07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

ASI Selamatkan Bayi Prematur dari Kematian

blokbojonegoro.com | Thursday, 02 March 2017 07:00

ASI Selamatkan Bayi Prematur dari Kematian

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Bayi dikategorikan prematur jika dilahirkan sebelum usia kehamilan 37 minggu. Salah satu penyebab kematian bayi terbanyak adalah karena bayi lahir prematur.

Pasalnya, perkembangan bayi yang belum sempurna saat lahir, membuat bayi prematur rentan mengalami berbagai masalah kesehatan.

Dalam kondisi ini ASI sangat dibutuhkan bayi prematur untuk mencegah kematian. Meski bayi prematur belum memiliki kemampuan untuk menghisap payudara dan tidak memungkinkan dilakukan Inisiasi Menyusui Dini, ASI bisa diberikan dengan meneteskannya di mulut bayi.

“Enggak perlu dipuasakan, begitu kolostrum ibu sudah bisa keluar, segera berikan pada bayi prematur. Cukup beri setetes - setetes,” jelas dokter spesialis anak konsultan bayi prematur, Dr dr Rinawati Rohsiswanto, SpA (K) saat ditemui di Bunga Rampai, Jakarta.

Dokter Rina menambahkan, pemberian ASI bertujuan agar kelenjar-kelenjar daya tahan tubuh berfungsi melindungi usus yang masih rentan infeksi.

“Bayi yang lahir di bawah 30 minggu biasanya diberi minum melalui selang. Tapi, berapapun usia prematurnya harus segera diberi ASI. Dengan catatan kondisinya sudah stabil, napasnya baik, kondisi baik, baru diberi ASI,” jelasnya.

Kolostrum, cairan Bening yang dikeluarkan kelenjar susu ibu setelah melahirkan memang kaya kandungan nutrisi dan zat-zat yang baik untuk faktor imun serta pertumbuhan, terutama bagi bayi prematur.

“Saya pernah menangani bayi prematur yang air susu ibunya belum keluar. Lalu, saya sarankan cari donor ASI dan dapat. Perkembangan bayinya baik. Tapi, beberapa hari kemudian, donor ASI berhenti dan diputuskan minum susu formula. Dua hari kemudian perut bayi kembung, kondisi memburuk dan akhirnya meninggal dunia,” cerita dokter Rina.

Dokter Rina menegaskan, susu formula adalah pilihan terakhir untuk diberikan pada bayi. Jika bayi prenatur tak bisa mendapatkan ASI ataupun ASI donor, barulah susu formula bisa dipertimbangkan.

Senada dengan dokter Rina, Dr dr Naomi Dewanto SpA (K) juga mengungkapkan, bahwa kolostrum dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik dan mencegah bakteri patogen, sehingga bisa mengurangi risiko infeksi.

“Pada bayi prematur, pemberian ASI bisa melalui oral therapy, di mana ASI diberikan pada kelenjar limfe mulut dan akan menghasilkan zat-zat antibodi untuk mencegah infeksi,” jelasnya.

Meski sedikit, kandungan gizi kolostrum sangat tinggi. Kolostrum juga mengandung tinggi protein dan rendah lemak.

Bayi yang tidak mendapatkan kolostrum akan lebih mudah terkena infeksi, terutama bayi yang lahir prematur, karena daya tahan tubuhnya sangat rentan. Infeksi inilah yang bisa meningkatkan risiko kematian pada bayi prematur.

Sumber: http://health.kompas.com/read/2017/03/01/164500623/asi.selamatkan.bayi.prematur.dari.kematian

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat