21:00 . KPU Sudah Terima LHKPN Bacabup-Bacawabup dari KPK   |   20:00 . Panen Raya, Harga Jagung Turun   |   19:00 . Pemerintahan Jokowi Klaim Mampu Wariskan Ekspor Kebutuhan Pokok   |   18:00 . Uji Laboratorium, DLH Datangi Lokasi Sumur Tiban   |   17:00 . Mayat Mr.X Tertelungkup di Bibir Sungai Bengawan Solo   |   16:00 . Saat Gubernur Sambutan, Tiang Tarup Jatuh Tertiup Angin   |   15:00 . Usai Ditanami Pisang, Jalan Langsung Diperbaiki   |   14:00 . Mentan: Kita Cari Solusi Agar Petani Masih Untung   |   13:00 . Holding BUMN Migas Akan Dibentuk Minggu ini   |   12:00 . Menteri Pertanian RI Lakukan Panen Raya di Kanor   |   11:00 . Bojonegoro Kekurangan Guru BK dan Bahasa Indonesia   |   10:00 . Pemdes Semanding Sayangkan Aksi Tanam Pisang   |   09:00 . Akan Temui Mentan, Petani Kanor Tolak Impor Beras   |   08:00 . Ketemu Audry yang Tidak Bisa Tidur   |   07:00 . Masa Remaja Jaman Now Dimulai Usia 10 Tahun Hingga 24 Tahun   |  
Tue, 23 January 2018
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 November 2017 08:00:00

Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Latihan Pemadaman

Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Latihan Pemadaman

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Kejadian kebakaran yang menimpa Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, pada Minggu (12/11/2107) dini hari lalu, menjadi pembelajaran yang berharga bagi Polres Bojonegoro, Polda Jawa Timur, untuk mengantisipasi kejadian yang serupa.

Setelah pelaksanaan apel pagi, seluruh anggota Polres Bojonegoro bersama Dinas Pemadam Kebakaran melaksanakan latihan teori dan praktek tentang teknik pemadaman api, yang digelar di halaman depan Mapolres Bojonegoro.

Latihan dimulai dengan pengenalan terhadap APAR (Alat Pemadam Api Ringan), jenis APAR, cara menggunakan APAR oleh Sukirno dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro. Disampaikan oleh Sukirno, APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran dalam skala kecil.

Anggota Polres Bojonegoro baik itu Polki maupun Polwan, seketika itu juga mereka langsung melakukan latihan praktek pemadaman kebakaran tabung LPG, pemadaman kebakaran pada bahan karet (Ban) dengan menggunakan handuk basah dan Apar jenis Dry Chemical Powder atau tabung pemadam kebakaran.

Menurut Wakapolres Bojonegoro, Kompol Dodon Priyambodo, latihan itu untuk meningkatkan keterampilan anggota Polres Bojonegoro dalam melakukan langkah menangani bencana kebakaran, apabila musibah kebakaran menimpa Mako (Markas Komando).

"Kita harapkan semua anggota dapat memahami dan menggunakan APAR bila terjadi kebakaran khususnya di lingkungannya," kata Kompol Dodon Priyambodo.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, di tempat terpisah, beliau mengungkapkan, latihan yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk melatih kecakapan dan kecepatan anggotanya apabila terjadi kebakaran yang menimpa Mapolres.

Menurut Kapolres, teknik pemadaman api adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anggota saat pelaksanaan Sispam Mako apabila terjadi kebakaran. Anggota harus paham teknik pemadaman api yang benar, sehingga dapat memberikan keselamatan diri sendiri dan menyelamatkan asset penting milik dinas yang berada kantor saat terjadi kebakaran.

"Latihan ini untuk meningkatkan kesigapan dan kecepatan bertindak serta profesionalisme anggota dalam menangani bahaya kebakaran sebelum petugas Damkar datang ke lokasi, sehingga kejadian seperti di Polres Dharmasraya tidak terjadi di Polres kita,” pungkas AKBP Wahyu S. Bintoro. [zid/mu]


Peristiwa

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 27 December 2017 16:00:00

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah

    Juara 2, Wartawan blokTuban.com Boyong Piala dan Hadiah Wartawan media blokTuban.com, Moch. Nur Rofiq meraih juara dua lomba menulis berita desa wisata berbasis sedekah tepatnya Desa Guwoterus, Kacamatan Montong, Kabupaten Tuban. Lomba yang dihelat desa produktif binaan Baznas Kabupaten Tuban dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Tabungan Akhirat itu berlangsung pada Kamis (21/12/2017) kemarin.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Thursday, 04 January 2018 06:00:00

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian

    Harlah Ke-32, Ranting PSNU PN Temayang Gelar Pengajian Rabu malam (3/1/2018), bertempat di RT.013/RW.006 Dukuh Kedunggampeng Desa/Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Ranting Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa (PN) Temayang mengadakan peringatan hari lahir (Harlah) PSNU Pagar Nusa yang ke-32 dan tasyakuran.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more