10:00 . Pemdes Semanding Sayangkan Aksi Tanam Pisang   |   09:00 . Akan Temui Mentan, Petani Kanor Tolak Impor Beras   |   08:00 . Ketemu Audry yang Tidak Bisa Tidur   |   07:00 . Masa Remaja Jaman Now Dimulai Usia 10 Tahun Hingga 24 Tahun   |   20:00 . PWI Ingatkan Wartawan Jaga Independensi di Pilkada, Pilpres, Pileg   |   19:00 . Keluarga Ponpes Attanwir Dukung Anna-Wawan   |   18:00 . Bandar dan Penombok Judi Ditangkap Tim Polres Bojonegoro   |   17:00 . Gaya Shaggy, Trend Rambut Wanita yang Disukai Pelajar   |   16:00 . Hama 'Kresek' Mulai Serang Tanaman Padi   |   15:00 . Pengurus Baru Fatayat NU Kanor Dilantik   |   14:00 . Angkut Limbah B3 Tanpa Izin, Pria Sragen Diamankan Polres   |   13:00 . Warga Semanding Dikejutkan Penanaman Pohon Pisang di Jalan Desa   |   12:00 . Oi BPK Bojonegoro Rayakan HUT ke-11 di Lemcadika   |   11:00 . Puluhan Linmas Kalianyar Kerja Bakti   |   10:00 . Tak Hanya Guru Kelas, Disdikda Kekurangan Guru Olahraga dan PAI   |  
Mon, 22 January 2018
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 19 May 2017 07:00:38

Awas, Rokok Elektronik Bisa Sebabkan Anak Keracunan

Awas, Rokok Elektronik Bisa Sebabkan Anak Keracunan

Reporter:-

blokBojonegoro.com -
Anda mungkin sudah tahu zat-zat yang bersifat racun bagi anak-anak. Namun, ada beberapa bahan kimia berbahaya yang ternyata sering dijangkau anak-anak.

Pada tahun 2015, American Association of Poison Control Centers menangani sekitar 2,2 juta kasus keracunan. Hampir setengahnya melibatkan anak-anak berusia di bawah enam tahun.

Demi keamanan anak-anak, sebagai orangtua tentu kita sudah meletakkan zat-zat berbahaya dari jangkauan anak-anak, misalnya saja bahan pembersih, obat-obatan, atau pestisida. Tetapi, ada zat beracun lain yang sering tidak disadari sehingga penempatannya sembarangan.

1. Rokok elektronik
Peralatan rokok elektronik dan nikotin cair sangat berbahaya untuk anak. Nikotin biasanya terasa tidak enak sehingga anak-anak tak akan menelan banyak. Tetapi, nikotin cair pada komponen vape memiliki konsentrasi sangat tinggi, bahkan dalam jumlah kecil.

Dengan demikian, walau anak baru mencecapnya saja efeknya bisa berbahaya. "Jika anak menelan nikotin cair, efek sampingnya bisa detak jantung naik, otot berkedut, muntah, dan berkeringat," kata Matt Noble, dokter ahli gawat darurat.

Ia mengatakan, jika cairan terkena kulit bisa menyebabkan sensasi terbakar. Tetapi, apa yang akan dirasakan anak tergantung pada seberapa banyak cairan yang tertelan dan konsentrasinya.

2. Minyak esensial
Minyak esensial, seperti lavender, peppermint, atau tea tree, adalah produk alami yang diambil dari tanaman sehingga orang mengiranya aman. Namun, minyak esensial yang diletakkan sembarangan ada kemungkinan ditelan anak-anak.

Tergantung pada seberapa banyak paparan minyak ini, tapi jika tertelan bisa membuat anak muntah, sakit perut, gangguan pernapasan dan sistem saraf pusat, kejang, bahkan koma. Bila anak mencoba menelan minyak ini namun tersedak, cairannya bisa ada yang masuk ke paru-paru dan menyebabkan radang paru.

Perlakukan minyak esensial seperti obat, hanya dikeluarkan saat akan digunakan. Simpan di dalam kabinet tertutup dan jauh dari jangkauan anak-anak.

3. Kosmetik dan perawatan kulit
Produk kosmetik dan perawatan kulit juga menjadi salah satu penyebab tersering keracunan pada anak-anak. Bagaimana pun produk ini mengandung banyak zat kimia.  Bila anak Anda masih balita, simpanlah produk kosmetik Anda di tempat yang sulit dijangkau.

4. Obat-obatan untuk hewan peliharaan
Seperti halnya obat untuk manusia, obat untuk binatang kesayangan Anda juga harus diperlakukan sama dalam hal penempatannya.

Menurut data di Amerika Serikat, kasus keracunan obat hewan peliharaan pada anak biasanya terjadi ketika orangtuanya sedang memberi obat pada hewan. Ada kemungkinan obat yang diberikan tersebut dikeluarkan kembali dan ditemukan balita saat ia mengeksplor lantai.

Segera cuci tangan anak dengan sabun bila ia menyentuh krim atau obat-obatan untuk hewan.

5. Kamper dan detergen
Bentuk kamper yang berwarna warni memang menarik untuk anak dan sering dikira permen. Demikian juga dengan detergen yang juga tersedia dalam kemasan plastik kecil berwarna mencolok.

Selain meletakannya di tempat tertutup, sebaiknya jika di rumah ada balita, gunakan produk kamper yang berwarna polos.

Sumber: http://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/18/123000120/
awas.rokok.elektronik.bisa.sebabkan.anak.keracunan


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 27 December 2017 16:00:00

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah Wartawan media blokTuban.com, Moch. Nur Rofiq meraih juara dua lomba menulis berita desa wisata berbasis sedekah tepatnya Desa Guwoterus, Kacamatan Montong, Kabupaten Tuban. Lomba yang dihelat desa produktif binaan Baznas Kabupaten Tuban dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tabungan Akhirat itu berlangsung pada Kamis (21/12/2017) kemarin.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 04 January 2018 06:00:00

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian Rabu malam (3/1/2018), bertempat di RT.013/RW.006 Dukuh Kedunggampeng Desa/Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Ranting Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Temayang mengadakan peringatan hari lahir (Harlah) PSNU Pagar Nusa yang ke-32 dan tasyakuran.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more