21:00 . Ditutup, Pendaftar PPK-PPS Membeludak   |   20:00 . Kejurda Bupati Ngawi, Inkanas Bojonegoro Sabet 28 Medali   |   19:00 . Ada HET Beras, Pedagang Belum Tahu   |   18:00 . Kok Bisa? Ada Calon Panwascam Sertifikasi dan PNS   |   17:00 . Soehadi Moeljono Terpilih Sebagai Ketua HKTI Bojonegoro   |   16:00 . Lagi, Bupati Sebut Namanya Digunakan Lobi Unnes   |   15:00 . Ragu dengan Transparansi Tes Perangkat, Peserta Pilih Mundur   |   14:00 . Hasil Otopsi Tidak Ada Tanda-tanda Penganiayaan   |   13:00 . Ada Kegiatan Bawaslu, Tes Wawancara Panwascam Ditunda   |   12:00 . Warga Caruban Digegerkan Pria Tergeletak di Pinggir Jalan   |   11:00 . Saatnya Santri Jadi Jawaban Masalah Negeri   |   10:00 . Kapolres: Ada Tujuh Oknum ke Unnes, Satu Berinisial HR   |   09:30 . Lagu Subanul Wathon Menggema di Alun-Alun Bojonegoro   |   09:00 . Refleksi, Saatnya Santri Perbanyak Literasi   |   08:00 . Kang Yoto: Jangan Lupakan Sejarah Santri di Indonesia   |  
Sun, 22 October 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 10 August 2017 18:00:38

Maksimalkan BUMDes, DPRD Kunker ke Klaten

Maksimalkan BUMDes, DPRD Kunker ke Klaten

Reporter: M. Yazid
 
blokBojonegoro.com - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bojonegoro perlu dimaksimalkan. Karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Kamis (10/8/2017).
 
Dalam kunjungan tersebut anggota Komisi C bersama pimpinan DPRD ditemui Sekda (Sekretaris Daerah) Pemkab Klaten, bersama Asisten Bidang Perekonomian, Direktur BUMDes, Disperindag, Kepala Desa serta Sekdes Ponggok.
 
"Kunker ke Pemkab Klaten ini terkait dengan pengelolaan BUMDes," kata wakil ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro, Abdullah Umar.
 
Kepada blokBojonegoro.com, politisi PKB Kota Ledre itu menjelaskan, dipilihnya Pemkab Klaten karena di daerah tersebut ada salah satu BUMDes yang pendapatannya mencapai Rp15 miliar dalam satu tahun, namanya BUMDes Tirta Mandiri di Desa Ponggok.  BUMDes ini jg mampu menyumbang PAD ke APBDES sebesar Rp4,4 miliar per tahun dengan memiliki 13 bidang usaha mulai dari destinasi wisata, home stay,  wisata air, toko modern, travel haji dan umroh juga beberapa bidang usaha yg lain yang merupakan potensi dari desa tersebut.
 
"Desa ini (Desa Ponggok) berubah menjadi desa yang mandiri dan terlepas dari ketergantungan Dana Desa (DD). Sehingga hasil dari BUMDes ini sepenuhnya kembali ke masyarakat desa," sebut Abdullah Umar.
 
Selain itu beberapa kontribusi BUMDes Tirta Mandiri terhadap masyarakat desa setempat, termasuk membayar premi BPJS seluruh warga desa, program satu rumah satu sarjana dengan memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp400.000 setiap bulan bagi setiap warga desanya yang menempuh kuliah S1 (strata I atau sarjana).
 
Belum lagi BUMDes tersebut juga memberikan bantuan lauk pauk sebesar Rp200.000 per bulan bagi anak yatim maupun janda dan lansia. Serta bagi warganya yang selesai kuliah maupun pengangguran, mereka akan dipekerjakan di BUMDes dengan gaji diatas UMR Klaten, dan masih banyak sekali peran serta BUMDes Tirta Mandiri ini untuk masyarakat desanya.
 
"Dengan adanya studi banding ini diharapkan menjadi referensi untuk diterapkan di Bumdes di Kabupaten Bojonegoro," terang Umar yang juga Manajer Persibo Bojonegoro itu.
 
Ditambahkan, dari beberapa kajian yang dilakukan diharapkan BUMDes di Kabupaten Bojonegoro tidak terpaku pada simpan pinjam saja. "Tetapi dapat mengembangkan disektor usaha berdasarkan potensi desa, baik alam maupun potensi budaya," pungkasnya.[zid/lis]

Kebijakan

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 22 October 2017 09:00:03

    Hari Santri Nasional 22 Oktober

    Refleksi, Saatnya Santri Perbanyak Literasi

    Refleksi, Saatnya Santri Perbanyak Literasi Sabtu malam, (21/10/3017), Pimpinan Komisariat (PK) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sunan Giri Bojonegoro mengadakan "Refleksi Hari Santri" di Pondok Pesantren (PONPES) Al-Ubaidillah, Des Sambiroto, Kecamatan Kapas.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more