20:00 . Blitar Poetra Raih Hasil Imbang, Persibo Tetap di Posisi 2   |   19:00 . Barbagi Sukses, Arkand Bodhana Datang ke Bojonegoro   |   18:00 . Ratusan Santri Al Rosyid Laksanakan MOS 2 Hari   |   17:00 . Jelang Berakhirnya Masa Pendaftaran, Belum Satu Pun Bacaleg Terdaftar   |   16:00 . IPNU-IPPNU Bojonegoro Gelar Ta'aruf Pengurus   |   15:00 . Dari Target 9 Ribu Hektare, Baru 4 Haktare Lahan Ditanami Tembakau   |   14:00 . Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Telur, Bojonegoro Perlu Pasokan dari Luar Kota   |   13:00 . RTIK Kembagkan Pendidikan Berbasis Digital   |   12:00 . Matahari Tepat di Atas Ka’bah 15 dan 16 Juli, Saatnya Luruskan Kiblat   |   11:00 . Harga Kambing Masih Murah, Peternak Manfaatkan Momen   |   10:00 . Lini Belakang Persibo Mulai Dievaluasi   |   09:00 . Hindari Perpeloncoan, MPLS Siswa Baru Ditangani Guru   |   08:00 . Penguatan Kapasitan, TBM di Gayam Adakan PMTO   |   07:00 . Ingin Jadi Vegetarian? Perhatikan Dahulu 3 Hal Ini   |   17:00 . Diundang GUYUB, Bupati Terpilih Anna Ajak Bangun Bojonegoro   |  
Mon, 16 July 2018
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Saturday, 23 June 2018 16:00:12

Libur Lebaran Pengunjung Wisata di Bojonegoro Capai 65 Ribu Lebih

Libur Lebaran Pengunjung Wisata di Bojonegoro Capai 65 Ribu Lebih

Reporter : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Libur lebaran menjadi salah satu momentum yang tak terlupakan untuk berkumpul dengan keluarga. Bahkan biasanya sebagian besar masyarakat, menjadikan momentum tersebut sebagai cara untuk melepas kerinduan dengan cara berkunjung ke lokasi-lokasi wisata bersama dengan sanak keluarga.

Kabupaten Bojonegoro misalnya. Kabupaten  yang berjuluk Kota Ledre ini, menawarkan berbagai macam jenis objek wisata. Dari wisata alam hingga wisata buatan.

Dari sekian banyak lokasi wisata yang ada di Kota Ledre, Wisata GoFun menjadi lokasi wisata favorit para warga. Dalam kurun waktu belum ada satu pekan pengunjung wisata yang berada di Jalan Veteran tersebut sudah mencapai 19 ribu orang.

"Data itu tercatat dari awal lebaran, Jum at (15/6/2018) sampai Rabu (19/6/2018) dan diprediksi akan terus bertambah lantaran libur bagi anak sekolah masih panjang," terang Sekretaris Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro, Muhammad Ridwan.

Ada juga beberapa lokasi wisata yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sendiri juga menyumbang puluhan ribu wisatawan seperti Kayangan Api, Waduk Pacal, Dander Waterpark, Rumah Singgah Wonocolo dan Rumah tua Padangan.

Selain itu ada juga wisata desa yang beberapa bulan belakangan ini sudah mulai bermunculan, dari Waduk Grobokan di Desa Bendo Kecamatan Kapas, Negeri Atas Angin, Kebun Belimbing dan beberapa wisata desa lainya. Jadi selama lebaran ini pengunjung wisata di Bojonegoro sudah mencapai 65 ribu.

"Data tersebut sebenarnya baru sebagian yang masuk, sebab wasih ada beberapa wisata yang belum menyetorkan jumlah wisata yang berkunjung," ujar Ridwan.

Disbudpar sendiri pada tahun 2018 ini menargetkan sekitar 1 juta wisatawan yang datang di Bojonegoro. Jumlah itu diprediksi akan bisa terlampaui lantaran Kota Ledre mempunyai sekitar 28 wisata lebih yang terdiri dari 5 wisata yang dikelola Pemkab dan 23 wisata desa yang dikelola oleh Pokdarwis dan beberapa wisata yang dikelola oleh suwasta.

Untuk melampaui target sendiri, Disbudpar sudah mempunyai beberapa cara agar wisata domestik ataupun luar negeri mau datang ke Bojonegoro. Seperti pembuatan paket wisata, ekplorasi wisata dengan berbagai iven maupun pengembangan sumber daya manusi, melalui pelatihan-pelatihan.

"Selain itu, kita juga selalu mempercantik tempat wisata setiap tahunya dan menambah sarana prasarana yang belum ada, seperti toilet, tempat ibadah maupun lainya," paparnya kepada blokBojonegoro.com.

Ia juga berharap kepada masyarakat Bojonegoro turut membantu untuk memviralkanya, melalui unggahan-unggah foto saat dilokasi wisata agar banyak masyarakat yang tertarik. Sehingga, jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Bojonegoro dipastikan perputaran ekonomi di masyarakat akan berkembang dengan pesat.

"Wisata Bojonegoro bukan hanya milik pemerintah saja, melainkan milik kita semua. Sehingga, saya berharap masyarakat ikut merawatnya dan mengeksposnya kemedia agar banyak wisatawan berdatangan," tutup Muhammad Ridwan.[din/ito]


Wisata & Kuliner

Video bB

Redaksi

  • Friday, 15 June 2018 01:00:00

    Selamat Hari Raya Idul Fitri

    Selamat Hari Raya Idul Fitri Tak terasa Ramadan begitu cepat waktu berlalu. Masih teringat saat salat Tarawih pertama kita, makan sahur dan berbuka puasa pertama kita.

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Info Tabloid bB

  • Friday, 31 July 2015 13:16:10

    Tabloid bB Edisi Juli 2015

    Tabloid bB Edisi Juli 2015 Untuk Edisi Juli 2015, redaksi Tabloid blokBojonegoro ingin menyajikan beberapa hal yang baru, terutama di halaman Investigasi. Dengan tema besar “Awasi Air Saat Musim Kering”…

    read more