21:00 . Chek Dam Bocor, 3 RT di Sarangan Kebanjiran   |   20:00 . Jual Mobil Lising, Warga Malo Masuk Bui   |   19:00 . Siswa Luar Daerah Perketat Persaingan Olimpiade Matematika IKIP   |   18:00 . Ketua DPRD Kosong, Wawan Digantikan Agung   |   17:00 . 3836 Petani Sudah Ikut Asuransi Pertanian   |   16:00 . GTT Segera Terima SK, PTT Masih Tak Jelas?   |   15:00 . Pemerintah Dander Akan Lakukan Normalisasi Sungai   |   14:00 . Genangi Hektaran Lahan Padi, Petani Terancam Gagal Panen   |   13:00 . 170 Guru di Bojonegoro Ikuti Seminar PTK   |   12:00 . Tak Mampu Tahan Derasnya Air, Tanggul Sambiroto Jebol   |   11:00 . Pemasangan APK Tunggu Desain dari KPU   |   10:00 . Tauwa, Minuman Nikmat, Hangat Segarkan Badan   |   09:00 . Ayo...! Berselawat Bareng Ustad M. Ridwan Asyfi dan Kang Prabu   |   08:00 . Siaga Hijau, Debit Bengawan Solo Terus Surut   |   07:00 . Sering Konsumsi Soda? Waspadai Efek Sampingnya   |  
Mon, 26 February 2018
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 April 2017 11:00:00

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemerintah hadir salah satunya menjadi solusi atas permasalahan sosial yang terkadang di pandang sebelah mata, termasuk keberadaan anak jalanan (Anjal) yang selama ini terkesan negatif. Sehingga pihak Dinas Sosial melatih anak-anak tersebut agar berdaya dan memiliki kreatifitas.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Adi Witjaksono mengatakan, bahwa pihaknya pada Kamis kemarin mulai menggelar pelatihan keterampilan bagi anak-anak jalanan di Bojonegoro.

Setidaknya pelatihan ini diikuti 30 anak jalanan dan 200 peserta dari Sanggar Putra Bima. "Mereka mendapatkan pelatihan tentang membuat pin dan sablon di gelas oleh BLK Bojonegoro," terangnya.

Sedangkan dari Dinas Sosial, anak jalanan ini dilatih untuk membentuk grup band. Tak hanya membentuk, namun Dinas Sosial juga memberikan bantuan alat-alat musik band lengkap dengan sound sistemnya. "Bantuan lain yang diberikan adalah buku perpustakaan dan kelengkapannya sekaligus peralatan untuk pembuatan sablon," jelas Adie.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro menegaskan, bahwa dengan bantuan ini akan membuat mereka semakin produktif dan tidak kembali ke jalanan. Fasilitasi dan pelatihan ini adalah sebagai upaya untuk memberdayakan mereka ke arah yang lebih positif. "Dengan demikian juga akan memberikan kesempatan mereka untuk memberdayakan diri melalui media yang lebih tepat bukan di jalanan, apalagi kesan anak jalanan yang negatif. Dengan pelatihan ini akan membuat mereka lebih berdaya dan lebih produktif," tegasnya.

Sementara itu, Polres Bojonegoro yang juga hadir dalam pembinaan dan pelatihan dari Kasat Bimas Polres yaitu Ibu AKP Ismawati. Ibu Isma di hadapan para peserta mengatakan, bahwa anak jalanan harus lebih terarah dalam kegiatannya dan jangan mengganggu di jalan.

"Jika selama ini anak jalanan dikesankan negatif, maka dengan adanya pelatihan ini mereka harus meningkat dalam artian lebih produktif," imbuhnya.

Apalagi pemerintah sudah memfasilitasi mereka mulai dengan pembekalan pelatihan dan memberi bantuan alat. Ini menandakan bahwa pemerintah itu juga memperhatikan mereka. Jadi hendaknya mereka mampu memanfaatkan moment ini dengan sebaik mungkin.

Kedepan Dinas Sosial akan merencanakan menggelar event bagi anak-anak jalanan, diperkirakan bulan September mendatang. [zid/mu]


Peristiwa

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 07 February 2018 12:00:00

    Joe Jadi GM dan Yazid Promosi ke Pemred

    Joe Jadi GM dan Yazid Promosi ke Pemred Setelah blokTuban.com melakukan penyegaran, Blok Media Group kembali menggelar reorganisasi dan kini giliran blokBojonegoro.com. Pucuk pimpinan media online terpandang di wilayah Bojonegoro dan sekitarnya itu resmi berganti.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more