Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Banyak Pelaku UMKM Belum Manfaatkan Sosmed

blokbojonegoro.com | Sunday, 26 March 2017 22:00

Banyak Pelaku UMKM Belum Manfaatkan Sosmed

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Di masa ini banyak tantangan dan ketatnya persaingan harus dihadapai para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bojonegoro.

Hal tersebut diungkapkan oleh Elzadeba Agustina, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM saat memberikan sambutan pada kegiatan seminar kewirausahaan yang bertemakan 'Kiat Berwirausaha Sukses dengan Bisnis Online' yang digelar Minggu (26/3/2017) di Pendopo Pemkab Bojonegoro.

"Tercatat hingga pada tahun ini pelaku UMKM ada sebanyak 77.000 lebih, kebanyakan pelaku UMKM bergerak di bidang non pertanian," ungkapnya di hadapan para peserta seminar kewirausahaan.

Dari berbagai tantangan yang dihadapi pelaku UMKM tersebut, diantaranya yakni pertama pengadaan bahan baku yang masih mendatangkan dari kabupaten lain, seperti pembuatan tas yang berbahan dasar daun pandan. Kedua adalah sumber daya manusia harus banyak berinovasi, ketiga kemasan produk harus menarik, keempat akses market/pasaran lebih luas lagi.

"Dan kelima yang tak kalah penting adalah penataan manajemen yang lebih jelas," jelasnya.

Dari berbagai pelaku UMKM tersebut, kata Elzadeba, mayoritas masih banyak yang belum memanfaatkan peluang usaha melalui teknologi, salah satunya menggunakan sosial media (Sosmed) yang ada saat ini.

Oleh karena itu, lanjut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bojonegoro, melalui seminar kewirausahaan ini pihak terkait akan menjembatani bagi pelaku UMKM dengan memberikan kebijakan dan siap memberikan peningkatan kapasitas building dengan mengadakan pelatihan bagi sumber daya manusia yang ada.

"Semoga dengan adanya seminar kewirausahaan ini nantinya dapat menumbuhkan pelaku UMKM yang mampu bersaing seperti slogan Pemkab Bojonegoro yang menjadikan tahun ini sebagai tahun produktif dan berdaya saing," harap Elzadeba di hadapan ratusan peserta seminar kewirausahaan. [saf/mu]

Tag : umkm bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini