15:00 . Pelanggan Nonsubsidi Bisa Beralih ke Subsidi   |   14:00 . Pajak Kos untuk Meningkatkan Pendapatan   |   13:00 . Hanya Ada 35 Tempat Kos yang Terdata Bappeda   |   12:00 . Untuk Promosi, Senam Perwosi Digelar di Tempat Wisata   |   11:00 . Serunya Senam Perwosi di Atas Angin   |   10:00 . Kedelai, Jagung dan Kacang Tanah Pilihan Petani Dander   |   09:00 . 4 Laga Kandang Diharapkan Bisa Petik Poin Penuh   |   08:00 . Semua SPBU Akan Diwajibkan Jual Premium   |   07:00 . 5 Cara Bekerja Lebih Cerdas   |   23:00 . Inilah 20 Pemenang Lomba Desain Batik Gayam   |   22:00 . Kuswiyanto Hadiri Sedekah Bumi di Plimping   |   21:00 . Hasil Seleksi, Coach Putu Baru Kantongi 2 Pemain Baru   |   20:00 . Putaran Dua, Coach Putu Coret 4 Pemain Persibo   |   19:00 . PSP Purwosari Ungguli Persibo Seleksi   |   18:30 . Inilah Jadwal Persibo di Putaran 2 Liga 3   |  
Sat, 22 July 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Salafiyah No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 13 July 2017 13:30:00

Dukung Germas, Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

Dukung Germas, Tetapkan Bulan Deteksi Dini Kanker Serviks

Reporter: Maratus Shofifah

blokBojonegoro.com - Untuk memberikan dukungan gerakan masyarakat sehat (Germas) yang berfokus pada upaya promotif preventif, terutama terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan akan menyelenggarakan bulan deteksi dini kanker serviks.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Muhammad Masrur Ridwan mengatakan, pelaksanaan kegiatan deteksi dini melalui IVA/Papsmear ini adalah merupakan salah satu upaya unggulan untuk menekan prevalensi kanker serviks pada peserta JKN-KIS.

"Acara akan diselenggarakan tanggal 13 sampai 31 Juli 2017," ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BPJS Kesehatan menyediakan jaminan layanan deteksi dini kanker serviks kepada seluruh perempuan usia produktif yang telah menjadi peserta JKN-KIS, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama untuk pemeriksaan IVA Test dan Laboratorium yang bekerjasama untuk pemeriksaan Papsmear.

Layanan pemeriksaan IVA/Papsmear ini dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan, sehingga peserta JKN-KIS tidak perlu khawatir dengan biayanya. Jika setelah diperiksa dan peserta memerlukan penanganan lebih lanjut, maka akan dirujuk sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

"Semua telah terjamin," kata Masrur saat melakukan press release di kantor Kecamatan Kalitidu, Kamis (13/7/2017).

Sebagai informasi, kanker serviks tidak menimbulkan gejala dan sulit terdeteksi pada stadium awal, oleh karena itu sebaiknya lakukan skrining kesehatan melalui layanan kesehatan deteksi dini yang disediakan BPJS Kesehatan.

Berdasarkan data peserta BPJS Kesehatan secara nasional tahun 2016, jumlah kasus kanker serviks di tingkat pelayanan Rawat Jalan Tingkat Lanjutan (RJTL) mencapai 12.820 kasus, dengan total biaya sekitar Rp56,5 miliar, sementara di tingkat Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) tercatat ada 6.938 kasus dengan total biaya sekitar Rp87,1 miliar.

Kanker serviks, tambah Masrur, umumnya baru terdeteksi ketika sudah stadium lanjut, di mana proses pengobatan yang harus dilakukan menjadi lebih sulit dan biaya pengobatannya pun menjadi lebih mahal. Namun dibandingkan dengan jenis kanker lainnya, kanker serviks sebetulnya paling mudah dicegah dan dideteksi. Caranya dengan melakukan deteksi dini dan pemberian vaksinasi.

"Segera melakukan deteksi Dini sebelum terlambat," imbuhnya.

Pemeriksaan IVA/Papsmear merupakan metode pemeriksaan sederhana yang memiliki tingkat akurasi tinggi, aman serta nyaman bagi pasien. Sampai dengan Mei 2017, deteksi dini yang dilakukan BPJS Kesehatan dengan metode IVA telah berhasil menjangkau 101.097 peserta, sementara Papsmear berhasil menjangkau 93.263 peserta. [ifa/mu]


Infotorial

Video bB

Redaksi

  • Friday, 07 July 2017 22:00:33

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an Dana yang terkumpul dari para Blokers (Sebutan para pembaca blokBojonegoro.com) hasil kerja sama blokBojonegoro.com dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) diberikan kepada Srimaningsih (Ibu Naf'an). Rencananya, bantuan tersebut akan digunakan untuk berobat Anis, yang tidak lain adalah adik kandung dari Naf'an.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more