15:00 . Umar: Pemain Persekabpas Lebih Matang Dibanding Persibo   |   14:00 . Laga Semi Final Digelar di Stadion Brawijaya Kediri   |   13:00 . Puluhan GPAI SMA/SMK Serahkan Administrasi TPP   |   12:00 . Sebelum Terbit SP, Warga Tak Terima Sosialisasi   |   11:00 . Polres Belum Temukan PCC Beredar di Bojonegoro   |   10:00 . Warga Sukorejo Gang PJKA Terancam Digusur   |   09:00 . Panwaskab Mulai Buka Pendaftaran Panwascam   |   08:00 . Daftar ke Demokrat, Bunda Ana Diiringi Lagu Yahlalwathon   |   07:00 . Ini Dia Manfaat yang Bisa Kamu Rasakan Kalau Tidur Tanpa Busana   |   06:00 . Lahan Tebu di Baureno Terbakar, 4 Mobil Damkar Diturunkan   |   05:00 . Menjaga Kontribusi Migas untuk Pasokan Energi Nasional   |   00:00 . Harga Minyak Dunia Naik 2 Persen, Catatkan Rekor Keuntungan   |   23:00 . Deklarasi Kampung Silat Disambut Positif Pengurus Rumah Adat   |   22:00 . Kegiatan Arisan Positif, KA2MS Santuni Yatim Piatu   |   21:00 . Dokumen Instansi Dominasi Pengiriman Kantor Pos   |  
Fri, 22 September 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Monday, 17 July 2017 06:00:00

Sambutan Bupati Hari Pertama Sekolah 2017/2018

Menghadirkan Masa Depan Gemilang Dengan Sembilan Ketrampilan Hidup

Menghadirkan Masa Depan Gemilang Dengan Sembilan Ketrampilan Hidup

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarakaatuhu. Salam sejahtera untuk kita semua

Yang saya hormati, Bapak/Ibu Guru, Kepala Sekolah dan Wali Murid Yang saya cintai, anak-anakku siswa/siswi:

Pertama-tama marilah kita semua memanjatkan rasa syukur kehadirat Allah SWT, atas karunia nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita semua. Hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi kita semua.

Bagi bapak/ibu wali murid, menemani putra-putrinya ke sekolah adalah sesuatu yang luar biasa. Luar biasa karena bapak/ibu secara khusus meluangkan waktunya untuk putra-putri tercinta. Inilah salah satu perwujudan nyata tanggung jawab sebagai orang tua terhadap masa depan putra-putri tercinta. Kita semua kelak di akhirat akan dimintai pertanggungjawaban atas apa yang sudah kita lakukan demi masa depan putra-putri kita tercinta.

Bagi anak-anak hari ini merupakan hari bersejarah karena inilah pertama  kalian semua memasuki bangku sekolah untuk tahun ajaran 2017/2018. ;Hari ini adalah pertanda bahwa kalian sudah meninggalkan masa lalu dan mulai melangkah menuju masa depan. Karena kalianlah maka bapak/ibu wali murid, Bapak/ibu guru dan kami ada di tempat ini.

Bagi bapak/ibu guru hari ini tentu juga membahagiakan, kehadiran wali murid beserta putra-putrinya pagi ini menandakan kepercayaan yang tinggi kepada sekolah ini dan khususnya kepada bapak/ibu guru. Sungguh di tangan bapak/ibu gurulah harapan anak-anak dapat berkembang seluruh ketrampilan hidupnya dengan semaksimal mungkin.

Bapak/ibu guru dan wali murid yang saya hormati, Anak-anakku yang saya cintai.

Secara pribadi Kang Yoto ingin menyampaikan selamat datang di sekolah, selamat memulai tahun ajaran baru, selamat memulai perjalanan belajar bersama, selamat menjadikan sekolah ini sebagai tempat yang indah dan menyenangkan bagi semua proses belajar mengajar. Dalam kesempatan yang baik ini Kang Yoto ingin berpesan:

1. Bahwa tujuan pertemuan ini untuk saling memahami proses belajar yang akan dilakukan dan apa saja yang perlu dilakukan. Rencanakan dan komunikasikanlah apa saja yang membuat proses pendidikan dapat berjalan baik dan efektif.

2. Ingat masa depan bangsa dan keluarga tergantung pada masa depan anak-anak. Kegemilangan bangsa dimulai dari halaman sekolah ini. Gagal dan berhasilnya bangsa Indonesia, termasuk Bojonegoro, di masa depan ditentukan oleh keberhasilan proses pendidikan hari ini.

3. Tujuan utama Pendikan adalah menumbuhkan seluruh potensi anak anak. Sejarah membuktikan bahwa setiap anak punya peluang sukses asalkan menemukan kekuatan dirinya dan mampu menyiapkan ketrampilan hidup. Anak-anakku sejak hari ini, kalian harus mulai merencanakan dimana kelak akan hidup dan dengan cara apa akan dapat hidup. Anak-anak jangan hanya berhenti mempertanyakan cita-cita formal seperti menjadi pegawai, dokter, tentara, Bupati dan yang sejenisnya. Tapi tanyakanlah pada diri sendiri apa yang perlu disiapkan agar sanggup hidup lebih baik. Kang yoto ingat pesan mbok,  "tidak penting engkau menjadi apa dan dimana kau berada, tapi yang jauh lebih penting apakah engkau bisa berbuat baik bagi kehidupan atau tidak?

4. Hari ini saya minta bapak/ibu beserta anak-anak mulai saling memahami 9 (sembilan) keterampilan hidup yang saya sebut sebagai *sembilan ketrampilan kunci hidup sukses*, apa yang perlu dikembangkan dan bagaimana cara mencapainya bersama. Sembilan ketrampilan hidup itu adalah: Pertama, ketrampilan berniat baik. Kedua, ketrampilan berkarya yang dapat membuat anakku kelak mendapatkan pendapatan. Ketiga, ketrampilan komunikasi. Keempat, ketrampilan kerjasama. Kelima, ketrampilan berpikir kritis-reflektif bukan kritis sinis. Keenam, ketrampilan kreatif inovatif. Ketujuh, ketrampilan mengelola hati agar terus berbahagia dan kedelapan ketrampilan hidup sehat mandiri. Mengingat kita hidup di Bojonegoro yang pada musim kemarau maupun penghujan selalu ada bencana, maka, kalian juga harus bersiap menjadi orang yang tangguh dalam menghadapinya, untuk ini diperlukan ketrampilan kesembilan, yaitu ketangguhan dan bahkan unggul dalam kebencanaan.  isilah bersama buku rencana hidup anak-anak dan teruslah kelak kembangkan yang lebih baik.

5. Kedepan, putuskan kapan pertemuan Antara wali murid dengan bapak/ibu guru untuk mengevaluasi dan pengembangan proses belajar bersama.

6. Jadikanlah lingkungan sosial dan alam menjadi bahan pengalaman, bahan pembelajaran, sasaran untuk diperbaiki bersama sama. Inilah yang disebut dengan Realistic Education, sebuah pendidikan yang berdasar pada dunia nyata, yang menantang ketrampilan hidup dan berkembang bersama untuk menciptakan kehidupan lingkungan yang lebih baik secara nyata. Jadikanlah sekolah kalian sebagai bukti nyata bahwa bapak/ibu guru, murid dan wali murid bersama dengan warga dan Pemerintah di lingkungannya masing-masing telah berbuat dan melakukan usaha nyata memperbaiki kehidupan.

7. Suatu hari saya berharap diantara sekolah dan warga saling berkunjung untuk saling belajar atas kemajuan masing-masing. Itulah suatu masa dimana kemajuan akan menjadi proses bersama yang akan terus menerus berkembang tanpa batas. Saya yakin dalam waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan dampaknya akan sangat terlihat dalam kehidupan kita bersama.

Akhirnya Kang Yoto ingin menyampaikan selamat belajar bagi semua yang hadir:
• Bagi wali murid selamat belajar menjadi orang tua  yang lebih baik,
• Bagi bapak/ibu guru dan kepala sekolah selamat belajar menjadi pendidik yang lebih baik,
• Bagi anak-anak selamat belajar meningkatkan ketrampilan hidup,
• Dan bagi diri Kang Yoto sendiri, berserta Dinas Pendidikan, Camat dan Kades mari kita belajar menjadi pelayan yang lebih baik, menjadi bagian dari solusi kehidupan.

Semoga Allah, Tuhan yang Maha Pemurah selalu merahmati dan meridhoi semua langkah hidup kita. Terima kasih

Wassalamualaikum Wr. Wb, Salam sejahtera buat kita semua, Bojonegoro, 17 Juli 2017.
Bupati Bojonegoro, Drs. H. SUYOTO, M.Si


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 17 September 2017 22:00:51

    Laporan dari Tiongkok (3)

    Mengunjungi Masjid Jujukan Presiden RI di Beijing

    Mengunjungi Masjid Jujukan Presiden RI di Beijing Di sela-sela mengikuti The 22ND Annual Conference And General Meeting Of The International Association Of Presecutors di Beijing, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Surabaya, Didik Farkhan Alisyahdi menyempatkan diri berkunjung ke Masjid Niu Jie. Masjid yang pernah dikunjungi dua presiden RI ketika melakukan kunjungan kenegaraan ke…

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more