17:00 . Kang Yoto Ajak Joget Bersama di Negeri Atas Angin   |   16:00 . Forpimda Pasang Bendera Jumbo di Negeri Atas Angin   |   15:00 . Semester Kedua, Masyarakat Ramai-ramai Gadaikan Barang   |   14:00 . Komisi D: Mengkhawirkan, Perlintasan Tanpa Palang Perlu Dibangun   |   13:00 . Sering Kehilangan Poin, BFC Tak Tampilkan Pemain Terbaik   |   12:00 . Medan Pertempuran di Tuban Selatan   |   11:00 . Tujuh Bacabup Diundang Fit And Proper Test DPD PDI Jatim   |   10:00 . Forkopimda Upacara HUT Kemerdekaan di Negeri Atas Angin   |   09:00 . DPD PDIP Jatim Adakan Fit And Pro Proper Test Bacabup   |   08:00 . Tak Mau Kalah, Guru SMKN 5 Antusias Lomba Makan Kerupuk   |   07:00 . Rahasia Meracik Kopi Tubruk ala Barista   |   06:00 . Woww...! Produksi Minyak JOB PPEJ 8.600 BPH   |   21:00 . Meski Kemarau, Air di Wisata Growgoland Tak Berubah   |   20:00 . MTsN 1 Bojonegoro Semarakkan HUT RI dengan Berbagai Kegiatan   |   19:00 . Janji Dinikahi, Gadis 15 Tahun Disetubuhi Remaja Sumberrejo   |  
Fri, 18 August 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 19 July 2017 21:30:00

Yayasan Bina Swadaya Berdayakan Masyarakat Melalui RPK

Reporter: Nur Muharrom
 
blokBojonegoro.com - Seiring berjalannya usaha Koperasi Produsen Agribisnis (KPA) Makmur Sejahtera Bersama hasil dampingan EMCL melalui Yayasan Bina Swadaya,  bekerja sama dengan Bulog menjalankan  program Rumah Pangan Kita (RPK). RPK bertujuan menstabilkan harga pangan agar lebih murah dan terjangkau oleh masyarakat secara merata. 
 
Program RPK ini memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya harus di lahan sendiri dan memiliki modal awal Rp5 juta. Antusias masyarakat untuk mendirikan RPK tentunya akan diseleksi oleh pihak Bulog, sehingga akan menumbuhkan pelaku usaha yang benar-benar dari rakyat. KPA memastikan langkah untuk memegang kontrak kerja sama dengan Bulog untuk memberikan layanan kepada anggotanya melalui pendirian RPK di setiap KSM. 
 
KPA menginvestasikan dananya ke KSM yang layak mendirikan RPK. Pembagian keuntungan yang disepakati KPA dengan KSM yaitu 20 persen untuk KPA, 80 persen untuk KSM. Sementara, pembagian keuntungan di tingkat KSM yaitu 90 persen untuk pengelola RPK dan 10 persen untuk KSM. Kerja sama ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi anggota KPA dan KSM.  
 
Dalam menghadirkan layanan KPA dan KSM di awal, semua untuk kesejahteraan anggota saja. Jadi, dari anggota, oleh anggota untuk anggota. Saat ini titik berat pelayanan KPA dan KSM sudah mulai merambah masyarakat secara umum.
 
Hal senada juga diungkapkan oleh Kristanto Ari. Pendamping KPA dan CCO Program Livelihood Yayasan Bina Swadaya dan EMCL Bojonegoro ini berpendapat bahwa RPK nantinya juga menjadi starting point untuk outlet produk-produk yang dihasilkan KPA dan KSM. Jadi tidak hanya beras, gula, dan minyak dari Bulog, tetapi berbagai produk KPA dan KSM juga akan hadir melayani kebutuhan masyarakat sekitar.
 
“Target awal investasi KPA di RPK ini 100 kg gula dan 70 liter minyak. Program ini kedepan- nya sebagai upaya KPA memberdayakan KSM dan mempromosikan KPA dan KSM untuk seluruh masyarakat Bojonegoro,” tegas Kristanto Ari. [mu/lis]

Infotorial

Video bB

Redaksi

  • Friday, 07 July 2017 22:00:33

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an Dana yang terkumpul dari para Blokers (Sebutan para pembaca blokBojonegoro.com) hasil kerja sama blokBojonegoro.com dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) diberikan kepada Srimaningsih (Ibu Naf'an). Rencananya, bantuan tersebut akan digunakan untuk berobat Anis, yang tidak lain adalah adik kandung dari Naf'an.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 05 August 2017 10:00:46

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan Peternakan merupakan hal yang strategis untuk meningkatkan perekonomian, namun hal itu harus di lakukan dengan benar. Setidaknya, hal itu yang disampaikan dalam dialog OBOR yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gayam Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (4/8/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more