19:00 . Tradisi Gumbreg, Usir Tikus Ala Masyarakat Desa Sidorejo   |   18:00 . Basuki Temu Kangen Bersama Alumni SMPN Dander   |   17:00 . Diduga Konsleting Listrik, 3 Rumah Warga Sudu Terbakar   |   16:00 . Persibo, Marwah dan Kebanggaan   |   15:00 . Kang Yoto: PNS Harus Pandai Atur Keuangan   |   14:00 . Ajang Silaturahim, Gebyar Maulid dan Pawai Ta'aruf Meriah   |   13:00 . Kompak, Siswa PSHT Bubulan Kerja Bakti Bangun Jalan   |   12:00 . DPU: Kami Sudah Mengingatkan Rekanan, Tapi Diabaikan   |   11:00 . UN Paket B dan C Diwacanakan Berbasis Komputer Tahun Depan   |   10:00 . Wakapolres Resmi Buka Drumband Competition   |   09:00 . Rawan Bencana, Sekcam Dander Imbau Masyarakat Waspada   |   08:00 . Ribuan Masyarakat Antusias Saksikan Lomba Drumband di GOR Dander   |   07:00 . Bahaya Tersembunyi Diet Rendah Karbo   |   00:00 . Lagu Akad jadi Penutup Acara Jazz Bengawan   |   23:00 . Selain ke PSSI, Manajemen Juga Melapor ke Menpora   |  
Sun, 17 December 2017
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Wednesday, 11 October 2017 16:00:00

Multicurtural Day ke-3 UIN SA Surabaya

Ada Rumah Samin di Multicultural Day UIN SA Surabaya?

Ada Rumah Samin di Multicultural Day UIN SA Surabaya?

Reporter: Sutopo

blokBojonegoro.com - Kemeriahan acara Multicurtural Day ke-3 yang diselenggarakan oleh International Office (IO) atau Pusat Layanan Internasional UIN Sunan Ampel Surabaya begitu semarak, Rabu (11/10/2017). Terlihat beberapa peserta dari Organisasi Mahasiswa Daerah (Ormada) antusias menampilkan budaya daerahnya masing-masing, begitu juga dengan Ormada dari Kota Ledre, yaitu Forum Komunikasi Mahasiswa Bojonegoro (FKMB).

Acara yang bertema 'Unity in Diversity of Cultures' ini dilaksanakan di auditorium Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UIN SA) dan dimulai dengan seminar nasional, selanjutnya penampilan budaya dari masing-masing peserta Ormada membuat acara semakin menarik dan meriah.

FKMB UINSA salah satunya, selain telah ikut dalam seminar nasional juga menampilkan beberapa lagu dari Kota Ledre, seperti Bojonegoro Matoh dan Waduk Pacal, selain itu juga menyuguhkan makanan khas Bojonegoro dan tak lupa Duta Wisata Kange Yune.

Verinda, Ketua Panitia dalam acara Multicurtural Day tahun ini mengatakan, tujuan diadakannya multicurtural day yaitu supaya mahasiswa yang tergabung dalam organisasi daerah bisa mengenalkan budaya-budaya yang ada di daerahnya masing-masing. "Sehingga budaya tersebut bisa di kenal masyarakat luas," jelasnya.

Terpisah, Ridwan, selaku Duta Wisata Kange dari FKMB UIN SA menuturkan, sebagai pemuda daerah khususnya mahasiswa Bojonegoro, harus bisa menampilkan dan menunjukkan ciri khas daerahnya, salah satunya masyarakat Samin. Karena banyak yang mengira masyarakat Samin itu terbelakang, padahal tidak demikian, buktinya sekarang sudah banyak yang berpendidikan.

"Potensi-potensi lokal daerah juga harus dikembangkan sebagai bentuk ciri khas budaya daerah Bojonegoro, seperti Batik Jonegoroan yang mempunyai ciri khas tersendiri dan juga Wayang Tengul," ujar Ridwan.

Selain itu, Bahtiar sebagai mahasiswa asli Bojonegoro merasa bangga atas penampilan FKMB UIN SA, pada acara Multicurtural Day. Dimana ormana yang ada menampikan keunikan dan keunggulan dari daerahnya masing-masing, khususnya FKMB.

"Bojonegoro harus tetap menjadi daerah yang mengikuti perkembangan zaman, tanpa meninggalkan unsur kebudayaan," pungkas bahtiar.

Niam Kurniawan, selaku Ketua FKMB UIN SA periode 2017 ini berharap, semoga FKMB di tahun-tahun selanjutnya bisa terus eksis dan bisa lebih kreatif dalam acara-acara kampus, khususnya di UIN Sunan Ampel. "Dan juga bisa membawa nama Bojonegoro sebagai daerah yang di lirik dunia," tutup Niam.

Untuk mendukung FKMB menjadi juara dengan cara follow ig https://www.instagram.com/uinsa_sf/. Kalau udah di-acc bisa langsung ngelike sebanyak banyaknya foto booth dari FKMB UINSA dalam acara Multicultural Day di link berikut https://www.instagram.com/p/BaF9H60Bri7aHX3lySoPEaRnBCzbscoy0v-QM80/. [top/mu]


Wisata & Kuliner

Video bB

Redaksi

  • Tuesday, 05 December 2017 10:00:00

    Sah, Nevi bT Lepas Lajang

    Sah, Nevi bT Lepas Lajang Keluarga besar blokMedia Group (blokTuban.com dan blokBojonegoro.com) berbahagia pada Senin (4/12/2017) malam. Pasalnya, admin perusahaan yakni Ria Nevitasari telah melepas lajang setelah dipersunting Syaikhul Umam.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 11 December 2017 21:00:18

    KAJAT: Sarana Kembangkan Keilmuan Mahasiswa

    Dalam rangka menambah wawasan keilmuan, Pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro gelar kajian bermanfaat (KAJAT) yang bertempat di Aula PCNU Bojonegoro. Senin, (11/12/2017).

    read more

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more