20:00 . Menampar Khayalan Jadi Penulis   |   19:00 . TMA Bengawan Solo Terus Menurun   |   18:00 . Targetkan Usia 17 Tahun Punya e-KTP, Disdukcapil Gencarkan Sosialisai   |   16:00 . 7 Titik Jalan Protokol Sering Tergenang Air Saat Hujan   |   15:00 . Era Digital, Anak Perlu Kegiatan Positif dan Penguatan Mental   |   14:00 . Kang Bas Sapa Jemaah di Mayangkawis   |   13:00 . Tim SAR Lakukan Pencarian Warga Kalitidu Tenggelam di Bengawan   |   12:00 . Pelantikan DPK Kosgoro Bojonegoro Berlangsung Semarak   |   11:00 . Petani Desa Growok Kembali Tanam Padi Usai Diterjang Banjir   |   10:00 . Aris Merdeka Sirait Batal Datang ke Acara LPA Bojonegoro   |   09:00 . Agung Laksono Berangkatkan Puluhan Ribu Peserta Jalan Sehat   |   08:00 . Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI   |   07:00 . Waktu yang Tepat untuk Mengganti Program Olahraga   |   23:00 . Bojonegoro Launching Batik Painting   |   22:00 . Api dari Tungku Diduga Picu Kebakaran Oven Tembakau di Jono   |  
Sun, 19 November 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 13 September 2017 07:00:00

Rugi, Membiarkan Diri Sibuk sampai Stres!

Rugi, Membiarkan Diri Sibuk sampai Stres!

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Fokus dan tenggelam dalam pekerjaan merupakan hal yang bagus. Produktivitas meningkat dan target yang ingin Anda capai bisa saja berhasil.

Sayangnya di sisi lain, hal itu punya dampak buruk. Apalagi jika pekerjaan tersebut memotong waktu istirahat, serta ditambah dengan pola makan tak teratur.

Lama kelamaan aktivitas yang terlalu padat malah membuat jenuh dan berakibat buruk. Mulai dari mood berubah-ubah, pikiran tidak segar, kesehatan terganggu, hingga menyebabkan stres.

Untuk itu, ada bebepa cara untuk menangkal gejala stres dan kejenuhan saat sedang sibuk. Beberapa kegiatan sederhana yang bisa Anda terapkan supaya pikiran dan raga kembali segar, adalah sebagai berikut.

Pertama, patuhi jam tidur. Melansir dar huffingtonpost.com, Minggu (14/5/2017) tidur yang cukup bisa memulihkan kembali energi Anda sehingga performa kerja di esok hari bisa membaik.

Ingat, saat masuk jam tidur, segera sudahi pekerjaan. Kebiasaan ini bagus karena setelah bangun, Anda bisa lebih bersemangat, dan dapat menyelesaikan banyak hal sehingga jauh dari stres.

Cara lainnya, adalah latihan pernafasan. Mengutip dari verywell.com, Selasa (30/5/2017). latihan pernafasan merupakan cara yang tepat untuk melepas stres di mana dan kapan saja.

Latihan pernafasan sangat mudah dan langsung bisa membuat Anda merasa lebih baik. Cukup dengan pengaturan menarik nafas dan membuang nafas, stres pun hilang.

Perlu diingat, ketika stres jangan sampai Anda malah “dendam” dengan terus-terusan makan sembarangan, seperti mengunyah es krim atau ngemil keripik kentang yang ujung-ujungnya dapat membuat sakit. Pilihlah menu makanan yang lebih sehat, seperti kacang-kacangan, dan patuhi pula jam makan.

Selain itu, mendengarkan musik juga bisa membuat diri rileks. Penelitian yang dilakukan University of Maryland School of Medicine pada 2008 menunjukkan, mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit.

Tetap aktif


Cara lain meredakan stres adalah dengan membuat diri aktif bergerak atau olahraga sejenak. Catatannya, olahraga harus dilakukan dengan rutin.

Olahraga lari, zumba, dan yoga, misalnya merupakan aktvitas yang baik untuk memperbaiki mood Anda. Menjalankan hobi yang menuntut diri banyak bergerak seperti berkebun juga bisa jadi alternatif.

Melansir dari shape.com, menari zumba dengan musik-musik up-beat tak hanya membuat Anda semangat bergerak, tapi juga meningkatkan energi, sehingga rasa jenuh bisa terbuang hanya dalam beberapa menit.

Sementara itu, yoga juga punya manfaat. Praktiknya yang pelan sekaligus membutuhkan fokus cocok untuk melepas stres secara fisik maupun emosional mampu membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Bila Anda kebetulan bersama teman di kantor, berinteraksi lah dengan mereka. Ajak teman mengobrol sebentar di tengah-tengah kerjaan yang menumpuk.

Kalau bisa, ajak juga mereka untuk menemani Anda berolahraga pada saat luang. Untuk menambah rasa kepercayaan diri,  jangan lupa juga untuk memperhatikan penampilan.

Pilih outfit yang tetap trendy dan stylish, termasuk barang bawaan saat olahraga. Salah satunya adalah ponsel yang bisa jadi barang wajib untuk memutarkan musik penyemangat.

Maka dari itu, pilihlah ponsel yang mempunyai desain stylish dan trendy. Ponsel tersebut biasanya bermaterialkan metal.

Sebab, tampilannya memberikan kesan kuat sebagaimana semangat Anda untuk mengusir stres. Apalagi jika ponselnya memiliki desain yang tipis dan nyaman digenggam seperti Oppo F3, misalnya.

Supaya segala persiapan tidak terburu-buru di hari olahraga yang sudah ditentukan, jangan lupa mempersiapkan semua kelengkapan ini dari hari sebelumnya. Termasuk membuat pengingat di ponsel.

Dengan aura semangat Anda dan rekan-rekan di kantor yang kembali datang, hasil kerja nantinya pun semakin meningkat. Jadi, tak ada alasan lagi untuk tak berolahraga, bukan?

*Sumber: kompas.com


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 19 November 2017 08:00:24

    Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI

    Pagar Nusa dan Banser Temayang Gelar Makrab, Perkuat NKRI Minggu dini hari (19/11/2017), tepat pukul 02.35 WIB, Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa dan Satkoryon BANSER Kecamatan Temayang bekerja sama adakan Malam Keakraban (MAKRAB) di halaman TPQ Manbaul Huda, Desa Buntalan, Kecamatan Temayang.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more