15:00 . Dua Kades Ditahan, DPMD Tunggu Surat Resmi   |   14:00 . Ratusan Siswa SD Dua Kecamatan Terima PIP di GOR SMT   |   13:30 . Inilah 4 Tantangan Integritas di Pilgub Jatim   |   13:00 . Pilgub Jatim Minim Sara, Tapi Waspada Isu Gender   |   12:00 . Antisipasi Isu Sara, Pilgub Jatim Jangan Seperti DKI   |   11:00 . Jika Disetujui, UMK Bojonegoro Rp.1.720.000   |   10:00 . Isu Sara Bisa Kalahkan Kompetensi   |   09:00 . Warga Kalitidu Tenggelam Ditemukan di Bendungan Gerak   |   08:00 . Gandeng Pita Merah, Kartar Bojonegoro Roadshow Sosialisasi HIV-AIDS   |   07:00 . Sering Panas di Dada dan Mulut Terasa Pahit? Itu Bukan Maag, tetapi...   |   00:00 . Pertama Datang di Bojonegoro, Afgan Berharap Bisa Kembali   |   23:30 . Spesial, Lagu 'X' Dinyanyikan Perdana di Bojonegoro   |   23:00 . 'Katakan Tidak' Menjadi Lagu Pembuka Afgan   |   22:00 . UMK Jatim Tahun 2017 Digedok, Tertinggi Kota Surabaya   |   21:00 . Afgan Bakal Hibur Penonton di Ultah Pertama GoFun   |  
Mon, 20 November 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 18 May 2017 07:00:00

Pernikahan yang Bahagia Bikin Panjang Umur

Pernikahan yang Bahagia Bikin Panjang Umur

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Walau banyak orang terkadang merasa lebih enak hidup melajang, sebenarnya menikah dan memiliki pasangan hidup banyak manfaatnya. Terutama bagi kesehatan.

Menurut sebuah penelitian terbaru, pasien kanker yang menikah cenderung lebih bertahan menghadapi penyakitnya dibandingkan dengan yang lajang. Itu baru salah satu kelebihan orang yang menikah.

Masih ada beberapa keuntungan lain yang bisa kita dapatkan dari menikah, terutama yang bahagia. Memiliki pasangan hidup juga dapat saling menularkan kebiasaan baik seperti rajin berolahraga, menjaga makanan, dan tentu saja stres berkurang karena ada teman bertukar pikiran.

1. Risiko serangan jantung lebih kecil

Menurut penelitian di Finlandia, pernikahan akan mengurangi risiko serangan jantung pada pria dan wanita. Hal ini diduga karena orang yang menikah pada umumnya secara finansial lebih stabil, punya gaya hidup sehat, dan ikatan sosial yang kuat.

2. Perilaku aman

Orang yang sudah menikah juga cenderung tidak lagi melakukan perilaku yang beresiko, seperti ugal-ugalan membawa kendaraan atau memakai narkoba.

Penelitian menunjukkan, keinginan seseorang untuk melakukan kebiasaan buruk juga akan berkurang setelah mereka punya pasangan hidup. Mungkin karena mereka sadar saat ini sudah ada seseorang yang bergantung padanya. Perilaku pun jadi lebih bertanggung jawab.

3. Risiko stroke lebih rendah

Pria yang sudah menikah risikonya terkena stroke akan turun sampai 60 persen dibanding yang masih lajang. Namun, manfaat penurunan risiko stroke itu akan lebih signifikan pada orang yang pernikahannya bahagia.

4. Stres lebih rendah

Terikat dalam perkawinan juga bisa membuat stres berkurang. Hal ini ternyata ada hubungannya dengan pengaruh hormonal yang akan berubah pada orang yang menikah.

Harus diakui bahwa pernikahan juga bisa mendatangkan stres, tetapi lebih bisa dikendalikan dibanding dengan saat masih lajang.

5. Pemulihan lebih cepat

Pasangan yang suportif adalah kunci cepatnya pemulihan dari tindakan operasi. Pasien yang kehidupan pernikahannya bahagia juga akan lebih bertahan menghadapi tindakan medis besar seperti operasi bypass. Mereka juga cenderung lebih panjang umur.

6. Tidur lebih nyenyak

Jika pernikahan Anda membawa kebahagiaan, Anda pun akan tidur lebih nyenyak dibanding orang yang masih menjomblo.

7. Panjang umur

Studi jangka panjang menunjukkan, pasangan yang menikah berumur lebih panjang dibanding orang yang melajang. Penelitian itu dilakukan pada 5.000 orang yang lahir di tahun 1940.

Sumber: www.kompas.com


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 19 November 2017 08:00:24

    Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI

    Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI Minggu dini hari (19/11/2017), tepat pukul 02.35 WIB, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa dan Satkoryon BANSER Kecamatan Temayang bekerja sama adakan Malam Keakraban (MAKRAB) di halaman TPQ Manbaul Huda, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more