21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

2 Reporter blokMedia Group Ikuti UKW di Blitar

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 May 2017 21:00

2 Reporter blokMedia Group Ikuti UKW di Blitar

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur, menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW), Sabtu (6/5/2017). Bertempat di Gedung Koesoema Wicitra, Kota Blitar, UKW diikuti sebanyak 47 wartawan online, cetak, televisi dan radio dari berbagai kota dan kabupaten yang ada di Jatim.

Diantara peserta ada yang dari Blitar, Jombang, Surabaya, Pasuruan, Nganjuk, Trenggalek, Tulungagung dan Kabupaten Bojonegoro. Untuk Bojonegoro, dua reporter blokMedia Group (blokBojonegoro.com dan blokTuban.com), yakni Muhammad A. Qohhar mengambil kelas utama dan Parto Sasmito di kelas madya.

"Ada 3 yang UKW tingkat utama untuk pimpinan redaksi, 4 redaktur atau editor di tingkat madya, dan sisanya adalah wartawan yang ujian jenjang muda," jelas Ketua PWI Jatim, Ahmad Munir.

Sementara itu Wakil Wali Kota Blitar, Santoso pada kesempatan tersebut menyampaikan, apapun profesinya, yakni pekerjan yang mempunyai jenjang karir dan kode etik, harus mempunyai kompetensi. Sepanjang apa yang dilakukan dengan profesional, akan menjadi kebanggaan.

"Selama ini, kerjasama antara media dengan pemerintahan sudah terjalin dengan baik, demi kesempurnaan program dari pemerintah. Semoga ke depan jadi lebih baik lagi," jelas pria yang sempat memiliki keinginan menjadi seorang wartawan saat muda itu.

Pelaksanaan UKW berlangsung dengan tertib. Para peserta diuji secara kelompok, namun penilaian tetap personal. Selain penguatan teoritik, juga ada praktik langsung dengan wawancara sampai penulisan di lapangan.

Sementara itu, CEO blokMedia Group, Muhammad A. Qohhar menambahkan, UKW sangat penting untuk peningkatan kapasitas reporter blokMedia Group, baik blokBojonegoro.com maupun blokTuban.com. Oleh karena itu, manajemen terus mengirim reporter untuk mengikuti UKW, termasuk ke Kota Blitar dengan perwakilan dua orang, masing-masing di kelas utama atau kategori tertinggi UKW dan kelas madya.

"Targetnya, tahun 2017 ini seluruh reporter bB dan bT sudah harus terstandar. Yakni memperoleh sertifikasi, baik muda, madya maupun utama," terangnya.

Dengan lulus UKW, diharapkan reporter lebih bisa meningkatkan kapasitas keilmuan, mulai melakukan proyeksi peliputan, menggali data, menulis, sampai dengan menerbitkan berita. Sehingga, pembaca akan semakin terlayani informasi yang berkualitas.

"Saat ini di Blitar, tidak lama setelah ini akan ada yang ikut di Tuban, Surabaya maupun tempat lain," pungkasnya. [mu]

Tag : ukw, pwi, ujian kompetensi wartawan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat