14:00 . Hasil UNBK Siswa SMP di Bojonegoro Menurun   |   13:00 . PPDB Hari Pertama Terganggu Server Eror   |   12:00 . Mei Ini, Bantuan Beras Rastra Beralih ke BPNT   |   11:00 . Cerita Literasi di SD Tasikharjo dan Remen   |   10:00 . Puasa, Pengunjung Pameran di Gedung UMKM Sepi   |   09:00 . Ditinggal Ngantar Masuk Kos, Motor Raib   |   08:00 . Berduaan di Pantai Tuban Saat Malam, Pelajar Bojonegoro Diamankan   |   07:00 . Tertawa Bisa Bikin Kita Lebih Produktif, Menurut Sains   |   21:00 . Menyamar Jadi Hidung Belang, Polisi Berhasil Ciduk WTS   |   20:00 . Pastikan Spek Bangunan, Dewan Akan Cek Lokasi   |   19:00 . Buka Bersama, Dandim Ingatkan Pemuda Waspada Penjajah   |   18:00 . Dirut PEPC: Proyek di Bojonegoro yang Paling Harmonis   |   17:00 . Junub Sebelum Sahur, Mandi Dulu Apa Langsung Makan?   |   16:00 . Ingin Jalan-Jalan? Tengok Suasana Pasar Takjil di Malo Yuk!!   |   15:00 . Safari Ramadan, PEPC Santuni Anak Yatim   |  
Fri, 25 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 23 October 2017 11:00:01

Pertamina EP Asset 4 Cepu Field

Proses Lanjut, Gas H2S Menjadi Ramah Lingkungan

Proses Lanjut, Gas H2S Menjadi Ramah Lingkungan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - PT Pertamina EP berkomitmen untuk memperhatikan lingkungan dan masyarakat di sekitar area operasi. Terutama terhadap lingkungan dan masyarakat yang berada di ring 1 Perusahaan.

Cepu Field Manager, Heru Irianto mengatakan, terkait dengan keluhan warga di sekitar pusat pengumpul produksi Menggung, pihaknya memohon maaf atas ketidaknyamanannya. Dan sesuai hasil kesepakatan saat diskusi bersama yang dilakukan beberapa waktu yang lalu, PT Pertamina EP Asset 4 Cepu telah melakukan identifikasi permasalahan dan perbaikan.

"Mohon dukungan atas upaya perbaikan yang sedang kami lakukan. Kami melakukan upaya perbaikan terhadap fasilitas operasi kami agar masyarakat dan lingkungan di sekitar wilayah operasi kami mendapatkan manfaat atas keberadaan kami", ujar Heru.

Lebih lanjut, Heru menjelaskan bahwa salah satu yang dilakukan di Cepu Field adalah dengan memasang alat yang diperuntukkan mengolah gas ikutan dan limbah di lokasi Pusat Pengumpul Produksi Menggung untuk menjadi produk baru yang lebih ramah lingkungan dan bisa dimanfaatkan untuk industri.

Hari Rabu (17/10/2017) yang lalu sudah dilakukan pengambilan sampel gas dan limbah dari Pusat Pengumpul Produksi Menggung. Kemudian akan dilakukan tes di laboratorium yang tujuannya untuk mengetahui zat yang terkandung di dalamnya.

"Sehingga pemrosesan lanjutan dilakukan sesuai karakter zat tersebut", imbuhnya.

Metode ini, tambah Heru, telah diuji coba sebelumnya di PT Pertamina EP Asset 1 dan berhasil bahkan air limbah berupa air asin dapat dimurnikan dan bisa dimanfaatkan dengan kandungan TDS dibawah 5%.

Sementara itu, sebagai wujud pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan oleh PT Pertamina EP Asset 4 Cepu Field, melalui pembinaan ibu - ibu di Kelurahan Ngelo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, dengan pembuatan Batik Krajan yang kini telah dikenal luas dan mulai berjalan mandiri serta dapat memberikan tambahan penghasilan dari aktifitas membuat Batik tersebut.

Program pemberdayaan masyarakat ini juga dilakukan di setiap wilayah operasi Pertamina EP Asset 4 Cepu Field hingga wilayah Bojonegoro & Tuban, seperti program peternakan terpadu & bank sampah yg telah menunjukkan kemajuan dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

"Semoga makin banyak program - program yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat seperti halnya yang telah berjalan", pungkas Heru.


Infotorial

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more