17:00 . Kang Yoto Ajak Joget Bersama di Negeri Atas Angin   |   16:00 . Forpimda Pasang Bendera Jumbo di Negeri Atas Angin   |   15:00 . Semester Kedua, Masyarakat Ramai-ramai Gadaikan Barang   |   14:00 . Komisi D: Mengkhawirkan, Perlintasan Tanpa Palang Perlu Dibangun   |   13:00 . Sering Kehilangan Poin, BFC Tak Tampilkan Pemain Terbaik   |   12:00 . Medan Pertempuran di Tuban Selatan   |   11:00 . Tujuh Bacabup Diundang Fit And Proper Test DPD PDI Jatim   |   10:00 . Forkopimda Upacara HUT Kemerdekaan di Negeri Atas Angin   |   09:00 . DPD PDIP Jatim Adakan Fit And Pro Proper Test Bacabup   |   08:00 . Tak Mau Kalah, Guru SMKN 5 Antusias Lomba Makan Kerupuk   |   07:00 . Rahasia Meracik Kopi Tubruk ala Barista   |   06:00 . Woww...! Produksi Minyak JOB PPEJ 8.600 BPH   |   21:00 . Meski Kemarau, Air di Wisata Growgoland Tak Berubah   |   20:00 . MTsN 1 Bojonegoro Semarakkan HUT RI dengan Berbagai Kegiatan   |   19:00 . Janji Dinikahi, Gadis 15 Tahun Disetubuhi Remaja Sumberrejo   |  
Fri, 18 August 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 10 August 2017 18:00:38

Maksimalkan BUMDes, DPRD Kunker ke Klaten

Maksimalkan BUMDes, DPRD Kunker ke Klaten

Reporter: M. Yazid
 
blokBojonegoro.com - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bojonegoro perlu dimaksimalkan. Karena itu, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bojonegoro melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Kamis (10/8/2017).
 
Dalam kunjungan tersebut anggota Komisi C bersama pimpinan DPRD ditemui Sekda (Sekretaris Daerah) Pemkab Klaten, bersama Asisten Bidang Perekonomian, Direktur BUMDes, Disperindag, Kepala Desa serta Sekdes Ponggok.
 
"Kunker ke Pemkab Klaten ini terkait dengan pengelolaan BUMDes," kata wakil ketua Komisi C DPRD Kabupaten Bojonegoro, Abdullah Umar.
 
Kepada blokBojonegoro.com, politisi PKB Kota Ledre itu menjelaskan, dipilihnya Pemkab Klaten karena di daerah tersebut ada salah satu BUMDes yang pendapatannya mencapai Rp15 miliar dalam satu tahun, namanya BUMDes Tirta Mandiri di Desa Ponggok.  BUMDes ini jg mampu menyumbang PAD ke APBDES sebesar Rp4,4 miliar per tahun dengan memiliki 13 bidang usaha mulai dari destinasi wisata, home stay,  wisata air, toko modern, travel haji dan umroh juga beberapa bidang usaha yg lain yang merupakan potensi dari desa tersebut.
 
"Desa ini (Desa Ponggok) berubah menjadi desa yang mandiri dan terlepas dari ketergantungan Dana Desa (DD). Sehingga hasil dari BUMDes ini sepenuhnya kembali ke masyarakat desa," sebut Abdullah Umar.
 
Selain itu beberapa kontribusi BUMDes Tirta Mandiri terhadap masyarakat desa setempat, termasuk membayar premi BPJS seluruh warga desa, program satu rumah satu sarjana dengan memberikan bantuan pendidikan sebesar Rp400.000 setiap bulan bagi setiap warga desanya yang menempuh kuliah S1 (strata I atau sarjana).
 
Belum lagi BUMDes tersebut juga memberikan bantuan lauk pauk sebesar Rp200.000 per bulan bagi anak yatim maupun janda dan lansia. Serta bagi warganya yang selesai kuliah maupun pengangguran, mereka akan dipekerjakan di BUMDes dengan gaji diatas UMR Klaten, dan masih banyak sekali peran serta BUMDes Tirta Mandiri ini untuk masyarakat desanya.
 
"Dengan adanya studi banding ini diharapkan menjadi referensi untuk diterapkan di Bumdes di Kabupaten Bojonegoro," terang Umar yang juga Manajer Persibo Bojonegoro itu.
 
Ditambahkan, dari beberapa kajian yang dilakukan diharapkan BUMDes di Kabupaten Bojonegoro tidak terpaku pada simpan pinjam saja. "Tetapi dapat mengembangkan disektor usaha berdasarkan potensi desa, baik alam maupun potensi budaya," pungkasnya.[zid/lis]

Kebijakan

Video bB

Redaksi

  • Friday, 07 July 2017 22:00:33

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an Dana yang terkumpul dari para Blokers (Sebutan para pembaca blokBojonegoro.com) hasil kerja sama blokBojonegoro.com dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) diberikan kepada Srimaningsih (Ibu Naf'an). Rencananya, bantuan tersebut akan digunakan untuk berobat Anis, yang tidak lain adalah adik kandung dari Naf'an.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 05 August 2017 10:00:46

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan Peternakan merupakan hal yang strategis untuk meningkatkan perekonomian, namun hal itu harus di lakukan dengan benar. Setidaknya, hal itu yang disampaikan dalam dialog OBOR yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gayam Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (4/8/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more