11:00 . Pemudik di Terminal Tiap Hari Stabil   |   10:00 . Lebaran, Warkop Menjadi Tempat untuk Bersilaturrohim   |   09:00 . Hari ini, Grand Opening Bukit Tono   |   08:00 . Pengunjung Kecewa Tak Bisa Rasakan Belimbing Kuning   |   07:00 . Loyo Usai Liburan, Ini Tips Genjot Produktivitas Kerja!   |   20:00 . Libur Lebaran, Pengunjung Kebun Belimbing Membludak   |   19:00 . Mengaku Akun FB Dibajak, BI Tetap Dibawa ke Bekasi   |   18:00 . Diduga Pelaku Hate Speech, Pemuda Gayam Diamankan Polisi   |   17:00 . Reuni Kedua Maisba 2008, Belajar Pertanian   |   16:00 . Anna Mu'awanah Open House Tiga Hari   |   15:00 . Harga Bahan Pokok Saat Lebaran Cenderung Stabil   |   14:00 . Lebaran, Liburan Gratis di Sendang Grogolan   |   13:00 . Lawan Putra Jombang, Persibo Target Menang   |   12:00 . Lebaran, Jasa Pengisi Angin Nitrogen Kebanjiran Berkah   |   11:00 . PAC Ansor Gayam Gelar Halal Bihalal   |  
Thu, 29 June 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Salafiyah No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 April 2017 11:00:00

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemerintah hadir salah satunya menjadi solusi atas permasalahan sosial yang terkadang di pandang sebelah mata, termasuk keberadaan anak jalanan (Anjal) yang selama ini terkesan negatif. Sehingga pihak Dinas Sosial melatih anak-anak tersebut agar berdaya dan memiliki kreatifitas.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Adi Witjaksono mengatakan, bahwa pihaknya pada Kamis kemarin mulai menggelar pelatihan keterampilan bagi anak-anak jalanan di Bojonegoro.

Setidaknya pelatihan ini diikuti 30 anak jalanan dan 200 peserta dari Sanggar Putra Bima. "Mereka mendapatkan pelatihan tentang membuat pin dan sablon di gelas oleh BLK Bojonegoro," terangnya.

Sedangkan dari Dinas Sosial, anak jalanan ini dilatih untuk membentuk grup band. Tak hanya membentuk, namun Dinas Sosial juga memberikan bantuan alat-alat musik band lengkap dengan sound sistemnya. "Bantuan lain yang diberikan adalah buku perpustakaan dan kelengkapannya sekaligus peralatan untuk pembuatan sablon," jelas Adie.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro menegaskan, bahwa dengan bantuan ini akan membuat mereka semakin produktif dan tidak kembali ke jalanan. Fasilitasi dan pelatihan ini adalah sebagai upaya untuk memberdayakan mereka ke arah yang lebih positif. "Dengan demikian juga akan memberikan kesempatan mereka untuk memberdayakan diri melalui media yang lebih tepat bukan di jalanan, apalagi kesan anak jalanan yang negatif. Dengan pelatihan ini akan membuat mereka lebih berdaya dan lebih produktif," tegasnya.

Sementara itu, Polres Bojonegoro yang juga hadir dalam pembinaan dan pelatihan dari Kasat Bimas Polres yaitu Ibu AKP Ismawati. Ibu Isma di hadapan para peserta mengatakan, bahwa anak jalanan harus lebih terarah dalam kegiatannya dan jangan mengganggu di jalan.

"Jika selama ini anak jalanan dikesankan negatif, maka dengan adanya pelatihan ini mereka harus meningkat dalam artian lebih produktif," imbuhnya.

Apalagi pemerintah sudah memfasilitasi mereka mulai dengan pembekalan pelatihan dan memberi bantuan alat. Ini menandakan bahwa pemerintah itu juga memperhatikan mereka. Jadi hendaknya mereka mampu memanfaatkan moment ini dengan sebaik mungkin.

Kedepan Dinas Sosial akan merencanakan menggelar event bagi anak-anak jalanan, diperkirakan bulan September mendatang. [zid/mu]


Peristiwa

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 14 June 2017 15:00:53

    UKW PWI Cabang Tuban

    blokMedia Group Ikutkan 9 Reporter di UKW

    blokMedia Group Ikutkan 9 Reporter di UKW Sebanyak 9 reporter dari blokMedia Group (www.blokBojonegoro.com dan www.blokTuban.com) mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Tuban, selama dua hari ke depan, Rabu (14/6/2017), di auditorium Semen Gresik, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 25 June 2017 05:00:08

    MWC NU Temayang Salurkan Zakat Fitrah

    MWC NU Temayang Salurkan Zakat Fitrah Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Temayang beserta Banomnya menyalurkan zakat fitrah dan Santunan anak yatim piatu bertempat di Dukuh Sumberpoh, Desa. Soko, wilayah ini menempuh perjalan sekitar 75 menit dari Kecamatan Temayang, Sabtu, (24/06/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more