15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Launching Bumdes Nusantara

Pemkab Bojonegoro MoU Dengan Carrefour

blokbojonegoro.com | Friday, 28 April 2017 16:00

Pemkab Bojonegoro MoU Dengan Carrefour

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Carrefour, bersamaan dengan lounching PT Mitra Bumdes Nusantara, dan penandatanganan MoU antara Perum Bulog dengan kopelindo beserta 8 Kabupaten. Prosesi tersebut diadakan di ballroom 2 JS Luansa Hotel Jakarta.

Dalam penandatanganan MoU antara Perum Bulog dengan kopelindo beserta 8 Kabupaten yakni Kabupaten Bojonegoro, Sleman, Kerinci, Kebumen, Bone, Indramayu, Muara Bungo dan Kabupaten Pandeglang. Serta disaksikan langsung menteri BUMN, Rini Soemarno dan Menteri Desa, Eko Putro Sandjojo.

Dalam kesempatan itu Menteri BUMN Rini Soemarno menyampaikan bahwa, presiden Joko Widodo menegaskan bahwa untuk  mensejahterakan masyarakat harus melalui desa. "Bahwa kunci utama pembangunan adalah desa, bagaimana memberdayakan desa, sehingga bagaimana cara agar desa ini memiliki kekuatan ekonomi yang kuat," jelas Bupati Bojonegoro, Suyoto menirukan Menteri BUMN.

Menurut Kang Yoto, yang disampaikan Bu Rini, ada juga gagasan dari Pak Jokowi bahwa kita harus mengkorporasikan desa. Artinya desa harus bisa memiliki kemampuan untuk mendorong kekuatan ekonomi nasional.  Kesalahan kita dalam membangun perekonomian desa adalah  sistem perekonomian kita yang dari atas ke bawah.

"Bahwa kita harus kembali menekankan keadilan dan kesetaraan. Bagaimana kita membangun perekonomian meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita tapi pertumbuhan ekonomi yang beagurat, itu hanya bisa dilakukan melalui pembangunan seluruh desa," paparnya.

Ditambahkan, kita juga akan membuat tujuh pemukiman baru atau desa baru. Kita juga telah berkoordinasi kepada KK (Kepala Keluarga) yang tidak memiliki lahan untuk digunakan. Ini menunjukkan akan ada perkembangan yang baik bagi desa. Kita harus bersemangat dalam  membangun desa ini.

"Maka dari itu dengan pembentukan Mitra BUMDES Nusantara diharapkan dapat membuat desa semakin maju, hal ini akan dilanjutkkan dengan pembentukan mitra BUMDES Nusantara didaerah-daerah. Tentu saja hal ini akan dapat berjalan dengan baik asal ada dukungan penuh dari pemerintah daerah. Kami dari kementerian BUMN juga akan mendukung mentri desa dalam membangun dan meningkatkan perekonomian desa. Kita berada dibelakang menteri desa karena kita korporasi," imbuhnya.

Harapannya bisa membantu BUMD untuk dapat berpikir secara korporasi tidak berpikir secara birokrasi. Karena kedepan kompetisi internasional bukan kepada birokrat tetapi antarakorporasi dengan profesional. Sehingga bisa menciptakan BUMD yang Profesional, Akuntabel, Akurat, dan Transparan. Kami yakin kalau desa-desa ini ini berperan sebagai koorporasi hal akan membantu kepentingan desa.

"Sehingga yang harus mendapat perhatian adalah desa bukan yang diatasnya. Hal itu akan membuat rantai ekonomi dari bawah ke atas bukan dari atas ke bawah. Karena kalau dari atas ke bawah hal itu membuat desa hanya mendapat sedikit," imbuhnya.

Nanti yang akan menjadi prioritas adalah BUMDes yang sudah memiliki aktivitas dasar, sehingga dapat menghidupkan operasi dasar. Kita akan mendorong untuk mendapat  beberapa usaha dari BUMN, sehingga mereka bisa memulai usahanya. [zid/ito]

Tag : bumdes, nusantara, bupati, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat