14:00 . Hasil UNBK Siswa SMP di Bojonegoro Menurun   |   13:00 . PPDB Hari Pertama Terganggu Server Eror   |   12:00 . Mei Ini, Bantuan Beras Rastra Beralih ke BPNT   |   11:00 . Cerita Literasi di SD Tasikharjo dan Remen   |   10:00 . Puasa, Pengunjung Pameran di Gedung UMKM Sepi   |   09:00 . Ditinggal Ngantar Masuk Kos, Motor Raib   |   08:00 . Berduaan di Pantai Tuban Saat Malam, Pelajar Bojonegoro Diamankan   |   07:00 . Tertawa Bisa Bikin Kita Lebih Produktif, Menurut Sains   |   21:00 . Menyamar Jadi Hidung Belang, Polisi Berhasil Ciduk WTS   |   20:00 . Pastikan Spek Bangunan, Dewan Akan Cek Lokasi   |   19:00 . Buka Bersama, Dandim Ingatkan Pemuda Waspada Penjajah   |   18:00 . Dirut PEPC: Proyek di Bojonegoro yang Paling Harmonis   |   17:00 . Junub Sebelum Sahur, Mandi Dulu Apa Langsung Makan?   |   16:00 . Ingin Jalan-Jalan? Tengok Suasana Pasar Takjil di Malo Yuk!!   |   15:00 . Safari Ramadan, PEPC Santuni Anak Yatim   |  
Fri, 25 May 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tuesday, 14 November 2017 08:00:00

Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Latihan Pemadaman

Antisipasi Kebakaran Mako, Polres Latihan Pemadaman

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Kejadian kebakaran yang menimpa Mapolres Dharmasraya, Sumatera Barat, pada Minggu (12/11/2107) dini hari lalu, menjadi pembelajaran yang berharga bagi Polres Bojonegoro, Polda Jawa Timur, untuk mengantisipasi kejadian yang serupa.

Setelah pelaksanaan apel pagi, seluruh anggota Polres Bojonegoro bersama Dinas Pemadam Kebakaran melaksanakan latihan teori dan praktek tentang teknik pemadaman api, yang digelar di halaman depan Mapolres Bojonegoro.

Latihan dimulai dengan pengenalan terhadap APAR (Alat Pemadam Api Ringan), jenis APAR, cara menggunakan APAR oleh Sukirno dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bojonegoro. Disampaikan oleh Sukirno, APAR adalah alat yang digunakan untuk memadamkan api atau mengendalikan kebakaran dalam skala kecil.

Anggota Polres Bojonegoro baik itu Polki maupun Polwan, seketika itu juga mereka langsung melakukan latihan praktek pemadaman kebakaran tabung LPG, pemadaman kebakaran pada bahan karet (Ban) dengan menggunakan handuk basah dan Apar jenis Dry Chemical Powder atau tabung pemadam kebakaran.

Menurut Wakapolres Bojonegoro, Kompol Dodon Priyambodo, latihan itu untuk meningkatkan keterampilan anggota Polres Bojonegoro dalam melakukan langkah menangani bencana kebakaran, apabila musibah kebakaran menimpa Mako (Markas Komando).

"Kita harapkan semua anggota dapat memahami dan menggunakan APAR bila terjadi kebakaran khususnya di lingkungannya," kata Kompol Dodon Priyambodo.

Hal sama juga diungkapkan oleh Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, di tempat terpisah, beliau mengungkapkan, latihan yang dilaksanakan adalah bertujuan untuk melatih kecakapan dan kecepatan anggotanya apabila terjadi kebakaran yang menimpa Mapolres.

Menurut Kapolres, teknik pemadaman api adalah salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh anggota saat pelaksanaan Sispam Mako apabila terjadi kebakaran. Anggota harus paham teknik pemadaman api yang benar, sehingga dapat memberikan keselamatan diri sendiri dan menyelamatkan asset penting milik dinas yang berada kantor saat terjadi kebakaran.

"Latihan ini untuk meningkatkan kesigapan dan kecepatan bertindak serta profesionalisme anggota dalam menangani bahaya kebakaran sebelum petugas Damkar datang ke lokasi, sehingga kejadian seperti di Polres Dharmasraya tidak terjadi di Polres kita,” pungkas AKBP Wahyu S. Bintoro. [zid/mu]


Peristiwa

Video bB

Redaksi

  • Thursday, 15 March 2018 16:00:00

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB

    PEPC Silaturahmi di Kantor Baru bB Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu (PEPC) mengunjungi kantor baru redaksi blokBojonegoro Media di Jalan KS. Tubun, Gang Srinayan nomor 3, Kelurahan Mojokampung, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (15/3/2018).

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 21 May 2018 22:00:32

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI

    KPUK Sosialisasi Pilkada bersama GMNI Bertepatan dengan tahun politik, serta menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada), Komisi Pemilihan Umum Kabupaten (KPUK) Bojonegoro menggelar Sosialisasi Pemilu besama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerakan Mahasiswa Nasional (GMNI) setempat.

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more