18:00 . Prospektif, Persaingan Pengembang Semakin Ketat   |   17:00 . Saat Ditemukan Bayi Masih Berwarna Putih dan Berdarah   |   16:30 . Bayi Sudah Ditemukan Sejak Pagi, Siang Baru Diangkat   |   16:00 . Didi Suryadi: Jangan Lupakan Sejarah Dalam Membangun Bangsa   |   15:00 . Cari Ikan, Warga Balen Temukan Mayat Bayi di Bengawan   |   14:00 . Laga Awal, Persibo Akan Berlaga Pada 4 Desember   |   13:00 . Puluhan Ribu Peserta Sudah Mendaftar   |   12:00 . Kang Yoto: Didiklah Anak dengan Kasih Sayang   |   11:00 . Hasil Akhir, Atlet Bojonegoro Bawa Pulang 11 Medali   |   10:00 . Dungus Surut, Debit Bengawan Mulai Turun   |   09:00 . Kesadaran Minim, 10 Orang Meninggal Akibat TB   |   08:00 . Hari ini Kemeriahan Bojonegoro Fashion Art Dimulai   |   07:00 . Inilah Cara Aquaman Membangun Ototnya   |   06:00 . Waspada, TMA Bengewan Solo Terpantau Naik   |   23:00 . Kosgoro Akan Gelar Jalan Santai Gratis   |  
Sat, 18 November 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 23 October 2017 11:00:01

Pertamina EP Asset 4 Cepu Field

Proses Lanjut, Gas H2S Menjadi Ramah Lingkungan

Proses Lanjut, Gas H2S Menjadi Ramah Lingkungan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - PT Pertamina EP berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan dan masyarakat di sekitar area operasi. Terutama terhadap lingkungan dan masyarakat yang berada di ring 1 Perusahaan.

Cepu Field Manager, Heru Irianto mengatakan, terkait dengan keluhan warga di sekitar pusat pengumpul produksi Menggung, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan sesuai hasil kesepakatan saat diskusi bersama yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, PT Pertamina EP Asset 4 Cepu telah melakukan identifikasi permasalahan dan perbaikan.

"Mohon dukungan atas upaya perbaikan yang sedang kami lakukan. Kami melakukan upaya perbaikan terhadap fasilitas operasi kami agar masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasi kami mendapatkan manfaat atas keberadaan kami", ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa salah satu yang dilakukan di Cepu Field adalah dengan memasang alat yang diperuntukkan mengolah gas ikutan dan limbah di lokasi Pusat Pengumpul Produksi Menggung untuk menjadi produk baru yang lebih ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan untuk industri.

Hari Rabu (17/10/2017) yang lalu sudah dilakukan pengambilan sampel gas dan limbah dari Pusat Pengumpul Produksi Menggung. Kemudian akan dilakukan tes di laboratorium yang tujuannya untuk mengetahui zat yang terkandung di dalamnya.

"Sehingga pemrosesan lanjutan dilakukan sesuai karakter zat tersebut", imbuhnya.

Metode ini, tambah Heru, telah diuji coba sebelumnya di PT Pertamina EP Asset 1 dan berhasil bahkan air limbah berupa air asin dapat dimurnikan dan bisa dimanfaatkan dengan kandungan TDS dibawah 5%.

Sementara itu, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, melalui pembinaan ibu - ibu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, dengan pembuatan Batik Krajan yang kini telah dikenal luas dan mulai berjalan mandiri serta dapat memberikan tambahan penghasilan dari aktifitas membuat Batik tersebut.

Program pemberdayaan masyarakat ini juga dilakukan di setiap wilayah operasi Pertamina EP Asset 4 Cepu Field hingga wilayah Bojonegoro & Tuban, seperti program peternakan terpadu & bank sampah yg telah menunjukkan kemajuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Semoga makin banyak program - program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti halnya yang telah berjalan", pungkas Heru.


Infotorial

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 12 November 2017 13:00:35

    HMI Cabang Bojonegoro

    LK1 Bina Mahasiswa Jadi Tangguh dan Kreatif

    LK1 Bina Mahasiswa Jadi Tangguh dan Kreatif Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bojonegoro melaksanakan Basic Training (LK1) yang dikemas dalam Leadership forum, di Lemcadika, Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/11/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more