21:00 . Khidmat Kiai, Pagar Nusa Bojonegoro Doa Bersama Jelang 1 Abad NU   |   18:00 . Dinilai Terlalu Lama Kotor, Erick Thohir Ingin Bersihkan Sepakbola Indonesia   |   17:00 . Terpeleset saat Mandi di Sungai, Anak asal Soko Tenggelam di Kapas   |   16:00 . Besok, 16 Kecamatan di Bojonegoro Diprakirakan Akan Hujan Petir di Sore Hari   |   12:00 . CPNS 2023 Kapan Dimulai? Ini Prediksi dan Bocoran Jabatan yang Dibutuhkan   |   11:00 . Awal Tahun, 8 Kecamatan di Bojonegoro Terdampak Puting Beliung   |   10:00 . Baznas Buka Pendaftaran Seleksi Calon Pimpinan   |   09:00 . Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan 23 Maret 2023   |   08:00 . Bupati Anna Minta BPD Sukseskan Program RPL Pascasarjana   |   07:00 . Tanya Dokter Seperti Apa Ciri Anak Stunting?   |   06:00 . Namanya Dicatut untuk Penipuan, AMSI Desak Polisi Tindak Tegas Pelaku   |   19:00 . Erick Thohir: Indonesia Harus Punya Blue Print 100 Tahun Sepak Bola   |   18:00 . Viral! Tukang Becak di Bojonegoro Ambil Bollard di Trotoar   |   17:00 . Dua Pelajar di Bojonegoro Dikabarkan Diculik, Benarkah?   |   16:00 . Unugiri Bojonegoro Gelar Istighotsah Menyongsong Puncak Satu Abad NU   |  
Thu, 02 February 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masjid Al Birru Pertiwi Didirikan Satu Keluarga

blokbojonegoro.com | Monday, 05 June 2017 15:00

Masjid Al Birru Pertiwi Didirikan Satu Keluarga

Reporter : Sutopo

blokBojonegoro.com -
Masid Al Birru Pertiwi yang saat ini berdiri megah tersebut, adalah hasil inisiatif dan dana swadaya dari keluarga keturunan almarhum Santoso Hardjosuwito, yang merupakan mantan Kepala Desa Karangsono, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Jawa Timur.

Menurut keterangan Muhammad Khusnul Wadi', sebelumya anak-anak dari almarhum Santoso Hardjosuwito dan Almarhumah Ibu Pertiwi, telah sukses mempunyai kekayaan yang melimpah dengan profesi mereka masing-masing.

"Namun, karena keberadaan mereka jauh di luar daerah Bojonegoro, akhirnya beliau-beliau itu, mengumpulkan dana untuk membangun masjid ini," terang bapak satu anak tersebut.

Putra putri dari almarhum sendiri, sambung Wadi', ada 6 bersaudara terdiri dari laki-laki lima orang dan yang satu perempuan, yaitu Sugeng Santoso, Suprapto Santoso, Supramu Santoso, Widodo Santoso, Winarto Santoso, serta Widjiningsih Santoso.

"Mereka mempunyai tujuan mulia, yaitu sebagi rasa syukurnya atas rahmat Allah kepada keluarga besar Santoso yang tak terhingga, serta diperuntukan sebagai rasa cinta dan hormat kepada kedua orang tua (Santoso dan Pertiwi, red)," beber dia.

Sehingga, melalui Yayasan Bhakti Pertiwi, yang didirikan oleh 4 anak beliau (Almarhum Santoso,red) yaitu Suprapto Santoso, Supramu Santoso, Widodo Santoso, serta Widjiningsih Santoso), untuk membangan masjid ini.

Karena, Dander adalah merupakan kelahiran mereka, oleh sebab itu, penempatanya di sini. Tepat pada 24 maret 2012, telah dimulai pembangunan dengan ditandai peletakan batu pertama, selanjutnya diresmikan pada 25 januari 2014 oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto.

"Saya salut dan kagum sama mereka meski sudah sukses tetapi masih mumpunyai rasa sosial yang tinggi dan hormat serta berbakti kepada orang tua, saat ini jarang orang yang seperti itu," ujar Wadi' dengan penuh kagum saat bercerita.

Selain itu, masjid ini juga diharapakan bisa bertujuan seperti visi yang sudah direncanakan yaitu menjadikan Masjid Al Birru masjid yang indah dan bersih tempat umat Islam melaksanakan ibadah nyaman dan khusuk serta sebagai Islamic Center yang mendorong dan mendukung pendidikan serta dahwah Islam, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dapat meningkatkan kualitas umat yang Islami serta menyiarkan Islam yang rahmatan lil alamin.

"Mottonya sebagai Masjid percontohan di derah Bojonegoro ini," tuturnya.

Untuk kegiatan maupun perawatan, lebih lanjut kata Wadi', dananya pun dari mereka semua, membiayai petugas, kebersihan, keamanan dan lain-lain. "Bahkan bisa dibilang 99,9% dananya dari mereka, untuk membiayai semua kegiatan ataupun kelerluan masjid," tegasnya. [top/ito]

Tag : masjid, al birru, pertiwi, dander



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more