15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Minimnya Papan Informasi, Hanya Beberapa yang Berkunjung

blokbojonegoro.com | Friday, 14 April 2017 19:00

Kontributor: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Minimnya papan informasi atau penunjuk arah, yang hanya terdapat di Desa Talok, Kecamatan Kalitidu, membuat penangkaran Rusa Jawa yang ada di Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro minim pengunjung.

penangkaran yang berdiri pada tahun 2014 ini sebenarnya mempunyai tempat yang sangat potensial untuk didirikan tempat wisata keluarga, jika dikelola dengan baik dan ditambahkan tempat bermain. Pasalnya, selain tempatnya sejuk penangkaran tersebut juga dekat dengan dua wisata, yaitu wisata budaya, Sunan Kidang dan juga wisata edukasi Gerabah.

Pada waktu liburan saja tidak sampai 20 orang pengunjung perharinya. "Paling pengunjungnya hanya masyarakat sekitar saja, itupun diajak oleh anaknya, kalau dari luar kecamatan hanya beberapa saja," ungkap Masrap, penjaga penangkaran.

Hewan yang bernama latin Carvus Timorensis atau lebih sering disebut Rusa Jawa ini adalah salah satu spesies Rusa asli Indonesia, diantara beberapa spesies Rusa seperti Rusa Bawean, Rusa Sambar dan menjangan.

Rusa yang pertama kali didatangkan langsung dari Kabupaten Blitar itu semula berjumlah sebelas Ekor, kemudian pada beberapa bulan berikutnya didatangkan lagi dari Kabupaten Kudus dengan sebanyak 9 ekor.

Dengan kurun waktu sekitar dua tahun saja, Rusa di penangkaran Malo ini sudah berkembang biak sebanyak 15 ekor, untuk sementara, di penangkaran sendiri sudah berjumlah 30 ekor, dengan 14 Jantan dan 16 betina. Namun sebelumnya, beberapa ekor Rusa sudah dikirim ke beberapa wilayah di Bojonegoro untuk kembali ditangkarkan lagi.

Dengan jumlah tersebut, setiap harinya, bisa menghabiskan rumput mapun dedaunan sebanyak satu kwintal.

Andri, seorang pengunjung asal Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora menyayangkan tidak adanya papan informasi yang jelas. "Di depan lokasi penangkaran juga tidak ada, apalagi di perempatan Malo tidak ada papan informasi tentang penangkaran tersebut, yang ada hanya edukasi gerabah dan wali kidang saja," tutupnya. [din/mu]

Tag : penangkaran, rusa jawa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat