18:00 . Prospektif, Persaingan Pengembang Semakin Ketat   |   17:00 . Saat Ditemukan Bayi Masih Berwarna Putih dan Berdarah   |   16:30 . Bayi Sudah Ditemukan Sejak Pagi, Siang Baru Diangkat   |   16:00 . Didi Suryadi: Jangan Lupakan Sejarah Dalam Membangun Bangsa   |   15:00 . Cari Ikan, Warga Balen Temukan Mayat Bayi di Bengawan   |   14:00 . Laga Awal, Persibo Akan Berlaga Pada 4 Desember   |   13:00 . Puluhan Ribu Peserta Sudah Mendaftar   |   12:00 . Kang Yoto: Didiklah Anak dengan Kasih Sayang   |   11:00 . Hasil Akhir, Atlet Bojonegoro Bawa Pulang 11 Medali   |   10:00 . Dungus Surut, Debit Bengawan Mulai Turun   |   09:00 . Kesadaran Minim, 10 Orang Meninggal Akibat TB   |   08:00 . Hari ini Kemeriahan Bojonegoro Fashion Art Dimulai   |   07:00 . Inilah Cara Aquaman Membangun Ototnya   |   06:00 . Waspada, TMA Bengewan Solo Terpantau Naik   |   23:00 . Kosgoro Akan Gelar Jalan Santai Gratis   |  
Sat, 18 November 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 November 2017 08:00:00

Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Latihan Pemadaman

Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Latihan Pemadaman

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Kejadian kebakaran yang menimpa Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, pada Minggu (12/11/2107) dini hari lalu, menjadi pembelajaran yang berharga bagi Polres Bojonegoro, Polda Jawa Timur, untuk mengantisipasi kejadian yang serupa.

Setelah pelaksanaan apel pagi, seluruh anggota Polres Bojonegoro bersama Dinas Pemadam Kebakaran melaksanakan latihan teori dan praktek tentang teknik pemadaman api, yang digelar di halaman depan Mapolres Bojonegoro.

Latihan dimulai dengan pengenalan terhadap APAR (Alat Pemadam Api Ringan), jenis APAR, cara menggunakan APAR oleh Sukirno dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro. Disampaikan oleh Sukirno, APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran dalam skala kecil.

Anggota Polres Bojonegoro baik itu Polki maupun Polwan, seketika itu juga mereka langsung melakukan latihan praktek pemadaman kebakaran tabung LPG, pemadaman kebakaran pada bahan karet (Ban) dengan menggunakan handuk basah dan Apar jenis Dry Chemical Powder atau tabung pemadam kebakaran.

Menurut Wakapolres Bojonegoro, Kompol Dodon Priyambodo, latihan itu untuk meningkatkan keterampilan anggota Polres Bojonegoro dalam melakukan langkah menangani bencana kebakaran, apabila musibah kebakaran menimpa Mako (Markas Komando).

"Kita harapkan semua anggota dapat memahami dan menggunakan APAR bila terjadi kebakaran khususnya di lingkungannya," kata Kompol Dodon Priyambodo.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, di tempat terpisah, beliau mengungkapkan, latihan yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk melatih kecakapan dan kecepatan anggotanya apabila terjadi kebakaran yang menimpa Mapolres.

Menurut Kapolres, teknik pemadaman api adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anggota saat pelaksanaan Sispam Mako apabila terjadi kebakaran. Anggota harus paham teknik pemadaman api yang benar, sehingga dapat memberikan keselamatan diri sendiri dan menyelamatkan asset penting milik dinas yang berada kantor saat terjadi kebakaran.

"Latihan ini untuk meningkatkan kesigapan dan kecepatan bertindak serta profesionalisme anggota dalam menangani bahaya kebakaran sebelum petugas Damkar datang ke lokasi, sehingga kejadian seperti di Polres Dharmasraya tidak terjadi di Polres kita,” pungkas AKBP Wahyu S. Bintoro. [zid/mu]


Peristiwa

Video bB

Redaksi

  • Friday, 25 August 2017 14:30:19

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo

    GM bB Hadir Diundang Kajari Surabaya

    Jambore Nasional Revolusi Mental di Solo, Jawa Tengah yang dimulai Jumat (25/8/2017) berlangsung meriah. Bahkan, jalanan di kota asal Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tersebut sampai macet total.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 12 November 2017 13:00:35

    HMI Cabang Bojonegoro

    LK1 Bina Mahasiswa Jadi Tangguh dan Kreatif

    LK1 Bina Mahasiswa Jadi Tangguh dan Kreatif Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bojonegoro melaksanakan Basic Training (LK1) yang dikemas dalam Leadership forum, di Lemcadika, Desa Kalianyar, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Minggu (12/11/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more