14:00 . Hasil UNBK Siswa SMP di Bojonegoro Menurun   |   13:00 . PPDB Hari Pertama Terganggu Server Eror   |   12:00 . Mei Ini, Bantuan Beras Rastra Beralih ke BPNT   |   11:00 . Cerita Literasi di SD Tasikharjo dan Remen   |   10:00 . Puasa, Pengunjung Pameran di Gedung UMKM Sepi   |   09:00 . Ditinggal Ngantar Masuk Kos, Motor Raib   |   08:00 . Berduaan di Pantai Tuban Saat Malam, Pelajar Bojonegoro Diamankan   |   07:00 . Tertawa Bisa Bikin Kita Lebih Produktif, Menurut Sains   |   21:00 . Menyamar Jadi Hidung Belang, Polisi Berhasil Ciduk WTS   |   20:00 . Pastikan Spek Bangunan, Dewan Akan Cek Lokasi   |   19:00 . Buka Bersama, Dandim Ingatkan Pemuda Waspada Penjajah   |   18:00 . Dirut PEPC: Proyek di Bojonegoro yang Paling Harmonis   |   17:00 . Junub Sebelum Sahur, Mandi Dulu Apa Langsung Makan?   |   16:00 . Ingin Jalan-Jalan? Tengok Suasana Pasar Takjil di Malo Yuk!!   |   15:00 . Safari Ramadan, PEPC Santuni Anak Yatim   |  
Fri, 25 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 12 January 2018 07:00:00

Malas Gerak? Cobalah Gerakan Fitnes Sederhana, Sambil Santai...

Malas Gerak? Cobalah Gerakan Fitnes Sederhana, Sambil Santai...

Reporter: -

blokBojonegoro.com -
Memulai perubahan di tahun baru bisa dimulai dari hal-hal kecil. Termasuk untuk mereka yang malas bergerak.

Coba deh ikuti beberapa gerakan di bawah ini, dan mari kita memulai gaya hidup lebih sehat.

1. Pilih berdiri daripada duduk


Ada sekitar 300 sendi dan 800 otot di seluruh tubuh kita. Duduk di kursi membuat tulang punggung kita berada pada posisi terenggang secara berulang.

Nah, dalam beberapa kegiatan mulailah memilih posisi berdiri. Misalnya saat naik transportasi umum seperti kereta, ngobrol dengan teman, atau kegiatan lainnya.

2. Squat


Pernah melihat bayi duduk dalam posisi berjongkok? Faktanya, posisi "squat bayi" tersebut sebenarnya merupakan kebiasaan natural manusia sebagai posisi istirahat.

Hanya saja, pada umur balita, manusia diperkenalkan dengan posisi istirahat baru, yaitu duduk di kursi, sehingga kebiasaan itu berubah.

Squat tidak hanya baik untuk fleksibilitas pinggul, tapi juga melancarkan sistem pencernaan untuk buang air besar.

Tentu, menjadi hal baik jika kita bisa kembali membawa kebiasaan itu. Misalnya dengan menghabiskan tiga menit dalam sehari untuk duduk di posisi squat.

Jangan lupa, bagian tumit harus tetap menapak pada permukaan lantai, dengan kaki menghadap ke depan, dan lutut berjarak lebih lebar dari posisi antar-kaki.

3. Lakukan gym outdoor


Pada usia 75, dua pertiga manusia akan menderita penyakit kronis, dan banyak yang bergantung pada obat-obatan untuk bertahan hidup.

Tapi, hal ini bisa dihindari, salah satunya dengan melakukan gym outdoor. Meskipun hal ini agak sulit dicari.

Contohnya, tiang yang bisa digunakan untuk olahraga pull up, mudahditemukan di taman-taman kota.

Juga, parallel bars atau benda-benda yang bisa kita fungsikan sebagai rintangan untuk melompat.

Jadi, Kamu bisa memulai kebiasaan itu. Carilah gym outdoor terdekat, dan cobalah saat akhir pekan, misalnya.

4. Jadikan kasur sebagai tempat olahraga


Faktanya, mengulangi kebiasaan berdiam di tempat secara terus menerus, seperti duduk atau berdiam di tempat tidur, menghambat enzim pembakar lemak, termasuk usaha menurunkan berat badan.

Tapi, ada hal yang bisa kita lakukan dengan tempat tidur. Misalnya, untuk peregangan tubuh.

Untuk melatih fleksibilitas kaki, cobalah duduk di tengah tempat tidur dengan kaki direntangkan selebar yang Kamu bisa.

Lebarkan kaki hingga ujungnya bisa menyentuh pinggir kasur. Tahan. Ulangi beberapa kali setiap malam.

5. Nonton TV


Bermalas-malasan sering dilakukan sambil menonton televisi. Tapi hati-hati, duduk di sofa bisa berdampak pada postur tubuh yang kurang baik di kemudian hari.

Jika dilakukan secara rutin dan berulang, duduk dengan posisi bermalas-malasan di sofa memberikan tekanan yang sama pada punggung dan memaksa tulang punggung berada pada posisi tertekuk.

Hal ini bisa menyusutkan ruang bernafas di paru-paru. Karena itu, cobalah manfaat dari melakukan peregangan di lantai. Toh, hal itu tak mengganggu hobi Kamu untuk menonton televisi.

Beberapa hal ini bisa dicoba. Misalnya duduk dengan posisi sila. Posisi sila adalah posisi klasik untuk memulai yoga. Tapi, jangan lupa untuk juga berganti sisi.

Posisi lainnya adalah posisi "pancake", yaitu duduk di lantai dengan merenggangkan kaki ke depan, kemudian diregangkan selebar yang Kamu bisa.

Jika saat melakukannya Kamu merasa akan jatuh ke belakang, ganjal lah dengan beberapa tumpuk buku.

Kamu juga bisa menonton televisi sambil berbaring dengan posisi tengkurap dan topang tubuhmu dengan kedua siku.

*Sumber: kompas.com


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more