19:00 . Pendma Kemenag Provinsi Pantau UNBK MTsN Bojonegoro   |   18:00 . Bantu Petani, Kosgoro Beri Bantuan Traktor   |   16:00 . APK Melanggar di Pekarangan Rumah Pun Ditertibkan   |   15:00 . Undang Insan Pers, Danrem Ajak Perangi Hoax   |   14:00 . Siswi Kelas 3 SD ini Ikut Lomba Rias Tiga Kabupaten   |   13:00 . 24 Perias Tiga Kabupaten Ikuti Perlombaan di Bojonegoro   |   12:00 . 3 SMP Menumpang Pelaksanaan UNBK di SMKN Dander   |   11:00 . Panwaskab Bersihkan APK yang Dinilai Melanggar   |   10:00 . Mencari Rumput, Warga Temayang Meninggal di Sambar Petir   |   09:00 . Ada Kendala Teknis dari Pusat, Siswa Sempat Panik   |   08:00 . 17.828 Siswa SMP/MTs Hari Ini Dimulai UNBK   |   07:00 . Simak, Tips Aman Santap Makanan Berkolesterol   |   06:00 . Ingin Jadikan Dander Kota ke Dua Setelah Bojonegoro   |   21:00 . Tentukan Sikap Sendiri, PKS Bojonegoro Dukung Mulyo-Atine   |   20:00 . Ditahan Imbang Blitar Poetra 1-1, Jordi Kartiko Kecewa   |  
Tue, 24 April 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 13 March 2018 07:00:16

Mau Makan Porsi Besar tapi Tak Bikin Gemuk? Simak Tips ini

Mau Makan Porsi Besar tapi Tak Bikin Gemuk? Simak Tips ini

Reporter:-

blokBojonegoro.com -
Pemahaman yang menyebut untuk menurunkan berat badan harus dimulai dengan mengurangi porsi makan, tentu bukan merupakan hal baru.

Namun, seperti dikutip dari laman Reader’s Digest, sebuah studi baru ternyata berpendapat lain. Penelitian di Amerika Serikat mengungkapkan, seseorang bisa makan apa saja, -asal cukup "pintar", hingga tetap bisa mengontrol berat badan.

Kata "pintar" di sini merujuk kepada pengetahuan yang benar akan kandungan nutrisi yang tersaji dalam makanan. Dalam penelitian ini, para responden diminta menyantap beragam makanan dalam berbagai porsi, dan lalu diukur berapa banyak makanan yang dikonsumsi.

Hasilnya, mereka yang memiliki lebih banyak makanan,  ternyata mengonsumsi porsi lebih besar daripada kebiasaan normal makan mereka. Sebagai contoh, peningkatan porsi makanan sebesar 75 persen membuat para peserta mengonsumsi 27 persen kalori lebih banyak.

Dalam penelitian ini, sepertiga peserta adalah bagian dari percobaan penurunan berat badan selama setahun, di mana mereka diajarkan untuk membuat pilihan makanan yang lebih sehat.

Hasilnya, sekalipun mereka (yang memiliki pengetahuan soal kandungan nutrisi makanan) makan dengan porsi lebih besar, mereka dapat memilih makanan lebih sehat dan rendah kalori.

Dengan demikian, mereka masih mengonsumsi kalori lebih sedikit daripada orang-orang yang buruk dalam memilih makanan. “Kalau Kamu memilih makanan berkalori tinggi namun membatasi jumlah yang dimakan, porsinya akan terlalu kecil."

"Lalu, kemungkin akan tetap merasa lapar,” kata Faris Zuraikat, seorang mahasiswa pascasarjana dan salah satu penulis penelitian. Temuan menunjukkan, dengan mengonsumsi makanan rendah kalori, Kamu bisa menurunkan berat badan, meskipun tetap makan dengan porsi banyak. 

Contoh makanan rendah kalori antara lain, sayuran dan daging tanpa lemak seperti ayam dan ikan, "Penelitian ini mendukung gagasan megurangi konsumsi makanan padat kalori dan beralih pada lebih banyak nutrisi."

"Makanan rendah kalori padat dapat membantu mengatasi rasa lapar saat mengkonsumsi lebih sedikit kalori," kata Barbara Rolls profesor gizi di Penn State University. Jadi, dia menegaskan, kita masih bisa makan dengan porsi banyak, tapi dengan cara mengubah proporsi dari berbagai jenis makanan.

Sumber: https://lifestyle.kompas.com/read/2018/03/12/160000720/
mau-makan-porsi-besar-tapi-tak-bikin-gemuk-simak-tips-ini


Pendidikan & Kesehatan

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 22 April 2018 10:00:41

    Sambut Ramadan, Kahmi Bojonegoro Bahas Isu Kekinian

    Sambut Ramadan, Kahmi Bojonegoro Bahas Isu Kekinian Korp Alumni HMI (Kahmi) Bojoneggoro melakukan persiapan menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Kesiapan itu ditunjukan dalam perkumpulan bersama Kahmi se Bojonegoro, Sabtu (21/4/2018) malam di Jalan Kolonel Sugiono.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more