19:00 . Ha....Bawang Merah 'Palsu' Sempat Beredar di Bojonegoro   |   18:00 . KPUD: Logistik Pilkada Sudah Tersalurkan ke Tiga Daerah Terpencil   |   17:00 . PPDB Offline Jalur Prestasi Dibuka Hari Ini   |   16:00 . RJJ Segera Mulai Pembukaan Lahan Pipa Gas GPF JTB   |   15:00 . Beredar Bawang Merah Palsu, Masyarakat Harus Jeli   |   14:00 . Ijazah SD Ditandatangani Kasek yang Merangkap, ini Kata Disdik   |   13:00 . Pasca Lebaran, Masyarakat Bojonegoro Ramai-ramai Cari Kerja   |   12:00 . Pipa PDAM di Ngunut Bocor, Distribusi Terganggu   |   11:00 . Cabdindik Bojonegoro Gelar Halal Bil Halal   |   10:00 . Gandeng Muslimat NU, MPR RI Kuatkan 4 Pilar   |   09:00 . Keluar Zona Nyaman, Dulu Model Kini Jadi Perias Profesional   |   08:00 . Hari Tenang, Panwakab Awasi Money Politik   |   07:00 . 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Kepala Kering   |   20:00 . Berat, Inilah Lawan Bojonegoro FC U-17 di Grup J   |   19:00 . Masa Tenang, Satpol PP Bersihkan APK   |  
Tue, 26 June 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 09 June 2018 09:00:00

Dua Hari Jadi Tahanan PN, 3 Oknum Kades Dipulangkan

Reporter: Sutopo
 
blokBojonegoro.com  - Kabar mengejutkan datang dari pengadilan negeri (PN) Bojonegoro, Jumat (8/6/2018). Tiga oknum kades yang menjadi tahanan PN sejak Rabu (6/6/2018), kini diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.
 
Tiga oknum kades tersebut adalah Kades Sedah Kidul Kecamatan Purwosari CH, Kades Kuniran Kecamatan Purwosari MYD, dan Kades Kedungrejo Kecamatan Malo M.
 
Ketiga oknum kades tersebut ditahan di lapas Bojonegoro sejak Rabu (30/05/2018) oleh kejaksaan negeri Bojonegoro setelah ada pelimpahan dari penyidik kepolisian.
 
Selanjutnya, terdakwa dilimpahkan ke pengadilan negeri (PN) Bojonegoro pada Rabu (6/6/2018). Selang sehari menjadi tahanan PN Bojonegoro, tiba-tiba PN mengabulkan permohonan pengalihan penahanan tiga oknum kades tersebut.
 
"Untuk terdakwa CH yang menjamin istrinya, RM. Siap menjamin menghadirkan terdakwa setiap saat diperlukan dalam pemeriksaan persidangan," kata Humas PN Bojonegoro Isdaryanto.
 
Alasan lain pertimbangan dari majelis hakim adalah terdakwa tidak akan melarikan diri, tidak akan menghilangkan barang bukti, dan tidak akan mengulangi perbuatannya.
 
Atas pertimbangan-pertimbangan tersebut, Majelis Hakim yang dipimpin Pransis Sinaga, mengabulkan permohonan pengalihan penahanan dari tahanan rutan menjadi tahanan rumah.
 
Isdaryanto melanjutkan, untuk terdakwa M yang menjamin istrinya W. "Pertimbangan dalam penetapan pengalihan penahanan sama," imbuhnya.
 
Untuk terdakwa M juga dialihkan penahanan dari rutan ke tahanan rumah. Dengan pertimbangan ada surat permohonan pengalihan tahanan, ada jaminan dari istri, adanya perdamaian dengan korban, dan pencabutan laporan dari korban (Pertamina). 
 
"Serta adanya pernyataan di atas meterai bahwa yang bersangkutan tidak akan melarikan diri, mengulangi perbuatan, atau menghilangkan bukti," jelasnya.
 
Permohonan tersebut dikabulkan per tanggal 8 Juni 2018, permohonan masuk tanggal 6 Juni. Penahanan ini berlaku 30 hari sejak dilimpahkan, yaitu sampai tanggal 5 juli 2018. 
 
"Tapi status penahanan bisa berubah, tergantung pelaksanaan persidangan, terdakwa kooperatif atau tidak dan sebagainya," pungkasnya.
 
Seperti diketahui, dua oknum kades di Kecamatan Purwosari menjadi terdakwa dalam kasus penipuan dan penggelapan pada pelaksanaan pengisian perangkat desa di Kabupaten Bojonegoro.
 
Sedangkan oknum Kades Kedungrejo Kecamatan Malo M, menjadi terdakwa dalam kasus dugaan pencurian pipa milik Pertamina. [top/mu]

Hukum & Kriminal

Video bB

Redaksi

  • Friday, 15 June 2018 01:00:00

    Selamat Hari Raya Idul Fitri

    Selamat Hari Raya Idul Fitri Tak terasa Ramadan begitu cepat waktu berlalu. Masih teringat saat salat Tarawih pertama kita, makan sahur dan berbuka puasa pertama kita.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more