13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Fri, 19 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Meski Renta, Sambung Hidup dengan Berjualan Gerabah

blokbojonegoro.com | Friday, 14 April 2017 08:00

Meski Renta, Sambung Hidup dengan Berjualan Gerabah

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Usia yang renta tak membuat, Mbah Um, nenek pedagang gerabah di Desa Rendeng, Kecamatan Malo menggantungkan diri pada orang lain. Dia mengais rezeki mencoba mengambil keuntungan dari wisatawan yang datang ke desanya dengan menjual hasil gerabah buatan tangannya sendiri. 

Nenek yang lahir 62 tahun silam ini, berjualan di sekitar lokasi pembuatan serta pelatihan gerabah untuk para wisatawan yang tidak jauh dari rumahnya. Setiap pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 02.00 WIB, Mbah Um membuka lapak lesehannya dengan bermodalkan kursi panjang yang terbuat dari bambu.

Di usia yang tua renta ini, Mbah Um memilih berjualan karena tidak ingin menyusahkan anak-anaknya dan mempunyai keinginan agar semua anaknya mapan dalam ekonomi. "Oleh karena itu saya ingin hidup mandiri," ujarnya sembari tertawa.

Perempuan yang mempunyai lima anak ini, sudah hampir lebih dari 10 tahun menjual gerabah. Sebelumnya, ketika  baru mempunyai satu anak, dia mengaku berjalan kaki memasarkan barang dagangannya ke pasar-pasar. Hal itu kini tak lagi ia lakukan karena usianya yang tak lagi muda, sehingga hanya sekadar membuka lapak menunggu pembeli yang tertarik untuk mampir. "Saya baru sekitar dua tahun membuka stand," ungkapnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain membuka stand, istri dari mustakim ini juga mengubah rumahnya layaknya pasar kecil yang penuh dengan berbagai jenis gerabah, yang dijaga oleh suaminya sendiri.

Sebelum berjualan gerabah, perempuan yang menikah pada tahun 1966 ini adalah seorang pedagang ayam, sayur-sayur dan umbi-umbian yang di jajakanya menggunakan sebuah sepeda ontel.

Untuk membuat gerabah, Mbah Um membeli bahan dasarnya, yaitu berupa tanah liat sebanyak 9 sak sembako dengan harga Rp10.000 dan pasir 3 sak Sembako dengan harga Rp10.000 juga. "Saya lebih memilih beli, selain fisik tidak kuat dan juga mengambilnya di Bengawan Solo," ujarnya.

Dengan bahan dasar sembilan sak tanah liat dan tiga sak pasir, Mbah Um bisa membuat gerabah sebanyak 200 biji dengan kurun waktu sekitar sepekan.

"Kalau satu hari biasanya mendapatkan Rp25.000, itu pun ketika ada kunjungan dari wisatawan, kalau tidak ada kunjungan yang tidak ada pendapatan yang masuk," tutur Mbah Um.

Selama ini, diakuinya pihak pemerintah mendukung kerajinan gerabah masyarakat Desa Rendeng berupa bantuan perlengkapan maupun yang lainnya. Namun, sementara ini ia belum pernah mendapatkanya dan selalu berpikir yang positif bahwa mungkin belum saatnya ia mendapatkan atau belum rezekinya.

"Mergawe kui gak enek seng penak le, senajan gak penak yo di penak-penakno, lawong urip kui cuma sedelok mek opo di godak ngoyo-ngoyo, (kerja itu tidak ada yang mudah, kalau sulit ya di mudah-mudahkan, karena hidup itu cuma sebentar tidak perlu terlalu di kejar)," tutupnya kepada blokBojonegoro.com. [din/lis]

Tag : nenek, gerabah, renta



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat