil ditangkap oleh tim Resmob Polres Sleman, di gudang tersebut merupakan sebagai tempat penyimpanan barang hasil kejahatan penipuan atau penggelepan," jelasnya.

Kasat menuturkan, modus operandi para pelaku saat melancarkan aksinya yaitu dengan cara membuat CV atau badan perizinan lainnya yang fiktif. Kemudian memesan barang kepada korbannya secara online dengan metode pembayaran melalui giro kosong.

"Setelah barang diterima, kemudian CV atau badan perizinan lainnya yang fiktif tersebut membubarkan diri. Barang hasil kejahatan disimpan di gudang tersebut," tuturnya.

Setidaknya barang yang disimpan di rumah kontrakan tersebut bernilai sekitar Rp354 juta. Sementara itu para pelaku yang saat ini menjalani proses penyidikan di Polres Sleman oleh penyidik akan dikenakan dengan pasal 378 dan 372 KUHP tentang penggelapan dan penipuan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara. [zid/mu]


Hukum & Kriminal

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 22 April 2018 10:00:41

    Sambut Ramadan, Kahmi Bojonegoro Bahas Isu Kekinian

    Sambut Ramadan, Kahmi Bojonegoro Bahas Isu Kekinian Korp Alumni HMI (Kahmi) Bojoneggoro melakukan persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Kesiapan itu ditunjukan dalam perkumpulan bersama Kahmi se Bojonegoro, Sabtu (21/4/2018) malam di Jalan Kolonel Sugiono.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more