11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Catat, Ini 10 Resolusi Sehat 2017!

blokbojonegoro.com | Wednesday, 04 January 2017 07:00

Catat, Ini 10 Resolusi Sehat 2017!

Reporter: -

blokBojonegoro.com
- Tahun telah berganti. Anda mungkin sudah memiliki daftar resolusi tahun baru. Tapi, jangan lupa menyisipkan gaya hidup sehat ke dalam daftar resolusi 2017.

Gaya hidup sehat sebenarnya dapat menjadi dasar untuk mencapai resolusi lainnya. Nah, setidaknya ada 10 gaya hidup sehat yang bisa menjadi daftar resolusi 2017 seperti dikutip dari Health.com ini.

1. Menurunkan berat badan
Menurunkan berat badan merupakan salah satu resolusi tahun baru yang paling populer. Pada awal tahun baru, orang-orang yang berusaha diet mungkin akan berseru, "Menuju Langsing 2017".

Sayangnya banyak yang sering gagal mencapai resolusi yang satu ini. Jadi, jangan kendurkan semangat menurunkan berat badan pada bulan-bulan berikutnya.

Mulailah rajin berolahraga, makan makanan sehat dan tidak berlebihan untuk mendapatkan berat badan ideal. Kelebihan berat badan sangat mengancam kesehatan, seperti meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

2. Silaturahmi
Menjaga silaturahmi juga merupakan salah satu gaya hidup sehat. Mengapa? Sejumlah penelitian menunjukkan, orang-orang yang memiliki ikatan sosial yang kuat memiliki usia harapan hidup yang lebih lama.

Dalam studi tahun 2010 yang dipublikasikan di jurnal PLoS Medicine mengungkapkan, kurangnya ikatan sosial bisa mengarahkan seseorang pada penyalahgunaan alkohol, merokok, bahkan kurang olahraga.

Jadi, tetaplah berhubungan baik yang positif dengan keluarga, teman atau kerabat.

3. Berhenti merokok
Seperti halnya menurunkan berat badan, berhenti merokok juga kerap menjadi resolusi tahun baru, tetapi sering kali gagal diwujudkan.

Direktur Program Pencegahan Penyakit Kardiovaskular di St. Luke dan Roosevelt Hospital di New York City, Merle Myerson, MD mengatakan, berhenti merokok memang tidak mudah. Tetapi, Merle selalu mengingatkan kepada perokok, berapa banyak uang yang bisa dihemat dengan tidak merokok.

Butuh niat dan komitmen yang kuat untuk bisa berhenti merokok. Jangan tunggu sakit untuk menetapkan resolusi yang satu ini.

4. Hemat
Resolusi hemat yang dimaksud di sini adalah hemat demi mengubah gaya hidup sehat. Mulailah kurangi kebiasaan tergantung pada naik mobil atau ojek, untuk pergi ke tempat-tempat yang sebenarnya tidak terlalu jauh.

Anda bisa berjalan kaki atau naik sepeda saja ke kantor. Selain menyehatkan diri sendiri, kebiasaan itu juga akan menyehatkan lingkungan karena berkurangnya polusi.

Mulailah rutin olahraga yang murah meriah, seperti berlari atau senam aerobik bersama di luar ruangan.

5. Hindari stres
Mulai sekarang hindarilah stres. Pikiran yang stres bisa menyebabkan insomnia, depresi, hingga memperburuk penyakit jantung dan penyakit lainnya.

Menurut dokter Roberta Lee dari Beth Israel Medical Center, di New York City, stres bisa dipicu oleh kurang tidur, kurang olahraga, bahkan jika jarang menghabiskan waktu dengan keluarga maupun teman-teman.

Roberta mengatakan, mengambil waktu libutan, relaksasi, cukup tidur dan bersosialisasi dapat membantu mengatasi maupun mencegah stres.

6. Jadi relawan
Jangan lupa berbagi kebahagiaan dengan orang lain. Menurut koordinator edukasi publik di New York State Psychological Association, Peter Kanaris, PhD, selama ini banyak orang hanya memikirkan kebahagiaannya sendiri dan berusaha memerbaiki diri sendiri saja.

Padahal, kebahagiaan kita dapat meningkat dengan membantu orang lain. Dan kebahagiaan baik untuk kesehatan. Sebuah studi 2010 menemukan, orang-orang yang memiliki emosi positif memiliki risiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung.

7. Teruslah belajar
Belajar tak mengenal usia. Menurut studi 2007, orang dewasa pada usia menengah yang kembali menempuh pendidikan, memiliki memori dan kemampuan verbal yang lebih baik.

Menurut penelitian, hal ini dapat menurunkan risiko Alzheimer. Dengan kembali belajar, bertemu orang-orang baru, dapat meningkatkan kemampuan otak.

8. Kurangi minum alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit, seperti jantung, lever, hipertensi, hingga stroke. Alkohol juga dapat memengaruhi neurotransmitter di otak sehingga meningkatkan risiko depresi, kehilangan memori, bahkan kejang.

Jadi, pikir ulang sebelum menegak alkohol. Hindari kegiatan pesta minum minuman keras bersama teman-teman.

9. Cukup tidur
Cukup tidur sangat penting bagi kesehatan tubuh maupun pikiran. Kurang tidur bisa merusak suasana hati, meningkatkan obesitas dan diabetes tipe dua.

Dengan tidur yang cukup dan berkualitas berfungsi untuk mengistirahatkan sejenak organ-organ tubuh yang telah bekerja seharian penuh. Pagi harinya, Anda pun akan bangun penuh kesegaran.

10. Piknik
Resolusi sehat yang terakhir adalah piknik atau pergi jalan-jalan. Bersenang-senang selama jalan-jalan bisa memberikan manfaat kesehatan. Apalagi jika pikiran Anda sedang penat karena stres.

Pergi piknik atau berlibur juga bisa memberikan petualangan dalam kehidupan. Anda bisa bertemu dengan banyak orang baru di sejumlah daerah dan memahami sebuah kehidupan.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/01/03/073500523/
catat.ini.10.resolusi.sehat.2017.

Tag : resolusi, tahun, baru, sehat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat