17:00 . Kang Yoto Ajak Joget Bersama di Negeri Atas Angin   |   16:00 . Forpimda Pasang Bendera Jumbo di Negeri Atas Angin   |   15:00 . Semester Kedua, Masyarakat Ramai-ramai Gadaikan Barang   |   14:00 . Komisi D: Mengkhawirkan, Perlintasan Tanpa Palang Perlu Dibangun   |   13:00 . Sering Kehilangan Poin, BFC Tak Tampilkan Pemain Terbaik   |   12:00 . Medan Pertempuran di Tuban Selatan   |   11:00 . Tujuh Bacabup Diundang Fit And Proper Test DPD PDI Jatim   |   10:00 . Forkopimda Upacara HUT Kemerdekaan di Negeri Atas Angin   |   09:00 . DPD PDIP Jatim Adakan Fit And Pro Proper Test Bacabup   |   08:00 . Tak Mau Kalah, Guru SMKN 5 Antusias Lomba Makan Kerupuk   |   07:00 . Rahasia Meracik Kopi Tubruk ala Barista   |   06:00 . Woww...! Produksi Minyak JOB PPEJ 8.600 BPH   |   21:00 . Meski Kemarau, Air di Wisata Growgoland Tak Berubah   |   20:00 . MTsN 1 Bojonegoro Semarakkan HUT RI dengan Berbagai Kegiatan   |   19:00 . Janji Dinikahi, Gadis 15 Tahun Disetubuhi Remaja Sumberrejo   |  
Fri, 18 August 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 12 August 2017 17:00:00

PC IPNU Buat Gerakan Tolak Full Day School

PC IPNU Buat Gerakan Tolak Full Day School

Reporter: Maratus Shofifah

blokBojonegoro.com - Menanggapi wacana Full Days School, tentu ada dampak negatif dan positif dalam penerapan sistem Full Day School (FDS) atau sekolah 9 jam dalam 5 hari, yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI. Menilai dari sisi positifnya untuk memaksimalkan belajar terlebih meningkatkan potensi siswa.

Namun dilihat dari dampak negatifnya bisa membuat pelajar menjadi jenuh dalam belajar. Muhammad Nur Abidin, selaku Ketua Pengurus Cabang Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (PC IPNU) Bojonegoro, mengatakan penerapan sistem FDS harus dikaji dengan serius serta mempertimbangkan dampak positif dan negatifnya, sebab tujuannya untuk memajukan pendidikan yang berada di Indonesia.

"Pada kenyataannya setiap daerah memiliki karakter pendidikan yang berbeda," terangnya.

Lima hari sekolah yang saat ini masih menimbulkan pro dan kontra itu, kata Abidin, membuat semua lembaga belum melaksanakannya, artinya sangat perlu sekali jika pemerintah mengkaji total akan diterapkannya sistem itu.

Pria asal Kecamatan Kanor itu berharap, jangan sampai FDS diterapkan. Menurutnya, tujuan memang bagus untuk mendidik siswa, tetapi justru membuat siswa-siswi merasakan kejenuhan dan tidak optimalnya dalam mengikuti pembelajaran. Beban pelajar menjadi berlebihan, mengakibatkan pelajar tidak memiliki ruang untuk bersosial baik pada orang tua maupun masyarakat secara umum.

"Kami meminta Mendikbud untuk mengkaji ulang penerapan FDS," terangnya.

Adanya gagasan FDS itu juga harus diikuti dengan melibatkan orang tua siswa, terutama kalangan ibu rumah tangga untuk ikut mengawasi dalam kegiatan belajar anak-anak di sekolah. Meski demikian, lanjut Abidin, sistem FDS untuk pendidikan dasar SD/MI dan SMP/MTS harus dikaji secara matang terlebih dahulu sebelum diterapkan, agar tidak muncul permasalahan baru dalam penerapannya.

"Jadi secara garis besar FDS masih belum bisa diterima di kalangan pelajar, terutama masyarakat secara umum," terangnya.

PC IPNU Bojonegoro juga membuat gerakan penolakan FDS untuk menyelamatkan Madrasah Diniyah dengan mengupload foto di sosial media dan diberikan hastag #JihadPelajarBojonegoro, #JihadSantriBojonegoro, #TolakFDS, #PelajarBojonegoroTolakFDS, dan #ipnuippnubojonegoroTolakFDS [ifa/mu]


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Friday, 07 July 2017 22:00:33

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an Dana yang terkumpul dari para Blokers (Sebutan para pembaca blokBojonegoro.com) hasil kerja sama blokBojonegoro.com dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) diberikan kepada Srimaningsih (Ibu Naf'an). Rencananya, bantuan tersebut akan digunakan untuk berobat Anis, yang tidak lain adalah adik kandung dari Naf'an.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 05 August 2017 10:00:46

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan Peternakan merupakan hal yang strategis untuk meningkatkan perekonomian, namun hal itu harus di lakukan dengan benar. Setidaknya, hal itu yang disampaikan dalam dialog OBOR yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gayam Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (4/8/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more