18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |  
Wed, 17 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bakesbang Tanamkan Nasionalisme di Kalangan Pemuda

blokbojonegoro.com | Friday, 28 April 2017 11:00

Bakesbang Tanamkan Nasionalisme di Kalangan Pemuda

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Rasa nasionalime perlu ditanamkan sejak dini pada diri pemuda terutama di Kabupaten Bojonegoro. Sehingga Badan Kesatuan Bangsa (Bakesbang) Kabupaten Bojonegoro mengadakan lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan (CCWK) yang diikuti pelajar tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Bojonegoro.

Dalam babak penyisihan yang dimulai Sabtu (15/4/2017) wilayah barat di SMK Negeri 1 Magromulyo diikuti tuan rumah, SMAN 1 Padangan, SMAN 1 Malo, SMAN 1 Kalitidu, SMAN 1 Kasiman, SMAN 1 Ngraho, SMAN 1 Tambakrejo, SMKN 1 Purwosari, SMKN Ngraho dan SMKN 1 Kasiman. Sedangkan wilayah timur, Rabu (19/4/2017), di SMA PGRI Sumberejo diikuti SMAN 1 Sumberejo, SMAN 1 Baureno, SMAN 1 Kepohbaru, SMAN 1 Kedungadem, SMA Muhammadiyah Sumberejo, SMKN 1 Kanor, SMKN 1 Kepohbaru, SMKN1 Sumberejo dan MAN 4 Baureno.

Sementara itu, di wilayah tengah 1, Kamis (20/4/2017), yang menjadi tuan rumah MAN 2 Bojonegoro, diikuti juga SMAN 1 Bojonegoro, SMAN 1 Balen, SMA Katolik Bojonegoro, SMKN 1 Bojonegoro, SMKN 2 Bojonegoro, SMKN 3 Bojonegoro, SMKN 4 Bojonegoro, SMK PGRI Bojonegoro dan SMAN 3 Bojonegoro. Berikutnya wilayah tengah 2, Sabtu (22/4/2017) di SMA Al-Fatimah Bojonegoro diikuti dari SMAN 2 Bojonegoro, SMAN 4 Bojonegoro, SMAN Terpadu, MAN Model, SMKN 1 Dander, SMK PGRI 1 Bojonegoro, SMK YPM Bojonegoro, SMK Siang Bojonegoro dan SMK Islam Bojonegoro.

Untuk babak penyisihan terakhir, Kamis (27/4/2017) di wilayah selatan yang menjadi tuan rumah SMKN 1 Sugihwaras, SMAN 1 Dander, SMAN 1 Sugihwaras, SMAN 1 Gondang, SMAN 1 Bubulan, SMAN PGRI Sumberarum, SMKN 1 Ngambon, SMKN 1 Ngasem, SMKN 1 Temayang dan SMKN 1 Sekar.

"Lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini untuk memupuk rasa nasionalisme di kalangan pelajar," kata ketua panitia lomba CCWK Bakesbang Kabupaten Bojonegoro, Tasripin, Jum'at (28/4/2017).

Menurutnya, perlombaan yang sudah didelapan kali digelar, karena rutin diadakan setiap tahun itu memperlombaan terkait kebudayaan tradisional, wawasan kebangsaan, HAM, UUD, Pancasila dan yang lainnya. Untuk dewan juri, panitia menghadirkan akademisi, Arif Januarso dan Suprapto STD, serta Dewan Kesenian, Khuzaini (Kang Zen) dan juga perwakilan Kesbang, Eko Budi.

"Melalui perlombaan ini juga menjalin silaturrohim antar sekolah, guru dan pelajar di Kabupaten Bojonegoro. Apalagi piagam juara bisa menjadi nilai plus untuk mendaftar di perguruan tinggi," terangnya kepada blokBojonegoro.com.

Ditambahkan, dari babak penyisihan beberapa wilayah akan dilakukan babak semi final dan final di pendopo Pemkab Bojonegoro tanggal 3 Mei 2017, yang diikuti SMAN 1 Padangan, SMKN NGraho, SMKN 1 Kanor, MAN 4 Baureno, MAN 2 Bojonegoro, SMAN 1 Bojonegoro, SMAN 2 Bojonegoro, MAN Model, SMAN 1 Sugihwaras dan SMKN 1 Ngambon.

"Pagi semifinal dan finalnya malam hari. Sehingga semua masyarakat bisa menyaksikan pertandingan besok, karena wawasan kebangsaan perlu ditingkatkan kepada pemuda dan semuanya yang ikut menyaksikan pertandingan," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : bakesbang, ccwk, sma, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat