16:00 . PMI Serahkan Perahu Kepada 3 Desa Program CFR   |   15:00 . Badan Hukum UPK PNPM di Bojonegoro Masih Belum Jelus?   |   14:00 . Setelah Digusur, Warga Akan Direlokasi   |   13:00 . 4 Bacakades Beged PAW Ikuti Tes Tulis   |   12:00 . Warga Dipastikan Tak Dapat Ganti Rugi   |   11:00 . Dari Kajari, Putra Bojonegoro Jabat Aspidus Kajati Jatim   |   10:00 . PKK Ringintunggal Kunjungi Lapangan Migas Banyuurip   |   09:00 . Sebelum Purna, Bupati akan Mutasi PNS Lagi   |   08:00 . Besok, Pemkab Gelar Grebeg Berkah Jonegaran   |   07:00 . 4 Olahraga Terbaik di Dunia Versi Harvard University   |   06:00 . Pagi Ini Emas Antam Dibuka Turun Rp4.000/gram   |   23:00 . Sempat Tertinggal 3 Gol, EMCL Imbangi NGO dan Wartawan   |   22:00 . Demi Budaya Literasi, SMAN 3 Gelar Pelatihan Menulis   |   21:00 . Diwajibkan Pemerintah, Ini Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar   |   20:00 . Ingat! Per 31 Oktober Semua Kartu Prabayar Wajib Registrasi Ulang   |  
Wed, 18 October 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 21 April 2017 11:00:00

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Dinsos Berdayakan Anjal Dengan Pelatihan Kreatif

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemerintah hadir salah satunya menjadi solusi atas permasalahan sosial yang terkadang di pandang sebelah mata, termasuk keberadaan anak jalanan (Anjal) yang selama ini terkesan negatif. Sehingga pihak Dinas Sosial melatih anak-anak tersebut agar berdaya dan memiliki kreatifitas.

Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kabupaten Bojonegoro, Adi Witjaksono mengatakan, bahwa pihaknya pada Kamis kemarin mulai menggelar pelatihan keterampilan bagi anak-anak jalanan di Bojonegoro.

Setidaknya pelatihan ini diikuti 30 anak jalanan dan 200 peserta dari Sanggar Putra Bima. "Mereka mendapatkan pelatihan tentang membuat pin dan sablon di gelas oleh BLK Bojonegoro," terangnya.

Sedangkan dari Dinas Sosial, anak jalanan ini dilatih untuk membentuk grup band. Tak hanya membentuk, namun Dinas Sosial juga memberikan bantuan alat-alat musik band lengkap dengan sound sistemnya. "Bantuan lain yang diberikan adalah buku perpustakaan dan kelengkapannya sekaligus peralatan untuk pembuatan sablon," jelas Adie.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro menegaskan, bahwa dengan bantuan ini akan membuat mereka semakin produktif dan tidak kembali ke jalanan. Fasilitasi dan pelatihan ini adalah sebagai upaya untuk memberdayakan mereka ke arah yang lebih positif. "Dengan demikian juga akan memberikan kesempatan mereka untuk memberdayakan diri melalui media yang lebih tepat bukan di jalanan, apalagi kesan anak jalanan yang negatif. Dengan pelatihan ini akan membuat mereka lebih berdaya dan lebih produktif," tegasnya.

Sementara itu, Polres Bojonegoro yang juga hadir dalam pembinaan dan pelatihan dari Kasat Bimas Polres yaitu Ibu AKP Ismawati. Ibu Isma di hadapan para peserta mengatakan, bahwa anak jalanan harus lebih terarah dalam kegiatannya dan jangan mengganggu di jalan.

"Jika selama ini anak jalanan dikesankan negatif, maka dengan adanya pelatihan ini mereka harus meningkat dalam artian lebih produktif," imbuhnya.

Apalagi pemerintah sudah memfasilitasi mereka mulai dengan pembekalan pelatihan dan memberi bantuan alat. Ini menandakan bahwa pemerintah itu juga memperhatikan mereka. Jadi hendaknya mereka mampu memanfaatkan moment ini dengan sebaik mungkin.

Kedepan Dinas Sosial akan merencanakan menggelar event bagi anak-anak jalanan, diperkirakan bulan September mendatang. [zid/mu]


Peristiwa

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Wednesday, 04 October 2017 06:00:00

    Laporan dari Tiongkok (4)

    Berburu Rumah Makan Indonesia di Tiongkok

    Berburu Rumah Makan Indonesia di Tiongkok Disela-sela mengikuti The 22ND Annual Conference And General Meeting Of The International Association Of Presecutors di Beijing 11-15 September 2017 lalu, saya menyempatkan diri berburu rumah makan Indonesia di Tiongkok. Maklum selama konferensi lidah saya belum bisa sepenuhnya menerima menu lokal. Jadi selalu kangen rawon…

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more