09:00 . Khofifah Sebut Pasar Bojonegoro Perlu Dirikan Pos   |   08:00 . Pedagang Pasar Bojonegoro Keluhkan Harga ke Khofifah   |   07:00 . Minum Jus Buah Tiap Hari Tingkatkan Potensi Obesitas pada Anak   |   06:00 . Ajak Manfaatkan Lahan Kosong untuk Ditanami   |   23:00 . Ramadan Momen Terbaik Jualan Kembang Api   |   22:00 . LPA Bojonegoro Berharap Anak-anak Terhindar Terorisme   |   21:00 . LPA Bojonegoro Kolaborasi dengan Les Basa   |   20:00 . Setting Time Pasca Pengecoran Diperkirakan Selama Tiga Hari   |   19:00 . Kampus Ungu Ajak Pramuka Jadi Tentara Kesehatan Remaja   |   18:00 . Ratusan Warga dan Santri Gubug Taqrib Gelar Haul Istri Nabi Muhammad SAW   |   17:00 . Hukum Baca Shalawat dan Radhiyallahu Anhu Saat Tarawih   |   16:00 . Kreatif, Meriam Mainan Jadi Teman Penunda Lapar   |   15:00 . Ramadan, Es Cincau Purwosari Laris Manis   |   14:00 . 1.751 Hektar di Dua Kecamatan Padinya Terancam Tak Berisi   |   13:00 . Kajian Ramadan PD Muhammadiyah, Tekankan untuk Berpolitik   |  
Mon, 28 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Thursday, 07 December 2017 07:00:00

Wanita Lebih Kuat Menghadapi Situasi Stres daripada Lelaki

Wanita Lebih Kuat Menghadapi Situasi Stres daripada Lelaki

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Setiap orang punya cara yang berbeda dalam menghadapi tekanan. Namun, ketika keadaan semakin sulit, tampaknya wanita lebih baik dalam menjaga ketenangannya daripada lelaki.

Menurut sebuah studi, pria lebih mudah mengalami tekanan daripada wanita. Riset tersebut membandingkan kinerja pemain tenis pria dan wanita yang profesional. Hasilnya, pemain pria cenderung mengalami tekanan saat momen pertandingan yang menegangkan.

Riset tersebut dilakukan oleh peneliti dari Ben Gurion University of the Negev, the University of St.Gallen dan NYU Shanghai. Mereka menganalisis lebih dari 8.000 pertandingan tenis pria dan wanita.

Ditemukan bahwa para pemain laki-laki membuat lebih banyak kesalahan sendiri pada poin-poin penting selama pertandingan. Sementara itu, pemain wanita memiliki respon yang bervariasi saat pertandingan yang menegangkan.

"Kami juga menemukan bahwa meskipun wanita mengalami penurunan kinerja pada saat pertandingan yang menegangkan. Tapi, perbandingannya masih sekitar 50 persen lebih kecil daripada pria," ungkap salah satu peneliti.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penelitian ini hanya berfokus pada kemampuan pria dan wanita untuk menangani tekanan di lingkungan olahraga yang kompetitif.

Dr. Alex Krumer, peneliti dari University of St.Gallen, meninjau kembali temuan penelitian ini dengan Harvard Business Review dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Ia meninjau kinerja atlet yang memiliki posisi server - yang biasanya memiliki keuntungan - di setiap set pertama dalam Prancis, AS, dan Australia open 2010 dan di Wimbledon.

"Kami menemukan bahwa kinerja pria lebih memburuk dari wanita saat pertandingan berlangsung, terutama saat pertandingan yang menentukan," ucapnya.

Meskipun penelitian ini mungkin hanya berfokus pada membandingkan pria dan wanita di dunia tenis, Krumer berpendapat bahwa hasilnya dapat sesuai dengan sektor lain dalam kehidupan sehari-hari juga.

"Jika Anda melihat literatur tentang kortisol, hormon stres, Anda akan mendapati bahwa kadar kortisol meningkat lebih cepat pada pria daripada pada wanita dalam berbagai skenario, mulai dari main golf sampai berbicara di depan umum. Lonjakan hormon itu dapat merusak kinerja," ujarnya.

Secara fisik, rata-rata pria masih lebih kuat dari wanita. Tapi jika berbicara tentang ketangguhan mental, mungkin dalam keadaan tertentu wanitalah yang memiliki keunggulan.

*Sumber: kompas.com


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more