17:00 . Kang Yoto Ajak Joget Bersama di Negeri Atas Angin   |   16:00 . Forpimda Pasang Bendera Jumbo di Negeri Atas Angin   |   15:00 . Semester Kedua, Masyarakat Ramai-ramai Gadaikan Barang   |   14:00 . Komisi D: Mengkhawirkan, Perlintasan Tanpa Palang Perlu Dibangun   |   13:00 . Sering Kehilangan Poin, BFC Tak Tampilkan Pemain Terbaik   |   12:00 . Medan Pertempuran di Tuban Selatan   |   11:00 . Tujuh Bacabup Diundang Fit And Proper Test DPD PDI Jatim   |   10:00 . Forkopimda Upacara HUT Kemerdekaan di Negeri Atas Angin   |   09:00 . DPD PDIP Jatim Adakan Fit And Pro Proper Test Bacabup   |   08:00 . Tak Mau Kalah, Guru SMKN 5 Antusias Lomba Makan Kerupuk   |   07:00 . Rahasia Meracik Kopi Tubruk ala Barista   |   06:00 . Woww...! Produksi Minyak JOB PPEJ 8.600 BPH   |   21:00 . Meski Kemarau, Air di Wisata Growgoland Tak Berubah   |   20:00 . MTsN 1 Bojonegoro Semarakkan HUT RI dengan Berbagai Kegiatan   |   19:00 . Janji Dinikahi, Gadis 15 Tahun Disetubuhi Remaja Sumberrejo   |  
Fri, 18 August 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sunday, 06 August 2017 13:30:57

Kumpulrejo Gelar Festival Waluh

Kumpulrejo Gelar Festival Waluh

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Banyak cara yang dilakukan untuk memperkenalkan potensi desa yang ada di Kabupaten Bojonegoro, yakni salah satunya dengan menggelar "Festival Waluh" seperti yang ditunjukkan Desa Kumpulrejo, Kecamatan Kapas pada Minggu (6/8/2017) pagi.

Waluh atau biasa dikenal dengan labu kuning tersebut merupakan hasil lahan pertanian lokal desa setempat, dengan menggelar acara ini nantinya dapat juga memperkenalkan adanya potensi baru yang ada di Bojonegoro. Pada festival itu hadir beberapa tamu undangan di antaranya Wakil Bupati Bojonegoro didampingi kepala Dinas Ketahanan Pangan, Muspika Kecamatan Kapas dan tamu undangan lainnya.

Saat ditemui blokBojonegoro.com, Kepala Desa Kumpulrejo, Wiyono mengatakan festival ini sebagai upaya untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki oleh desa. Sekaligus ini momentum pertama dalam menggelar festival aneka produk olahan berbahan waluh.

"Ada Kurang lebih 800 waluh yang dijadikan tugu kali ini, yang beratnya minimal 3 kilogram," jelasnya.

Ratusan masyarakat sekitar bahkan sejak pagi sudah memadati area festival waluh bertempat di lapangan desa tersebut. Banyak aneka kreasi olahan produk yang semuanya bahan utamanya labu kuning. Selain itu, masyarakat juga disuguhi berbagai aneka pertunjukkan salah satunya seni Reog.

Pada Kesempatan itu, Wakil Bupati Bojonegoro juga membuka acara tersebut, dalam sambutannya sangat mengapresiasi langkah para perangkat desa setempat, yang mempunyai ide inovatif dalam memperkenalkan produk yang bahan bakunya dari hasil lahan pertanian desa sendiri.

"Saya bangga dengan inisiatif para warga sini, yang mampu mengolah dan berhasil meningkatkan mutu dan kualitas waluh menjadi produk yang aman dan berkhasiat," tuturnya di hadapan masyarakat yang hadir.

Pada festival itu, juga dipamerkan makanan dodol waluh yang panjangnya hingga 16 meter, di mana dodol tersebut merupakan hasil olahan dari ibu desa setempat. Nampak aneka stand bazar turut menjual aneka makanan dan minuman yang bahannya dari waluh seperti ice cream, kripik, keciput, wingko, rempeyek, krupuk dan berbagai aneka makanan lainnya.

"Semoga dengan adanya festival ini dapat menjadi Ikon baru Bojonegoro," harap Kades Kumpulrejo. [saf/ito]


Wisata & Kuliner

Video bB

Redaksi

  • Friday, 07 July 2017 22:00:33

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an

    YSP dan Blokers Peduli Serahkan Bantuan Kepada Ibu Naf'an Dana yang terkumpul dari para Blokers (Sebutan para pembaca blokBojonegoro.com) hasil kerja sama blokBojonegoro.com dengan Yayasan Sedulur Pena (YSP) diberikan kepada Srimaningsih (Ibu Naf'an). Rencananya, bantuan tersebut akan digunakan untuk berobat Anis, yang tidak lain adalah adik kandung dari Naf'an.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Saturday, 05 August 2017 10:00:46

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan

    Membangun Ekonomi Ansor Melalui Peternakan Peternakan merupakan hal yang strategis untuk meningkatkan perekonomian, namun hal itu harus di lakukan dengan benar. Setidaknya, hal itu yang disampaikan dalam dialog OBOR yang diselenggarakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) GP Ansor Gayam Kabupaten Bojonegoro pada Jumat (4/8/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more