14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |   22:00 . Kolaborasi Pemkab dan Media, Membangun City Branding Kabupaten Bojonegoro   |   17:00 . BRI Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga Terdampak Banjir di Demak   |   16:00 . Viral! Diduga Selingkuh, Pasangan Bukan Suami Istri di Bojonegoro Diarak Warga   |   13:00 . Ingin Tetap Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya   |  
Thu, 28 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Gangguan Kesehatan yang Dianggap Memalukan

blokbojonegoro.com | Wednesday, 25 January 2017 07:00

Gangguan Kesehatan yang Dianggap Memalukan

Reporter:- 

blokBojonegoro.com - Kondisi kesehatan tubuh mengalami naik turun seiring pertambahan usia dan juga gaya hidup. Masalahnya, sebagian gangguan itu dapat membuat kita merasa malu untuk mengungkapkannya.

Lebih dari sekadar memalukan, ternyata gangguan kesehatan juga bisa menjadi sinyal adanya masalah kesehatan yang lebih besar. Misalnya, mengompol di usia dewasa bisa disebabkan karena gangguan kandung kemih atau bahkan penyakit mental.

Sebagian dari gangguan kesehatan yang memalukan itu bisa diobati atau diatasi agar tidak semakin buruk. Kuncinya adalah jangan malu memeriksakan diri ke dokter.

Berikut adalah beberapa gangguan kesehatan yang bisa membuat penderitanya merasa malu.

 

- Keringat berlebih

Disebut juga dengan hiperhidrosis, keringat berlebih dapat dialami seseorang meski cuaca sedang sejuk atau ia tidak beraktivitas fisik.

Para ahli mengatakan hiperhidrosis terjadi pada orang yang kelenjar keringatnya sangat aktif, serta pada orang dengan gangguan penyakit, misalnya kecemasan, penyakit jantung, menopause, atau kanker.

Selain merekomendasikan penggunaan anti-perspiran, dokter juga bisa memberikan obat untuk mencegah stimulasi kelenjar keringat. Suntikan botox juga bisa mengatasi masalah keringat berlebih ini.

 

- Gas berlebih di perut

Kondisi gas yang berlebihan di perut bisa membuat frekuensi buang angin atau sendawa menjadi lebih sering. Gas berlebih dapat dipicu oleh udara yang dihirup saat merokok, makan, atau berbicara. Penyebab lain adalah tidur mengorok, konsumsi produk susu, serta makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi.

Untuk mengatasinya biasakan untuk makan perlahan dan hindari konsumsi berlebihan makanan dan minuman mengandung gula. 

 

- Gatal di bagian dubur

Selain tidak nyaman, gatal di bagian dubur juga merepotkan karena kita tak bisa menggaruknya sesering yang kita mau. Penyebab kondisi ini adalah membasuh kurang bersih setelah buang air besar, ada cacing, hemoroid, atau pun alergi pada tisu toilet.

Rasa gatal dapat dikurangi dengan menyeka bagian anus yang gatal dengan tisu basah tanpa pewangi. Gunakan pula salep khusus untuk mengatasi iritasi kulit akibat popok pada bayi.

Untuk mengetahui penyebab rasa gatal di bagian dubur dokter akan melakukan pemeriksaan ada tidaknya infeksi jamur atau gangguan lain. 

 

- Bau kaki

Gangguan yang memalukan ini bisa disebabkan karena keringat berlebih, menggunakan kaus kaki atau sepatu yang dibuat dari material tertentu, dan juga alat kaki yang sempit.

Untuk mencegah kaki berbau, gunakan deodoran khusus untuk kaki, ganti alas kaki ketika basah, gunakan kaus kaki katun, serta keringkan bagian jari-jari kaki setelah mandi.

 

- Bau badan

Dapat disebabkan karena kegemukan, genetik, serta konsumsi makanan tertentu. Siasati dengan mandi secara rutin untuk mencegah bakteri berkembang biak selama berkeringat. Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mengetahui apakah kadar gula darah Anda normal.

 

- Vagina berbau

Penyebab utamanya antara lain infeksi jamur, bakteri, serta kadar kelembaban yang tinggi. Untuk mencegah area genital berbau, gunakan pakaian dalam yang bisa menyerap keringat dan ganti dua kali sehari. Bila aroma tidak sedap dari vagian sudah berlangsung lama, periksakan ke dokter untuk mengetahui ada tidaknya infeksi menular seksual.

 

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/01/24/120000923/

gangguan.kesehatan.yang.dianggap.memalukan

Tag : Kesehatan, badan, tabu, gangguan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat