07:00 . 'Pelakor' Jadi Tren, Apa Kata Riset tentang Fenomena Ini?   |   22:00 . Peringati HPN, PWI Bojonegoro Ajak Masyarakat Bersalawat   |   21:00 . Chek Dam Bocor, 3 RT di Sarangan Kebanjiran   |   20:00 . Jual Mobil Lising, Warga Malo Masuk Bui   |   19:00 . Siswa Luar Daerah Perketat Persaingan Olimpiade Matematika IKIP   |   18:00 . Ketua DPRD Kosong, Wawan Digantikan Agung   |   17:00 . 3836 Petani Sudah Ikut Asuransi Pertanian   |   16:00 . GTT Segera Terima SK, PTT Masih Tak Jelas?   |   15:00 . Pemerintah Dander Akan Lakukan Normalisasi Sungai   |   14:00 . Genangi Hektaran Lahan Padi, Petani Terancam Gagal Panen   |   13:00 . 170 Guru di Bojonegoro Ikuti Seminar PTK   |   12:00 . Tak Mampu Tahan Derasnya Air, Tanggul Sambiroto Jebol   |   11:00 . Pemasangan APK Tunggu Desain dari KPU   |   10:00 . Tauwa, Minuman Nikmat, Hangat Segarkan Badan   |   09:00 . Ayo...! Berselawat Bareng Ustad M. Ridwan Asyfi dan Kang Prabu   |  
Mon, 26 February 2018
Jl. Brigjen Sutoyo Gg. Langgar No. 5 Desa Sukorejo, Telp 0353-3412093, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Friday, 02 February 2018 11:00:00

Pengerjaan Wisata Geopark Akan Dimulai Tahun Ini

Pengerjaan Wisata Geopark Akan Dimulai Tahun Ini

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Setelah ditetapkan pada bulan November 2017 lalu, pengerjaan Geopark Bojonegoro akan dimulai pada tahun 2018 ini. Geopark sendiri di Indonesia hanya ada 10 tempat, yang salah satunya berada di Kabupaten Bojonegoro.

Geopark Bojonegoro sendiri dibagi menjadi 3 macam, yaitu Geosite (Warisan bumi), Beosite (Berupa Agrowisata) dan Cultursite yang berisi tentang budaya yang berada di Kabupaten Bojonegoro.

Untuk geosite terbagi menjadi 7 titik, yaitu Kayangan Api, Wonocolo, Kawengan, Sungai Banyu Kuning dan Gunung batu, Watu Gandul, Negeri Atas Angin (NAA) serta Cars Gajah dan Sendang Gong.

"Yang Beosite ada Agro salak, Agro Belimbing, Agro Jambu dan penangkaran rusa di Kecamatan Malo," terang Kasi Sumber Daya Manusia (SDM), Dinas Budaya dan Pariwisata (Diabudpar) Kabupaten Bojonegoro, Diah Enggar Rinimukti.

Sedangkan, untuk Cultursite (Wisata Budaya) ada Masyarat Samin yang berada di Kecamatan Margomulyo, Kubur Kalang di Kecamatan Malo dan sandur. Akan tetapi, untuk pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, lantaran anggaran APBD menagalami penundaan sebanyak 30%.

"Pembanguan beberapa Geopark tersebut ditargetkan selesai selama satu tahun dan harus menjadi geopark yang layak," lanjut perempuan yang akrab disapa Enggar tersebut.

Disisi lain, untuk pengerjaan Geopark juga ada penilainya dari Badan Geologi, Kementrian Kemaritiman, Kementrian Pariwisata, Kementrian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan beberapa kementrian lainya. Untuk saat ini, Geopark Kota Ledre hanya mendapat nilai D, masih kalah dengan geopark lainya yang mendapatkan nilai A.

Sementara itu, Wisata Little Texsas Wonocolo akan menjadi daya tarik utama dan yang lainnya menjadi wisata pelengkap. Pasalnya, Wonocolo dirasa menjadi yang paling unik dibanding dengan wisata lainnya, serta hanya satu-satunya wisata minyak yang dipunyai oleh geopark Indonesia.

"Kita juga akan bekerjasama dengan Dinas terkait untuk membangun infrastruktur maupun lainya," pungkas Enggar. [din/mu]

Status Geopark Di Indonesia:

1. Geoparak Belitung (Bangka Belitung)
2. Raja Ampat (Papua Barat)
3. Tambora (Nusa Tenggara Barat)
4. Maros-Pangkep (Sulawesi Selatan)
5. Bojonegoro (Jawa Timur)
6. Bromo-Tengger (Jawa Timur)
7. Ranah Minang (Sumatra Barat)
8. Pegunungan Dieng (Jawa Tengah)
9. Karangsambung-Gombong selatan (Jawa Tengah)
10. Sangkuriang (Kalimantan Timur).


Wisata & Kuliner

Video bB

Redaksi

  • Wednesday, 07 February 2018 12:00:00

    Joe Jadi GM dan Yazid Promosi ke Pemred

    Joe Jadi GM dan Yazid Promosi ke Pemred Setelah blokTuban.com melakukan penyegaran, Blok Media Group kembali menggelar reorganisasi dan kini giliran blokBojonegoro.com. Pucuk pimpinan media online terpandang di wilayah Bojonegoro dan sekitarnya itu resmi berganti.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more